Efektivitas Penerapan Strategi Pair Check terhadap Kemampuan Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone
Abstract
Tujuan penelitian untuk (1) mendeskripsikan penerapan strategi pair check terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone; dan (2) membuktikan keefektifan strategi pair check terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan sampel penelitian sebanyak 46 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone yang terdiri atas siswa kelas VIIIA sebanyak 23 orang siswa dan kelas VIIIC sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes terhadap dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Kelas eksperimen adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone kelas eksperimen menggunakan penerapan strategi Pair Check dan siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran metode konvensional. Analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Penerapan Strategi Pair Cheks terhadap Kemampuan`Menulis Narasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa kelas eksprimen pada pretes dan postes berturut-turut adalah 71 dan 84. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas kontrol, untuk pretes yaitu 58 dan untuk postes yaitu 65. Kedua nilai ini berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara efektivitas penerapan strategi Pair Check terhadap kemampuan menulis narasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palakka Kabupaten Bone dengan pembelajaran kemampuan menulis narasi dengan menggunakan metode konvensional.
Downloads
References
Akidah, Ihramsari. 2012. “Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi Antara yang Berbasis Media Gambar dengan berbasis Media Lingkungan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Makassar”. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Alwi, Hasan. Dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ambo, Enre, Fachruddin. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: IKIP Ujungpandang.
Faiq, Muhammad. 2013. “Metode Pair Check”. Online. http://penelitian-tindakan-kelas.blogspot.com/2013/01/strategi-pembelajaran-pairs-checks-model-kooperatif..html. Diakses tanggal 3 Januari 2014.
Furchan, Arief. 2007. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Malang: Pustaka Pelajar.
Junus, Andi Muhammad.2002. Keterampilan Menulis. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Keraf, Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Lie, Anita. 2007. Cooverative Learning. Jakarta: Grasindo
Mustakim. 1993. Membina Kemampuan Berbahasa. Panduan Kearah Kemahiran Berbahasa. Jakarta: Gramedia.
Natia, I. K. 1994. Bimbingan Mengarang. Surabaya: Arkola.
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Nunan, David. 1991. Second language: Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
Nurhadi. 2005. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Malang: Universitas Negeri Malang.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sukmadinata, Nana Syaodik. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Syafi’ie, Imam. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Copyright (c) 2023 Suhardiman, Nurmi Nurmi, Muhammad Rusdi, Muhammad Idris
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.