Tindak Tutur Direktif dalam Terapi Anak Autis

Keywords: Autis, Terapis, Tindak Tutur Direktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kategori tindak tutur direktif pada proses terapi anak autis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori tindak tutur menurut Bach dan Harnish. Sumber data penelitian ini adalah tuturan terapis pada saat melakukan terapi terhadap anak autis di SLB Purnama Asih Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tindak tutur yang digunakan oleh terapis saat melakukan terapi terhadap anak autis, meliputi: requestives (mengajak), questions (bertanya), requirements (memerintah, menginstruksikan, mengarahkan, mengomando) prohibitives (melarang), permissives (membolehkan), dan advisories (menasihati). Adapun tindak tutur direktif yang dominan digunakan, yaitu tindak tutur direktif kategori requirements.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chairul, A. (2018). Fungsi Tindak Tutur Direktif Perawat terhadap Pasien di Ruang Fisioterapi RSU Haji Medan - Sumatra Utara. Medan Makna, 16(1), 20–32.
Chairul, A. (2021). Strategi Bertutur Fisioterapis. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), 196–204. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.2031
Cummings, L. (2007). Pragmatik: Sebuah perspektif multidisipliner diterjemahkan oleh Eti Setiawati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cummings, L. (2010). Pragmatik Klinis: Kajian tentang Penggunaan dan Gangguan Bahasa secara Klinis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama.
Ibrahim, A. S. (1992). Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.
Islamiati, Arianti, R., & Gunawan. (2020). Tindak Tutur Direktif dalam Film Keluarga Cemara Sutradara Laurens dan Implikasi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Rokania, 258–270. https://doi.org/https://doi.org/10.37728/jpr.v5i2.338
Juwita, V., Rahman, A., Liawensia, A., Husada, Y. K., & Dariyo, A. (2023). Peran Psikoterapi Untuk Optimalisasi Perkembangan Kompetensi Komunikasi Pada Anak Autisme. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4902–4915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2014
Lutfi, M. (2023). Tindak Tutur Direktif Guru dan Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP NEGERI 1 JAKEN Kabupaten Pati. MSJ: Majority Science Journal, 1(1), 34–43.
Maenner, M. J., Shaw, K. A., Baio, J., Washington, A., Patrick, M., DiRienzo, M., & Dietz, P. M. (2020). Prevalence of Autism Spectrum Disorder Among Children Aged 8 Years — Autism and Developmental Disabilities Monitoring Network, 11 Sites, United States, 2016. MMWR Surveillance summaries, 69(4), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.15585%2Fmmwr.ss6904a1
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. London: SAGE Publications Inc.
Muhammad. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar - Ruzz Media.
Nababan, M. K., Daulay, S., & Hadi, W. (2019). Speech Act of “Touch” Therapy in the Intervention Service Foundation For Autism and Developmental Delay (YISADDI) in the Method of Traffic Light Games. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(4), 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.493
Naibaho, S. T., Victoriana, E., & Tjoeng, N. T. (2017). Studi Deskriptif mengenai Sibling Relationship pada Remaja dengan Saudara Spektrum Autisme. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 103–112. https://doi.org/https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.419
Prasetyoningsih, L. S. A. (2016). Pengembangan Tindak Bahasa Terapi dalam Intervensi Anak Autis Spektrum Perilaku. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 15(1), 120–127.
Qomariyah, L. (2017). Tindak Tutur Direktif Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.24865/ajas.v2i1.32
Rizki, D. C., & Asnawi. (2023). Tindak Tutur Asertif dalam Dialog Antartokoh Film Cinta Subuh Sutradara Indra Gunawan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2691
Setiyawati, A., & Septiari, W. D. (2023). Tindak Tutur Ilokusi dalam Podcast Merry Rianadengan Andre Taulany_Hasil dari Sebuah Kerja Keras. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(2), 771–779. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2662
Sharma, S. R., Gonda, X., & Tarazi, F. I. (2018). Autism Spectrum Disorder: Classification, Diagnosis and Therapy. Pharmacology & therapeutics, 190, 91–104. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pharmthera.2018.05.007
Wulandari, E., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Representatif Dalam Video “Trik Cepet Jawab Soal Matematika Bahasa Inggris Versi Jerome!” Pada Saluran Youtube Jerome Polin. Jurnal Sastra Indonesia, 10(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jsi.v10i1.45120
Yule, G. (2014). Pragmatik (diterjemahkan oleh Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
04-01-2024
How to Cite
Nurohmah, N., & Nurhadi, J. (2024). Tindak Tutur Direktif dalam Terapi Anak Autis. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 333-342. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3225
Section
Articles