Analisis dan Rekonstruksi Asesmen Diagnostik dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA/SMK

  • Seylla Arifeni MTs Negeri 1 OKU Timur
  • Nufi Azam Mutaqin Universitas Negeri Semarang
  • Deby Luriawati Naryatmojo Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang
Keywords: Asesmen diagnostik modul

Abstract

Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kelemahan, dan kekuatan peserta didik. Hasil asesmen diagnostik dapat digunakan oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun perencanaan kegiatan belajar yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik. Asesmen diagnostik sebagai salah satu alat untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik perlu disusun berdasarkan standar-standar tertentu agar dapat digunakan secara optimal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kelayakan dan merekonstruksi asesmen diagnostik berdasarkan hasil analisis kelayakannya dalam modul ajar materi teks laporan hasil observasi bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK. Penelitian ini menganalisis tiga modul ajar materi teks laporan hasil observasi pada tiga satuan pendidikan, antara lain SMKN 1 Pakis Aji, SMAN 1 Ampel, dan SMA Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles & Huberman yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Analisis yang dilakukan meliputi kelayakan asesmen diagnostik berdasarkan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran serta level kognitif yang tercermin dalam soal-soal asesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu dari tiga modul ajar telah memenuhi kriteria kelayakan ditinjau dari kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran. Soal-soal asesmen diagnostik dalam tiga modul ajar yang dianalisis masih menggunakan Low Order Thinking Skills (LOTS). Beberapa komponen dalam asesmen diagnostik pada tiga modul ajar yang belum memenuhi kriteria kelayakan tersebut kemudian direkonstruksi agar dapat digunakan secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alderson, J. C. (2005). Diagnosing Foreign Language Proficiency: The Interface Between Learning and Assessment. London: Continuum.

Asrul, D. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Kartini, H. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Moleong, J. L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. W. (2022). Assesmen Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142.

Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 109–123.

Purwanto, M. N. (2020). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwati. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyusun Asesmen Pembelajaran Bahasa Indonesia Guru Kelas SDN Kradinan 03 melalui Kegiatan Teman Sejawat. Jurnal Pelopor Pendidikan, 10(September), 1–6.

Rachmawati, A., & Lestariningrum, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif melalui Asesmen Diagnostik dalam Menguatkan Literasi Anak Kelas 1 di SDN Banjaran 5. Prosiding SEMDIKJAR, 891–898.

Sudijono, A. (2020). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiarto, S., Adnan, Aini, R. Q., Suhendra, R., & Ubaidullah. (2023). Pelatihan Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taliwang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–80.

Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press.

Warasini, N. P. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Merancang Asesmen Diagnostik melalui Kegiatan Webinar pada Sekolah Binaan. Jurnal Inovasi, 7(7), 31–37.

Yusuf, M. A. (2007). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Published
31-07-2024
How to Cite
Seylla Arifeni, Nufi Azam Mutaqin, Deby Luriawati Naryatmojo, & Wagiran , W. (2024). Analisis dan Rekonstruksi Asesmen Diagnostik dalam Modul Ajar Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA/SMK. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3399-3408. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3216
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)