Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk pada Iklan YouTube Bear Brand Tahun 2023

  • Dea Mita Universitas Cokroamioto Palopo
  • Andi Karman Universitas Cokroamioto Palopo
  • Akhiruddin Akhiruddin Universitas Papua
Keywords: Iklan Bear Brand, AWK, Van Dijk

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis dengan model Teun A. Van Dijk, untuk menganalisis iklan Bear Brand berjudul “Munculkan Kemurnian ke Duniamu! 30s.” Fokus penelitian ini pada dimensi teks, yang disusun secara makro, superstruktur dan struktur mikro. Secara struktur makro iklan ini memiliki topik kehidupan, tema kebersamaan dan ide pokok bahwa Bear Brand adalah teman tepercaya dalam menghadapi rintangan. Dalam superstruktur terdapat, orientasi yang menyampaikan latar belakang tema, komplikasi menggambarkan rintangan kehidupan dan reorientasi memberikan solusi dengan mengonsumsi susu Bear Brand. Serta dalam struktur mikro, menunjukkan penggunaan sintaksis, semantik, dan stilistik yang tepat untuk membangkitkan minat dan perhatian audiens terhadap iklan. Hasil analisis menunjukkan bahwa iklan tersebut secara efektif menyampaikan pesan tentang kebersamaan dan kemurnian dalam menghadapi rintangan kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuswantana, A. C., Darmawan, Y. S., & Nastiti, R. A. (2022). Kajian Sosok Naga Pada Iklan Susu Bear Brand 2015 & 2021 Dalam Sudut Pandang Postmodernism. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 7(1), 1-22.

Darma, Yoce Aliah. 2014. Analisis Wacana Kritis Dalam Multiperspektif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Eriyanto. 2015. Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakata:Lkis

Marlia, C., Surif, M., & Dalimunthe, S. F. Analisis Wacana Kritis Van Djik pada Iklan Bear Brand Tahun 2021 dan 2022. Asas: Jurnal Sastra, 11(2).

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Nurhayati, S. (2017). Makna Naga Dalam Iklan Televisi Susu Bear Brand (Kajian Analisis Semiotika dengan pendekatan Charles Sanders Peirce) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Nur, M. I. (2019). Analisis Wacana Kritis pada Konten “Masjid untuk Semua” di Media Youtube CISFORM UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. LENTERA.

Parera, J. D. (2004). Teori semantik. Erlangga.

Pradopo, R. D. (2021). Stilistika. UGM PRESS.

Risa, F. A., & Anwar, M. (2021). Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk pada Iklan Ramayana Department Store. Suar Betang, 16(2), 159-167.

Saputra, P. S. (2019). Analisis Wacana Kritis Iklan Film Pendek Line Versi “Ada Apa dengan Cinta?”. Ars: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(1), 16-24.

Setiawan, H. Aplikasi Semiotik Dalam Iklan di “Dunia Nyata”(Peningkatan Brand Awareness Dibalik Iklan Yang Membingungkan). In Proceeding International Conference of Communication, Industry and Community 2016 (p. 458).

Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis bahasa indonesia. Jakarta: UHAMKA.

Yuniyanto, H. R., & Sirine, H. (2018). Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening. Esensi: jurnal bisnis dan manajemen, 8(1), 21-28.

Published
20-01-2024
How to Cite
Dea Mita, Andi Karman, & Akhiruddin, A. (2024). Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk pada Iklan YouTube Bear Brand Tahun 2023. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 590-598. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3324
Section
Articles