Analisis Kebutuhan Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terintegritas Budaya Melayu Riau Kelas X SMA Pekanbaru
https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3292
Keywords:
Kebutuhan, Buku Teks, Bahasa Inggris, Budaya Melayu RiauAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan awal untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran berupa buku teks pelajaran bahasa Inggris terintegrasi budaya melayu Riau untuk Siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian ini yakni guru-guru bahasa Inggris, siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Data diperoleh dari observasi, angket, dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis awal yang dilakukan di SMA YLPI Pekanbaru, guru belum mengimplementasikan buku teks terintegrasi budaya Melayu Riau dalam pembelajaran bahasa Inggris karena keterbatasan ketersediaan buku pelajaran yang mengintegrasikan unsur budaya Melayu Riau. Penelitian ini dapat berfungsi sebagai analisis awal kebutuhan buku teks yang dapat menjadi panduan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran yang berakar pada kearifan lokal budaya Melayu Riau.
Downloads
References
Adiwijaya, P. A., & Wedayanthi, L. M. D. (2022). Analisa Kebutuhan dalam Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Inggris Pariwisata di Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1536–1543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1704 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1704
Alfarisi, R. S., & Suseno, S. (2019). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Anekdot Bermuatan Cinta Tanah Air. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3950 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3950
Anastasia Baan, & Resnita Dewi. (2021). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia untuk Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 327–331. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.1407
Arkas, N., & Suryana, D. (2022). Pengenalan Budaya Melayu Riau Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1–5. DOI: https://doi.org/10.52484/al_athfal.v5i2.349
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Barikly, T., & Nurhadi, N. (2019). Analisis Bahan Ajar Menulis Sastra Pada Aspek Pengetahuan dalam Buku Guru Bahasa Indonesia SMA/MA. Indonesian Language Education and Literature, 4(2), 216. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.3330 DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v4i2.3330
Basir, M. A., & Aminudin, M. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika berbasis Investigasi untuk Meningkatkan Penalaran Aljabar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 53. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1016 DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.1016
Dahlan, A., Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Profesi Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Analysis Of Needs Development Material Learning Program Introductory Profession Of Biological Teacher In Biolog. 7, 96–99. DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v7i2.27636
Dhia Octariani, A. C. P. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43–49.
Fadilah, R. N. (2021). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis E-Book Pada Peserta Didik Kelas Vii Tunagrahita Slb Widya Bhakti Semarang. Jurnal Sasindo-Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 244–252. DOI: https://doi.org/10.26877/sasindo.v9i2.11014
Farida, N., & Agustina, R. (2017). Analisis Bahan Ajar Pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ, Muhammadiyah Metro, 6(1), 40–47. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.861
Hardi, V. A., & Rizal, M. S. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah. Jurnal Basicedu, 4(4), 1398–1407. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.605 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.605
Irawan, D. (2020). Mengembangkan Buku Teks Pelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses Untuk SD. In Pena Persada. DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/zyn8g
Isrotun, U. (2022). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Pekalongan Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sekolah Dasar. Semnastekmu 2022- Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu, 2(2). DOI: https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.188
Jasrial, Saputra, A., & Rifma. (2023). Improving learning outcomes: The effectiveness of ebook reading literacy based in learning management psychology. Cakrawala Pendidikan, 42(3), 631–641. https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.53033 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.53033
Kholiq, M. (2022). Analisa Strategi Mengembangkan Bahan Ajar Untuk Memahami Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Lokal. JESS: Jurnal Education Social Science, 2(1), 12–23. DOI: https://doi.org/10.21274/jess.v2i1.6089
Kurnia, R., Ummah, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Buku Cerita Rakyat Melayu Riau terhadap Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3253–3265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441
Luthfi, E., & Ahsani, F. (2020). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Berbasis Multiple Intelligence Kelas Iv. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(1), 19–36. Retrieved from http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.
