Campur Kode pada Penamaan Industri Rumah Tangga di Kota Solo dan Implementasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan, Slogan, dan Poster
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3419
Keywords:
Campur Kode, Pembelajaran, SpandukAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode pada penanaman industri rumah tangga di kota Solo. Mengetahui implikasi dari campur kode terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diteliti berupa spanduk penamaan industri rumah tangga yang mengindikasikan bentuk campur kode. Setelah melaksanakan analisis langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi implikasi terkait pembelajaran Bahasa Indoensia. Pengambilan sampel atau sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu pemilihan sampel yang disesuaikan dengan masalah, kebutuhan dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data campur kode pada spanduk. Selanjutnya, dilakukan analisis data dengan menggunakan metode padan intralingual yang menghubung bandingkan unsur-unsur yang bersifat lingual, baik yang terdapat dalam satu bahasa maupun dalam beberapa bahasa yang berbeda. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia, penting bagi para guru untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa atau inggris, serta memberikan contoh-contoh yang tepat dan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia .
Downloads
References
Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo Dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club Tvone Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 93-103. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3714
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineke Cipta.
Dinas Pariwisata Solo. "Wilayah". Diakses pada Juli 2023 melalui https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/
Fauziyah, A., Itaristanti, I., & Mulyaningsih, I. (2019). Fenomena Alih Kode dan Campur KodeDalam Angkutan Umum (Elf) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon. Sebasa, 2(2), 79-90. DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1334
Intip Surakarta. "Daerah". Diakses pada juli 2023 melalui https://intip.surakarta.go.id/
Mahsun. 2012. Metodologi Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Pt. Rajagrafindo Persada.
Malabar. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya.
Nuryanih, E., Hidayat, D., & Pratiwi, W. D. (2023). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Film Yowis Ben 2 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 1597-1609. DOI: https://doi.org/10.55681/memace.v1i2.912
Pencatatan Sipil Solo. "Penduduk". Diakses pada juli 2023 melalui https://dispendukcapil.surakarta.go.id/
Raharjo, W. S., & Rosalina, S. (2022). Campur Kode dalam Tayangan Film Susah Sinyal Karya Ernest Prakarsa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (Jpdk), 4(5), 1515-1522.
Sugiyono. 2018. Judul: Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Sundoro, B. T., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2018). Campur Kode Bahasa Jawa Banyumasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Kejuruan. " Retorika" Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 11(2), 129-139. DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6367
Yanti, F., Nirmala, A. F., & Chamalah, E. (2020). Campur Kode Dalam Tuturan Video Blog Youtube Agung Hapsah “Fintech”. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 97-111. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4840
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.