Resepsi Pembaca Novel Teentlit dalam Aplikasi Goodreads dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra SMA
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3702
Keywords:
Resepsi Pembaca, Novel Teenlit, GoodreadsAbstract
Angka penjualan novel teenlit yang tinggi dan cap best seller yang dimiliki menunjukan ketenaran genre novel tersebut. Antusiasme kalangan remaja terhadap novel teenlit tentu beriringan dengan tanggapan masuk untuk karya tersebut. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan resepsi pembaca novel teenlit dalam Goodreads dan implementasinya di pembelajaran sastra di SMA. Resepsi pembaca yang dianalisis yakni novel A+ karya Ananda Putri dan novel My Youth karya Giantara Alam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan hasil dideskripsikan. Kajian karya sastra yang menganalisis menggunakan pendekatan resepsi sastra yang menggunakan teori dari Stuart Hall. Sumber data berasal dari tanggapan-tanggan novel teenlit di Goodreads. Hasil dari penelitian ini yakni pemaknaan dominan terdapat dari segi tema, alur dan penokohan. Resepsi pembaca negosiasi, terdapat kompromi pembaca dari segi ukuran font dan spasi. Resepsi pembaca oposisi yang terdapat di novel A+ karya Ananda Putri terdapat penolakan cerita dari segi kaidah penulisan. Lalu resepsi oposisi novel My Youth karya Giantara Alam mendapatkan penolakan dikarenakan ketidaksesuaian selera bacaan dan penolakan dari segi alur, tokoh, dan konflik. Dari hasil penelitian ini dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran sastra di SMA kurikulum merdeka fase F kelas XI.
Downloads
References
Alam, G. (2022). My Youth. Bukune.
Amin, A. Al, Suciati, S., & Andrian, S. N. (2023). Unsur Intrinsik pada Teenlit The Boy I Knew from Youtube dan A Sky Full of Star sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA. Sasindo, 11(1), 110–119. https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16059 DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v11i1.16059
Apriliana, E. N., & Wati, R. (2023). Resepsi Pembaca Novel Terpopuler Di Aplikasi Fizzo “Dinikahi Gus Dingin” Penulis Hello Cutie. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 88–100. DOI: https://doi.org/10.33087/aksara.v7i2.567
Dwi, A. N., & Arifin, Z. (2021). Nilai Sosial Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(2746–7708). DOI: https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2848
Farhanah, N., & Yanti, P. G. (2022). Perbandingan Resepsi Pembaca Terhadap Novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah Dalam Aplikasi Twitter Dan Goodreads. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(2), 610–630. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7676 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7676
Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). Pemaknaan Rasisme Dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 127–134. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619 DOI: https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619
Hall, S., Bagus, M., & Rahmana, S. (2018). Budaya Media Bahasa - Teks utama pencanang cultural studies 1972-1979. Jalasutra.
Ikasari, D., & Widiastuti. (2021). Sentiment Analysis Review Novel “Goodreads” Berbahasa Indonesia Menggunakan Naive Bayes Classifier. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) 2021, 5, 760–765. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/5040
Intan, T. (2020). Resepsi Remaja Perempuan Pembaca Novel Populer. Metahumaniora, 9(2), 157. https://doi.org/10.24198/mh.v9i2.23900 DOI: https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v9i2.23900
Intan, T., & Adji, M. (2021). Novel Mega Best-Seller Karya Luluk HF Mariposa dalam Kajian Resepsi Sastra. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan Dan Kesastraan, 19(2), 152. https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.3603 DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.3603
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkaji Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Pramita, N. W., & Zahra, S. K. (2023). Etik Pendidikan Karakter Dalam Novel A+ Sebagai Antologi Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Sma. Tsaqofah, 3(2), 491–507. DOI: https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i4.1194
Putri, A. (2022). A+. Loveable.
Ramadhana, R. N., Elyani, E. P., & Mu’in, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Analisis Sastra. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 279. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.13379 DOI: https://doi.org/10.30651/st.v15i2.13379
Rathan, N. K. (2022). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Digi Art Desain.
Sani, R., Permana, I., & Sukawati, S. (2022). Analisis Nilai Moral Pada Cerpen Anak “Petualangan Banyu Ke Negeri Jauh” Karya Sri Handayaningsih Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah DasaR. Parole, 5. DOI: https://doi.org/10.22460/parole.v5i2.10694
Sumandari, S., Dermawan, T., & Karkono, K. (2023). Ekspresi Cinta Remaja Dalam Novel Teenlit Jingga Dan Senja Karya Esti Kinasih. Metahumaniora, 13(3), 238. https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v13i3.48120 DOI: https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v13i3.48120
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.