Analisis Kosakata Homonim Bahasa Korea dan Bahasa Indonesia (Kajian Analisis Kontrastif)

  • Lela Fadilah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Odien Rosidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dase Erwin Juansah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Analisis Kontrastif, Homonim, Bahasa Korea, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian analisis kontrastif untuk mencari persamaan dan perbedaan kata homonim antara bahasa Korea dan bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelkangi oleh kurangnya sumber pengayaan khusus pada pembelajaran bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Sumber penelitian ini berupa kamus, program televisi, tayangan youtube, website yang mengandung data penelian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data, menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjutannya adalah teknik simak bebas lipat cakap serta teknik catat. Pemeriksaan keabsahan penelitian ini dilakukan oleh tiga orang penyidik yang memiliki kepakaran dibidang bahasa Korea, bahasa Indonesia, dan pengajaran BIPA. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik dasar yang disebut teknik pilih unsur penentu dan teknik lanjutan teknik hubung banding menyamakan (HBS), teknik hubung banding membedakan (HBB). Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahaan ajar oleh para pengajar bahasa Indonesia bagi Penuru Asing (BIPA). Setelah melakukan analisis terdapat 32 data bahasa Indonesia dan Bahasa Korea yang memiliki keidentikan dalam tulisan dan bunyi, 13 data memiliki keidentikan pelafalan atau bunyi namun berbeda penulisannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Dahiru Musa dan Mufutau Khazem Ishola. 2020. Contrastive Analysis of English and Arabic Phonology. Jurnal International Journal of Humanities and Social Sciences, 18 (4), 123-137.

Ahn, Jean-myung, Lee Kyung-ah, dan Han Ho-young. 2019. Tata Bahasa Korea Praktis Pemula. Jakarta: Penerbit Erlangga

Choi, Chun Ja. 2020. Perbandingan Idiom Bahasa Indonesia dan Bahasa Korea dengan Konten Karakter serta Pemanfaatannya untuk Buku Pengayaan BIPA. Tesis tidak diterbitkan. Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Djajasudarma, Fatimah. 2010. Metoda Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refika Aditama

Nurnovika, Aulia. 2019. Perbandingan Partikel Preposisi Bahasa Indonesia dan Bahasa Korea: Sebuah Analisis Kontrastif. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7 (1) , 11-24.

Puspita, Dewi Sari dan Saifuddin Mahmud, 2018. Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Target bagi Penutur Bahasa Korea di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Bahasa dan Sastra, 12 (1), 62-71.

Soedibyo, Mooryati. 2004. Analisis Kontrastif: Kajian Penerjemah Frasa Nomina. Surakarta: Pustaka Cakra

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa. Bandung: Percetakan ANGKASA

Wijana, I Dewa Putu dan Muhamad Rohmadi. 2017.Semantik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka

Published
18-11-2023
How to Cite
Lela Fadilah, Odien Rosidin, & Dase Erwin Juansah. (2023). Analisis Kosakata Homonim Bahasa Korea dan Bahasa Indonesia (Kajian Analisis Kontrastif). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1609-1616. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3126
Section
Articles