Efektivitas Penerapan Strategi Pair Check terhadap Kemampuan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone

  • Suhardiman Suhardiman Universitas Muhammadiyah Bone
  • Nurmi Nurmi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muhammad Rusdi Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muhammad Idris Universitas Muhammadiyah Bone
Keywords: Efektivitas, Pair Check, Menulis Narasi

Abstract

Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi pair check terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone; dan (2) membuktikan keefektifan strategi pair check terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan sampel penelitian  sebanyak 46 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone yang terdiri  atas siswa kelas VIIIA  sebanyak 23 orang siswa dan kelas VIIIC sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes terhadap dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Kelas eksperimen adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone kelas eksperimen menggunakan penerapan strategi Pair Check dan siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran metode konvensional. Analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Penerapan Strategi Pair Cheks terhadap Kemampuan`Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone  berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa kelas eksprimen pada pretes dan postes berturut-turut adalah 71 dan 84. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas kontrol, untuk pretes yaitu 58 dan untuk postes yaitu 65. Kedua nilai ini berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara efektivitas penerapan strategi Pair Check terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone dengan pembelajaran kemampuan menulis narasi dengan menggunakan metode konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akidah, Ihramsari. 2012. “Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Antara yang Berbasis Media Gambar dengan berbasis Media Lingkungan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Makassar”. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Alwi, Hasan. Dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ambo, Enre, Fachruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: IKIP Ujungpandang.

Faiq, Muhammad. 2013. “Metode Pair Check”. Online. http://penelitian-tindakan-kelas.blogspot.com/2013/01/strategi-pembelajaran-pairs-checks-model-kooperatif..html. Diakses tanggal 3 Januari 2014.

Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Malang: Pustaka Pelajar.

Junus, Andi Muhammad.2002. Keterampilan Menulis. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Lie, Anita. 2007. Cooverative Learning. Jakarta: Grasindo

Mustakim. 1993. Membina Kemampuan Berbahasa. Panduan Kearah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.

Natia, I. K. 1994. Bimbingan Mengarang. Surabaya: Arkola.

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Nunan, David. 1991. Second language: Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle Publishers.

Nurhadi. 2005. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Malang: Universitas Negeri Malang.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sukmadinata, Nana Syaodik. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Syafi’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
01-11-2023
How to Cite
Suhardiman, S., Nurmi, N., Muhammad Rusdi, & Muhammad Idris. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Pair Check terhadap Kemampuan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1531-1543. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.3070
Section
Articles