Analisis Kebutuhan Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terintegritas Budaya Melayu Riau Kelas X SMA Pekanbaru

https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3292

Authors

  • Marhamah Marhamah Universitas Islam Riau
  • Cyntia Cyntia Universitas Islam Riau
  • Fitri Wulandari Universitas Islam Riau
  • Rahma Sarita Universitas Islam Riau
  • Andhini Alfitri Universitas Islam Riau

Keywords:

Kebutuhan, Buku Teks, Bahasa Inggris, Budaya Melayu Riau

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan awal untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran berupa buku teks pelajaran bahasa Inggris terintegrasi budaya melayu Riau untuk Siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian ini yakni guru-guru bahasa Inggris, siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Data diperoleh dari observasi, angket, dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis awal yang dilakukan di SMA YLPI Pekanbaru, guru belum mengimplementasikan buku teks terintegrasi budaya Melayu Riau dalam pembelajaran bahasa Inggris karena keterbatasan ketersediaan buku pelajaran yang mengintegrasikan unsur budaya Melayu Riau. Penelitian ini dapat berfungsi sebagai analisis awal kebutuhan buku teks yang dapat menjadi panduan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran yang berakar pada kearifan lokal budaya Melayu Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwijaya, P. A., & Wedayanthi, L. M. D. (2022). Analisa Kebutuhan dalam Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Inggris Pariwisata di Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1536–1543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1704 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1704

Alfarisi, R. S., & Suseno, S. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3950 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3950

Anastasia Baan, & Resnita Dewi. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 327–331. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407

Arkas, N., & Suryana, D. (2022). Pengenalan Budaya Melayu Riau Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1–5. DOI: https://doi.org/10.52484/al_athfal.v5i2.349

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Barikly, T., & Nurhadi, N. (2019). Analisis Bahan Ajar Menulis Sastra Pada Aspek Pengetahuan dalam Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA. Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 216. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.3330 DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.3330

Basir, M. A., & Aminudin, M. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika berbasis Investigasi untuk Meningkatkan Penalaran Aljabar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 53. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1016 DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1016

Dahlan, A., Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biolog. 7, 96–99. DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27636

Dhia Octariani, A. C. P. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43–49.

Fadilah, R. N. (2021). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis E-Book Pada Peserta Didik Kelas Vii Tunagrahita Slb Widya Bhakti Semarang. Jurnal Sasindo-Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 244–252. DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i2.11014

Farida, N., & Agustina, R. (2017). Analisis Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ, Muhammadiyah Metro, 6(1), 40–47. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.861

Hardi, V. A., & Rizal, M. S. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1398–1407. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.605 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.605

Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. In Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/zyn8g

Isrotun, U. (2022). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Pekalongan Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar. Semnastekmu 2022- Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu, 2(2). DOI: https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.188

Jasrial, Saputra, A., & Rifma. (2023). Improving learning outcomes: The effectiveness of ebook reading literacy based in learning management psychology. Cakrawala Pendidikan, 42(3), 631–641. https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.53033 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.53033

Kholiq, M. (2022). Analisa Strategi Mengembangkan Bahan Ajar Untuk Memahami Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Lokal. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 12–23. DOI: https://doi.org/10.21274/jess.v2i1.6089

Kurnia, R., Ummah, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Buku Cerita Rakyat Melayu Riau terhadap Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3253–3265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441

Luthfi, E., & Ahsani, F. (2020). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Berbasis Multiple Intelligence Kelas Iv. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 19–36. Retrieved from http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.

