Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti

  • Dhea Ayu Alifvia Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Universitas PGRI Semarang
Keywords: Pembelajaran Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Flashcard.

Abstract

Flashcard merupakan suatu alternatif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kosakata siswa, terutama kemampuan dalam menyimak kosakata (Listening Skill) dan berbicara (Speaking Skill). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran PBL berbantu media flashcard pada mata pelajaran bahasa inggrisdi SD Kusuma Bhakti, Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun subjek dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa kelas VI B di SD Kusuma Bhakti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis dengan instrumen yang telah diuji dengan teknik uji validitas isi oleh para ahli sebagai validator dan menggunakan metode split helf untuk menguji reabilitasnya. Pembuktian dan analisis hasil menggunakan statistik non parametrik uji Wilcoxon sign rank test menggunakan SPSS versi 25. Hasil uji data menunjukkan bahwa nilai Wilcoxon sign rank test (Z) sebesar -4. 329 dan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar .000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flashcard terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas VI B di SD Kusuma Bhakti Semarang tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Magfirah, Malmia, & Taufik. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL). Uniqbu Journal of Social Sciences, 25.
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
Cahya, D. P., & Sari, Y. (2023). Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6692
Damayanti, E. dkk. (2016). Pengembangan Media Visual Flashcard Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Sainsmat,5(2),175-182.
Emilsa, L., & Guslinda, G. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Iii Sdn 188 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 101. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7566
Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/566
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Use of Flash Card Media to Improve Elementary Schools ’ Student Learning Outcomes Budi Febriyanto , Ari Yanto. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.
Fitriyani, E. dan Nulanda, P.Z. Efektivitas Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi. 4, (2), hlm. 167-182.
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan UNY (pp.597-602).
Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB Finjili Pulau Lembeh. 9(6), 672–677.
Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 101–110.
Mardhiyana, D., & Sejati, E.O.W. (2016, February). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp.672-688). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu Flashcard dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 143–148.
Mulyorini, & Hariani, S. (2014). Penggunaan Media Flashcard dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Ngagel Rejo I/396 Surabaya. Jpgsd, 02(02), 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/252327-penggunaan-media-flashcard-dalam-model-p-5fc479fe.pdf
Nurjanah, T. A., Sumiyati, Y., & Artikel, I. (2023). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN. II(1), 18–24.
Oktaviani, E. (2014). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa Penantian Ulubelu Tanggamus. E-Tech, 2(2), 241787.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Puriasih, A. L., Warsono, W., & Cahyadin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xii Melalui Penggunaan Media Flash Card Pada Materi Evolusi. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 66. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10180
Putri, A.A.A., Swatra, I. W., Tegeh, I. M.,(2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 1 No. 1, 3. https://doi.org/10.23887/mi.v23il.16407
Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=64&path%5B%5D=55
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5, 7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA
Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061
SARI, P. M., & APRILIA, N. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Flash Card Pada Sekolah Dasar Kelas 1a Muhamadiyah Pakel. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 105–112. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.2006
Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar El-Ilmi, 6(1), 39–58.
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Published
03-01-2024
How to Cite
Dhea Ayu Alifvia, Muhammad Arief Budiman, Muhammad Arief Budiman, & Choirul Huda. (2024). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 182-195. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3164
Section
Articles