Strategi Belajar Kaum Ibu tentang Jenis-jenis Kalam dalam Bahasa Arab
Abstract
Kaum ibu mempelajari Bahasa Arab agar dapat memahami makna yang disampaikan dalam Al-Qur’an. Dan mereka lebih memilih untuk mempelajarinya secara online, karena lebih fleksibel dalam waktu dan biaya, terutama bagi mereka yang sibuk dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini membahas segala aktivitas pembelajaran Bahasa Arab dari grup whatsapp kaum ibu. Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan mewawancarai perwakilan dari kaum ibu yang belajar jenis-jenis kalam dalam Bahasa Arab, dan melakukan observasi grup kelasnya di aplikasi whatsapp. Hasil penelitian ini menjelaskan strategi kaum ibu dalam mempelajari jenis-jenis kalam, antara lain, membuat catatan, berdiskusi mengenai pemahaman materi dan tugas dengan pasangan belajar, sering melakukan latihan soal dengan membuka flash card kuis dari website quizizz, menyediakan waktu untuk mengulang hafalan, merekam hafalan dalam bentuk audio dan menyimpannya di google drive, agar bisa didengar ulang untuk menguatkan hafalan. Penelitian ini juga menjelaskan problematika kaum ibu saat belajar, antara lain, kesulitan dalam memahami materi, lemahnya daya ingat, dan manajemen waktu. Solusinya adalah mengulang materi yang sudah ada sebelum beralih ke materi selanjutnya, penggunaan metode belajar yang tepat, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menghafal kosakata dengan lagu yang riang, dan mengatur jadwal belajar.
Downloads
References
Al Ghozali, M. D. H., & Mathoriyah, L. (2020). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa MAN 1 Jombang. Jurnal Education and Development, 8(4), 89. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2090/1089
Alfaini, S., & Nurilngin, S. (2021). Problematika dan Solusi Pembelajaran Daring Bahasa Arab via WhatsApp Group. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 133–147. https://doi.org/10.30997/tjpba.v2i2.4242
Anisah, A. S., Akmal, R., & Maulidah, I. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Melalui Metode Bernyanyi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 16(01), 581–591.
Arifin, I. (2023). Manajemen Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Langsung Melalui Metode Multiple Choice Digital Questions Terhadapa Perkembangan Bahasa Arab. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 3(3), 132–138.
Astri, D. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi Mengubah Lagu Dalam Menambah Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Agama Sosisal dan Budaya, 6(1), 2599–2473.
Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Documentation of The Saperra Manre Through The Documentary Film. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 2(2).
Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 90–99. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.13
Hanafi, C. N., & Widjaja, Y. (2021). Kemampuan manajemen waktu mahasiswa tahap profesi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 3(1), 18–28.
Haryani, E., Ahmad, S., & Aradea, R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi. Journal of Education Research, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51
Ihsan, M., Syarifaturrahmatullah, Masdar, I., & Arinhda. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ilmu Nahwu dan Sharaf. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(4), 1549–1563.
Kholiq, A. (2022). Best Practice Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Peserta Didik melalui Aplikasi E-learning Madrasah pada Masa Pandemi Covid-19. EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 209–215.
Ma’arif, A. K. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Asas Andragogi. Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity (IMLAH) UPT Pengembangan Bahasa UIN Imam Bonjol Padang , 2(2), 78–86. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/imlah
Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Marhamah, M., Rezeki, A. V. T., Amelia, D., Nuraeni, E., & Dewi, F. (2021). Implementasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran Daring di TK Kemala Bhayangkari 11 Purwakarta. 56 Indonesian Journal of Community Services in Engineering and Education (IJOCSEE), 1(1), 56–64.
Mau, M., Saenom, S., Martha, I., Ginting, G., & Sirait, S. (2022). Model Pembelajaran Orang Dewasa di Era Masyarakat 5.0. Skenoo : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 165–178. https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.38
Mufidah, N., & Rohima, I. I. (2020). Pengajaran kosakata untuk mahasiswa kelas intensif Bahasa Arab. Uniqbu Journal Of Social Sciences (UJSS) Nomor, 1(1), 13–24. http://www.unpcdc.org/media/15782/sustainable procurement practice.pdf%0Ahttps://europa.eu/capacity4dev/unep/document/briefing-note-sustainable-public-procurement%0Ahttp://www.hpw.qld.gov.au/SiteCollectionDocuments/ProcurementGuideIntegratingSustainabilit
Muslih, M. (2021). Peran Ibu Dalam Melatih Pengamalan Beragama Pada Anak Di Lingkungan Keluarga. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 162–170. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.103
Mustofa, M. A. (2020). Analisis Penggunaan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 4.0. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 333. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1805
Nasier, G. A. (2020). Urgensi Minat Menghafal Al-Qur’an dan Kemampuan Berbahasa Arab Bagi Peningkatan Prestasi Tahfizh Al-Qur’an. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan, 10(1), 79–106. https://doi.org/10.56745/js.v10i1.20
Nur Afifah Fadzil, Muhammad Dzarif Ahmad Zahidi, Ahmad Nurilakmal Norbit, & Nuraznan Jaafar. (2021). Hubungan di Antara Persepsi dengan Sikap dan Minat Pelajar Tahfidz Bestari dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Kesidang, 5(January), 48–63.
Pakaya, F. A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 193. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.193-198.2019
Rejeki, D. S., Yusup, P. M., Saepudin, E., & Pitasari, D. N. (2021). Komunikasi Pembelajaran Berbasis Online Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris Bagi Para Ibu Rumah Tangga (Depth Interview di Sekolah Inggris Online). Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 18(2), 277–292. https://doi.org/10.24002/jik.v18i2.1453
Sanusi, A., Maulana, D., & Sabarno, R. (2022). Synchronous and Asynchronous: Teaching and Learning Arabic in Building Student Well-being during Covid-19 Pandemic. Alsuniyat : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 5(1), 13–29. http://doi.org/10.17509/alsuniyat.v5i1.44537
Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab Dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, 5(1), 73–88.
Setyawan, C. E., & Ahsan. (2020). Arah Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Abad 21. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 9(1), 55–82. http://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/133
Sofyananjani, B., Setyawan, C., Aqomaddina, F., Monika, M., & Ruhaena, L. (2021). Manajemen Waktu Belajar Anak Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi. Abdi Psikonomi, 2(2), 73–77. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v2i2.339
Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 9–10. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7818/3511
Windi Astuti, & Watini, S. (2021). Implementasi Pendidikan Al-Qur’an pada Anak Usia Dini dengan Metode Muroja’ah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7711
Copyright (c) 2024 Davin Azzahra Cinto, Mia Nurmala, Nunung Nursyamsiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.