Campur Kode pada Penamaan Industri Rumah Tangga di Kota Solo dan Implementasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan, Slogan, dan Poster

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3419

Authors

  • Zamzam Nurahman Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yunus Sulistyono Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

Campur Kode, Pembelajaran, Spanduk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode pada penanaman industri rumah tangga di kota Solo. Mengetahui implikasi dari campur kode terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang diteliti berupa spanduk penamaan industri rumah tangga yang mengindikasikan bentuk campur kode. Setelah melaksanakan analisis  langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi implikasi terkait pembelajaran Bahasa Indoensia. Pengambilan sampel atau sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu pemilihan sampel yang disesuaikan dengan masalah, kebutuhan dan kemantapan peneliti dalam memperoleh data campur kode pada spanduk. Selanjutnya, dilakukan analisis data dengan menggunakan metode padan intralingual yang menghubung bandingkan unsur-unsur yang bersifat lingual, baik yang terdapat dalam satu bahasa maupun dalam beberapa bahasa yang berbeda. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia, penting bagi para guru untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa atau inggris, serta memberikan contoh-contoh yang tepat dan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amriyah, N., & Isnaini, H. (2021). Campur Kode Sudjiwo Tedjo Dalam Dialog Interaktif Indonesia Lawyers Club Tvone Episode Setahun Jokowi-Maruf: Dari Pandemi Sampai Demokrasi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 93-103. DOI: https://doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3714

Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineke Cipta.

Dinas Pariwisata Solo. "Wilayah". Diakses pada Juli 2023 melalui https://pariwisatasolo.surakarta.go.id/

Fauziyah, A., Itaristanti, I., & Mulyaningsih, I. (2019). Fenomena Alih Kode dan Campur KodeDalam Angkutan Umum (Elf) Jurusan Sindang Terminal_Harjamukti Cirebon. Sebasa, 2(2), 79-90. DOI: https://doi.org/10.29408/sbs.v2i2.1334

Intip Surakarta. "Daerah". Diakses pada juli 2023 melalui https://intip.surakarta.go.id/

Mahsun. 2012. Metodologi Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Pt. Rajagrafindo Persada.

Malabar. (2015). Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya.

Nuryanih, E., Hidayat, D., & Pratiwi, W. D. (2023). Analisis Alih Kode dan Campur Kode Pada Film Yowis Ben 2 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 1597-1609. DOI: https://doi.org/10.55681/memace.v1i2.912

Pencatatan Sipil Solo. "Penduduk". Diakses pada juli 2023 melalui https://dispendukcapil.surakarta.go.id/

Raharjo, W. S., & Rosalina, S. (2022). Campur Kode dalam Tayangan Film Susah Sinyal Karya Ernest Prakarsa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (Jpdk), 4(5), 1515-1522.

Sugiyono. 2018. Judul: Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sundoro, B. T., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2018). Campur Kode Bahasa Jawa Banyumasan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Kejuruan. " Retorika" Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 11(2), 129-139. DOI: https://doi.org/10.26858/retorika.v11i2.6367

Yanti, F., Nirmala, A. F., & Chamalah, E. (2020). Campur Kode Dalam Tuturan Video Blog Youtube Agung Hapsah “Fintech”. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(1), 97-111. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4840

Published

2024-02-21

How to Cite

Nurahman, Z., & Yunus Sulistyono. (2024). Campur Kode pada Penamaan Industri Rumah Tangga di Kota Solo dan Implementasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan, Slogan, dan Poster. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1010–1029. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3419

Issue

Section

Articles