Penggunaan Pojok Baca dalam Mengoptimalkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

  • Umar Mansyur Universitas Muslim Indonesia
  • Rusdiah Rusdiah Universitas Muslim Indonesia
  • Taufik Hidayat Universitas Muslim Indonesia
  • Aulia Annisa Universitas Muslim Indonesia
Keywords: literasi, pojok baca, gerakan literasi sekolah

Abstract

Pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sangat perlu dioptimalkan dengan baik di sekolah agar dapat tercipta iklim literasi yang menyenangkan bagi siswa. Salah satu upaya mewujudkan hal tersebut adalah dengan menyediakan sarana literasi berupa sudut baca atau pojok baca di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan pojok baca sebagai sarana literasi di dalam kelas MTs Wihdatul Ulum Bontokassi Kabupaten Gowa, manfaat pojok baca kelas dalam menunjang optimalisasi program GLS, dan hambatan sekolah dalam mengoptimalkan GLS melalui pojok baca. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala madrasah, guru bahasa Indonesia, pustakawan, dan siswa. Observasi dilakukan untuk mengamati penggunaan pojok baca dan implementasi program GLS di sekolah. Analisis data dilakukan dengan melakukan interpretasi data. Teknik validasi atau keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Wihdatul Ulum sudah mengimplementasikan beberapa kegiatan literasi kepada siswa, seperti kegiatan membaca di pojok baca kelas dan berkunjung ke perpustakaan. Pojok baca juga digunakan siswa pada kegiatan membaca 15 menit di kelas sebelum pembelajaran dimulai. Selanjutnya, manfaat penggunaan pojok baca kelas adalah merangsang minat siswa untuk gemar membaca, membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajarnya, serta menguatkan fungsi perpustakaan dalam membudayakan aktivitas literasi siswa di sekolah. Adapun hambatan yang dihadapi pihak madrasah adalah kurangnya variasi koleksi buku bacaan dan kurangnya partisipasi guru dari mata pelajaran lain, selain bahasa Indonesia, untuk mengoptimalkan pemanfaatan pojok baca dan GLS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2020). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Atmazaki, Ali, N. B. V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud.

Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: Guilford Press.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Fauzan, S., Pramesti, W., Dwi, V., & Putra, A. (2021). Menumbuhkan Minat Baca Anak Sebagai Bagian Dari Gerakan Literasi Nasional Melalui Pembuatan Pojok Baca Desa Karangan. ABIDUMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 26–32. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v2i2.1956

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Ecodunamika, 3(2), 1–7.

Iswatiningsih, D., & Pangesti, F. (2020). Pendampingan Pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah di SMP 25 Kota Malang. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 192–203. https://doi.org/10.29407/ja.v4i1.13909

Kemdikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Kemdikbud. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Kemdikbud. (2017). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud.

Kompas. (2016). Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia. Retrieved June 10, 2022, from https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia

Kurniawan, W., Anam Sutopo, & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31

Mansyur, U., & Rahmat, R. (2020). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MTs Mizanul Ulum Sanrobone Kabupaten Takalar. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.35906/resona.v3i2.383

Mansyur, U., & Rahmawati, S. (2023). Pojok Baca MTs Wihdatul Ulum Bontokassi Kabupaten Gowa sebagai Wujud Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Madaniya, 4(1), 44–53. https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.343

Masfingatin, T., Pamungkas, N. B., & Anggraini, P. (2020). Penataan Ruang Pojok Baca Cendekia di Desa Sundul Kecamatan Parang Magetan. Buletin Udayana Mengabdi, 19, 283–289.

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. , (2015). Indonesia: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Munir, S., & Hidayatullah, A. (2021). Pemanfaatan Mading Bermuatan Barcode Ebook untuk Meningkatkan Minat dan Budaya Baca Kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R). Abdimas Galuh, 3(1), 83–90. https://doi.org/10.25157/ag.v3i1.4954

Setiawan, R., Nurani, D., Mardianto, A., Misiyanto, Komalasari, & Islamiyah, A. (2019). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud.

Published
13-06-2024
How to Cite
Mansyur, U., Rusdiah, R., Taufik Hidayat, & Aulia Annisa. (2024). Penggunaan Pojok Baca dalam Mengoptimalkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2630-2638. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3300
Section
Articles