Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Leraning) Berbantu Media Flashcard Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VI SD Kusuma Bhakti
Abstract
Flashcard merupakan suatu alternatif yang dapat membantu meningkatkan kemampuan kosakata siswa, terutama kemampuan dalam menyimak kosakata (Listening Skill) dan berbicara (Speaking Skill). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran PBL berbantu media flashcard pada mata pelajaran bahasa inggrisdi SD Kusuma Bhakti, Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimen one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Adapun subjek dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa kelas VI B di SD Kusuma Bhakti. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis dengan instrumen yang telah diuji dengan teknik uji validitas isi oleh para ahli sebagai validator dan menggunakan metode split helf untuk menguji reabilitasnya. Pembuktian dan analisis hasil menggunakan statistik non parametrik uji Wilcoxon sign rank test menggunakan SPSS versi 25. Hasil uji data menunjukkan bahwa nilai Wilcoxon sign rank test (Z) sebesar -4. 329 dan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar .000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flashcard terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris kelas VI B di SD Kusuma Bhakti Semarang tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1091
Cahya, D. P., & Sari, Y. (2023). Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6692
Damayanti, E. dkk. (2016). Pengembangan Media Visual Flashcard Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Sainsmat,5(2),175-182.
Emilsa, L., & Guslinda, G. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Iii Sdn 188 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 101. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7566
Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/566
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Use of Flash Card Media to Improve Elementary Schools ’ Student Learning Outcomes Budi Febriyanto , Ari Yanto. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108–116.
Fitriyani, E. dan Nulanda, P.Z. Efektivitas Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi. 4, (2), hlm. 167-182.
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan UNY (pp.597-602).
Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2023). Penggunaan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB Finjili Pulau Lembeh. 9(6), 672–677.
Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis Penggunaan Media Flash Card dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 101–110.
Mardhiyana, D., & Sejati, E.O.W. (2016, February). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp.672-688). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu Flashcard dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 143–148.
Mulyorini, & Hariani, S. (2014). Penggunaan Media Flashcard dalam Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Ngagel Rejo I/396 Surabaya. Jpgsd, 02(02), 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/252327-penggunaan-media-flashcard-dalam-model-p-5fc479fe.pdf
Nurjanah, T. A., Sumiyati, Y., & Artikel, I. (2023). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN. II(1), 18–24.
Oktaviani, E. (2014). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa Penantian Ulubelu Tanggamus. E-Tech, 2(2), 241787.
Pradana, P. H., & Gerhni, F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587
Puriasih, A. L., Warsono, W., & Cahyadin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xii Melalui Penggunaan Media Flash Card Pada Materi Evolusi. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 66. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i1.10180
Putri, A.A.A., Swatra, I. W., Tegeh, I. M.,(2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 1 No. 1, 3. https://doi.org/10.23887/mi.v23il.16407
Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=64&path%5B%5D=55
Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5, 7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA
Saputri, S. W. (2020). Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v2i1.1061
SARI, P. M., & APRILIA, N. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Flash Card Pada Sekolah Dasar Kelas 1a Muhamadiyah Pakel. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(1), 105–112. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.2006
Umroh, I. L. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab (Study Eksperimen Terhadap Siswa Kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar El-Ilmi, 6(1), 39–58.
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Copyright (c) 2024 Dhea Ayu Alifvia, Muhammad Arief Budiman, Muhammad Arief Budiman , Choirul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.