Muhammad, M., Hastuti, K. P., & Setiawan, F. A. (2022). Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA/Sederajat Pada Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 8(2), 1–15. https://doi.org/10.20527/jpg.v8i2.12541 DOI: https://doi.org/10.20527/jpg.v8i2.12541

Mujiwanto, M., Murtono, M., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati Untuk Smp/Mts. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 425–442. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5520 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5520

Nurdeani, R. (2014). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Standar Penulisan Buku Teks Pelajaran. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v1i1.4694 DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v1i1.4694

Nurhayati, D., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas Vii Smp: Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 424–429. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.170 DOI: https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.170

Purnama Irawati, R., & Elmubarok, Z. (2014). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa Sd Melalui Sastra Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 81–96. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2179 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2179

Putri Estrana Yasiq Ilham, Slamet Triyadi, & Wienike Dinar Pratiwi. (2022). Analisis Keteladanan Tokoh pada Buku Biografi Pramoedya Ananta Toer dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Biografi di SMA Kelas X. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 878–888. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2006 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2006

Putri, M. T., Setyawan, A. A., & Effendi, L. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Melayu Riau Dengan Pendekatan Matematika Realistik di SD Negeri 013 Rengat Barat Tahun Ajaran 2017/2018. AKSIOMATIK, 7(1), 79–86.

Rabbani, A. R. B., & Fauzi, H. R. (2022). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Saintifik. AMBARSA: Jurnal Pengembangan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–20. DOI: https://doi.org/10.59106/abs.v2i2.73

Rahayu, R., Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 18–24.

Reginata Jenike Mhb., & Muhammad Mukhlis. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 197–208. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292

Rispatiningsih, D. M., & Lestari, A. (2020). Analisis Bahan Ajar Bahasa Inggris Di Smb Dhamma Panna Temanggung. ABIP: Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 6(2), 35–46. DOI: https://doi.org/10.53565/abip.v3i2.236

Saputra, S., & Musthofa, T. (2022). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyah Pada Maharah Al-Kalam Sesuai Standar Common European Framework Of Reference (CEFR). Lugawiyyat, 4(2), 81–97. https://doi.org/10.18860/lg.v4i2.17393 DOI: https://doi.org/10.18860/lg.v4i2.17393

Sari, A., & Revita, R. (2022). LKS Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3387–3401. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1869 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1869

Septiana, I., Asropah, A., & Ripai, A. (2021). Kebutuhan Guru dalam Pengembangan Buku Bahasa Indonesia SMA Berbasis Sintaksis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 191–197. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/34274

Siswanto, Karimullah, Prasetyawati, R., & Nurhayati. (2019). Environmental cultured education and its implication on the student’s competencies in an adiwiyata school. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 552–564. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.23154 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.23154

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Suharto, R. P., Makrifah, I. A., & Widiarini. (2020). Analisa Kebutuhan Buku Ajar Bahasa Inggris SMK Jurusan Usaha Perjalanan Wisata. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 19–26. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.376

Suherman, W. S., Dapan, Guntur, & Muktiani, N. R. (2019). Development of traditional children play based instructional model to optimize development of kindergarteners’ fundamental motor skill. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 356–365. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25289 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25289

Sulastriningsih Djumingin, Juanda, J., & Azis, A. (2021). Muatan Kearifan Lokal Cerpen Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 606–621. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1346 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1346

Suparman, S., & Nuruahmad, M. (2023). Budaya Mappacci dan Rangkaian Pelaksanaan Perkawinan Orang Bugis. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 219-225. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i3.526

Syaifudin, A., & Pratama, H. (2013). Pengembangan Buku Teks Menulis Argumentasi Berdasarkan Pola Penalaran Argumentatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30, 1–10.

Tomlinson, B. (2013). Developing Materials for Language Teaching (Second Edi; B. Tomlinson, ed.). London: BLOOMSBURY.

Windayani, N., Hasanah, I., & Helsy, I. (2018). Analisis Bahan Ajar Senyawa Karbon Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 83–93. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2682 DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2682

Published

2024-01-23

How to Cite

Marhamah, M., Cyntia, C., Fitri Wulandari, Rahma Sarita, & Andhini Alfitri. (2024). Analisis Kebutuhan Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terintegritas Budaya Melayu Riau Kelas X SMA Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 667–679. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3292

Issue

Section

Articles

Categories