Muhammad, M., Hastuti, K. P., & Setiawan, F. A. (2022). Analisis Buku Teks Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA/Sederajat Pada Materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 8(2), 1–15. https://doi.org/10.20527/jpg.v8i2.12541 DOI: https://doi.org/10.20527/jpg.v8i2.12541
Mujiwanto, M., Murtono, M., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pati Untuk Smp/Mts. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 425–442. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5520 DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5520
Nurdeani, R. (2014). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Standar Penulisan Buku Teks Pelajaran. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v1i1.4694 DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v1i1.4694
Nurhayati, D., Hermanto, H., & Himawan, R. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas Vii Smp: Studi Analisis Kebutuhan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 424–429. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.170 DOI: https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.170
Purnama Irawati, R., & Elmubarok, Z. (2014). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter Bagi Siswa Sd Melalui Sastra Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 81–96. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2179 DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2179
Putri Estrana Yasiq Ilham, Slamet Triyadi, & Wienike Dinar Pratiwi. (2022). Analisis Keteladanan Tokoh pada Buku Biografi Pramoedya Ananta Toer dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Teks Biografi di SMA Kelas X. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 878–888. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2006 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2006
Putri, M. T., Setyawan, A. A., & Effendi, L. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Melayu Riau Dengan Pendekatan Matematika Realistik di SD Negeri 013 Rengat Barat Tahun Ajaran 2017/2018. AKSIOMATIK, 7(1), 79–86.
Rabbani, A. R. B., & Fauzi, H. R. (2022). Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Saintifik. AMBARSA: Jurnal Pengembangan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1–20. DOI: https://doi.org/10.59106/abs.v2i2.73
Rahayu, R., Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 18–24.
Reginata Jenike Mhb., & Muhammad Mukhlis. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 197–208. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2292
Rispatiningsih, D. M., & Lestari, A. (2020). Analisis Bahan Ajar Bahasa Inggris Di Smb Dhamma Panna Temanggung. ABIP: Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 6(2), 35–46. DOI: https://doi.org/10.53565/abip.v3i2.236
Saputra, S., & Musthofa, T. (2022). Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Arab SMA/SMK Muhammadiyah Pada Maharah Al-Kalam Sesuai Standar Common European Framework Of Reference (CEFR). Lugawiyyat, 4(2), 81–97. https://doi.org/10.18860/lg.v4i2.17393 DOI: https://doi.org/10.18860/lg.v4i2.17393
Sari, A., & Revita, R. (2022). LKS Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Budaya Melayu Riau untuk Siswa SMP/MTs di Pekanbaru. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3387–3401. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1869 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1869
Septiana, I., Asropah, A., & Ripai, A. (2021). Kebutuhan Guru dalam Pengembangan Buku Bahasa Indonesia SMA Berbasis Sintaksis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 191–197. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/34274
Siswanto, Karimullah, Prasetyawati, R., & Nurhayati. (2019). Environmental cultured education and its implication on the student’s competencies in an adiwiyata school. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 552–564. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.23154 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.23154
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243 DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Suharto, R. P., Makrifah, I. A., & Widiarini. (2020). Analisa Kebutuhan Buku Ajar Bahasa Inggris SMK Jurusan Usaha Perjalanan Wisata. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 19–26. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.376
Suherman, W. S., Dapan, Guntur, & Muktiani, N. R. (2019). Development of traditional children play based instructional model to optimize development of kindergarteners’ fundamental motor skill. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 356–365. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25289 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.25289
Sulastriningsih Djumingin, Juanda, J., & Azis, A. (2021). Muatan Kearifan Lokal Cerpen Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 606–621. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1346 DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1346
Suparman, S., & Nuruahmad, M. (2023). Budaya Mappacci dan Rangkaian Pelaksanaan Perkawinan Orang Bugis. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(4), 219-225. DOI: https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i3.526
Syaifudin, A., & Pratama, H. (2013). Pengembangan Buku Teks Menulis Argumentasi Berdasarkan Pola Penalaran Argumentatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30, 1–10.
Tomlinson, B. (2013). Developing Materials for Language Teaching (Second Edi; B. Tomlinson, ed.). London: BLOOMSBURY.
Windayani, N., Hasanah, I., & Helsy, I. (2018). Analisis Bahan Ajar Senyawa Karbon Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 83–93. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2682 DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2682
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.