Resepsi Pembaca Novel Teentlit dalam Aplikasi Goodreads dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra SMA

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3702

Authors

  • Rara Amiati Sekar Dewi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Ade Hikmat Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Nur Amalia Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Keywords:

Resepsi Pembaca, Novel Teenlit, Goodreads

Abstract

Angka penjualan novel teenlit yang tinggi dan cap best seller yang dimiliki menunjukan ketenaran genre novel tersebut. Antusiasme kalangan remaja terhadap novel teenlit tentu beriringan dengan tanggapan masuk untuk karya tersebut. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan resepsi pembaca novel teenlit dalam Goodreads dan implementasinya di pembelajaran sastra di SMA. Resepsi pembaca yang dianalisis yakni novel A+ karya Ananda Putri dan novel My Youth karya Giantara Alam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan hasil dideskripsikan. Kajian karya sastra yang menganalisis menggunakan pendekatan resepsi sastra yang menggunakan teori dari Stuart Hall. Sumber data berasal dari tanggapan-tanggan novel teenlit di Goodreads. Hasil dari penelitian ini yakni pemaknaan dominan terdapat dari segi tema, alur dan penokohan. Resepsi pembaca negosiasi, terdapat kompromi pembaca dari segi ukuran font dan spasi. Resepsi pembaca oposisi yang terdapat di novel A+ karya Ananda Putri terdapat penolakan cerita dari segi kaidah penulisan. Lalu resepsi oposisi novel My Youth karya Giantara Alam mendapatkan penolakan dikarenakan ketidaksesuaian selera bacaan dan penolakan dari segi alur, tokoh, dan konflik. Dari hasil penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran sastra di SMA kurikulum merdeka fase F kelas XI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, G. (2022). My Youth. Bukune.

Amin, A. Al, Suciati, S., & Andrian, S. N. (2023). Unsur Intrinsik pada Teenlit The Boy I Knew from Youtube dan A Sky Full of Star sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Sasindo, 11(1), 110–119. https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16059 DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16059

Apriliana, E. N., & Wati, R. (2023). Resepsi Pembaca Novel Terpopuler Di Aplikasi Fizzo “Dinikahi Gus Dingin” Penulis Hello Cutie. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 88–100. DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v7i2.567

Dwi, A. N., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2746–7708). DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848

Farhanah, N., & Yanti, P. G. (2022). Perbandingan Resepsi Pembaca Terhadap Novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah Dalam Aplikasi Twitter Dan Goodreads. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 610–630. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7676 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7676

Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). Pemaknaan Rasisme Dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127–134. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619 DOI: https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619

Hall, S., Bagus, M., & Rahmana, S. (2018). Budaya Media Bahasa - Teks utama pencanang cultural studies 1972-1979. Jalasutra.

Ikasari, D., & Widiastuti. (2021). Sentiment Analysis Review Novel “Goodreads” Berbahasa Indonesia Menggunakan Naive Bayes Classifier. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2021, 5, 760–765. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5040

Intan, T. (2020). Resepsi Remaja Perempuan Pembaca Novel Populer. Metahumaniora, 9(2), 157. https://doi.org/10.24198/mh.v9i2.23900 DOI: https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v9i2.23900

Intan, T., & Adji, M. (2021). Novel Mega Best-Seller Karya Luluk HF Mariposa dalam Kajian Resepsi Sastra. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 19(2), 152. https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.3603 DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.3603

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkaji Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Pramita, N. W., & Zahra, S. K. (2023). Etik Pendidikan Karakter Dalam Novel A+ Sebagai Antologi Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sma. Tsaqofah, 3(2), 491–507. DOI: https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1194

Putri, A. (2022). A+. Loveable.

Ramadhana, R. N., Elyani, E. P., & Mu’in, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Analisis Sastra. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 279. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.13379 DOI: https://doi.org/10.30651/st.v15i2.13379

Rathan, N. K. (2022). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Digi Art Desain.

Sani, R., Permana, I., & Sukawati, S. (2022). Analisis Nilai Moral Pada Cerpen Anak “Petualangan Banyu Ke Negeri Jauh” Karya Sri Handayaningsih Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah DasaR. Parole, 5. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v5i2.10694

Sumandari, S., Dermawan, T., & Karkono, K. (2023). Ekspresi Cinta Remaja Dalam Novel Teenlit Jingga Dan Senja Karya Esti Kinasih. Metahumaniora, 13(3), 238. https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v13i3.48120 DOI: https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v13i3.48120

Published

2024-05-17

How to Cite

Rara Amiati Sekar Dewi, Ade Hikmat, & Nur Amalia. (2024). Resepsi Pembaca Novel Teentlit dalam Aplikasi Goodreads dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 2226–2238. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3702

Issue

Section

Articles

Categories