Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Model Real Life Situation Untuk Mengeksplorasi Pengalaman Belajar Mahasiswa dalam Pengajaran English For Tourism
Abstract
Banyak startegi pembelajaran yang telah dilakukan oleh para pendidik untuk mewujudkan tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Bagaimanapun juga peningkatan kualitas pendidiksn harus di lakukan oleh guru melalui berbagai teknik mengajar. Khususnya dalam pembelajaran EFT, salah satu strategi pembelajaran yang digunakan adalah model Real Life Situation. Tujuan dosen menggunakan metode ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai mata kuliah ini. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa persepsi mahasiswa tentang penrapan model Real Life Situation dalam pembelajaran EFT diantaranya sebagai berikut: a. mahasiswa mampu mengeksplor lebih jauh tentang materi English for Tourism, b. mahasiswa terlibat langsung dalam pembelajaran, c. lebih mudah dipahami, d. mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar, e. mendorong mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi situasi kehidupan nyata dalam pekerjaan di bidang pariwisata, dan f. berkesan.
Downloads
References
Asfuri, Ali. 2020. “Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin.” IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology 2(1):84–111.
Dasna, I.Wayan.(2005). Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas. 5 September 2005
Fadlillah, H. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode . Jurnal Penelitian
Pendidikan Universitas , 33-34
Fedi, Sebastianus. 2013. “ Pengertian Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi dalam Pembelajaran di Kelas”. Blogspot.com. http://tyanfedi.blogspot.com/2013/09/pengertian-eksplorasi-elaborasi-dan.html
Hadi, Syamsyu. 2011. “Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Melalui Media Visual Berbasis Macromedia Flash Mx”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. https://media.neliti.com/media/publications/62127-ID-peningkatan-pemahaman-mahasiswa-pada-mat.pdf
Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Muljadi, A.J. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Masni, H. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5 (1), 34-45.
Kamus Besar Bahasa Indonesia.2008. Jakarta: Pusat Bahasa Indonesia.
NN. “Panduan Kegiatan Pembelajaran Ekplorasi, Elaborasi, Dan Konfirmasi”. Jakarta: SMAN http://sman78jkt.sch.id/sumberbelajar/dokumen/PANDUAN%20KEGIATAN%20EKS,EL,%20KONF(1).pdf
__.Pengalaman Kerja Industri. state university established in the Special Region of Yogyakarta, Indonesia in 1964.
Prihartanta , W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14
Ruang Guruku. 2022. Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar. https://ruangguruku.com/keterlibatan-siswa-dalam-proses-belajar-mengajar/
Sarto, I. (2020). Rambu Tuka’Sebagai Pemersatu Empat Kasta di Toraja. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(4), 307-313.
Sugiama, A Gima. 2013. Manajemen Aset Pariwisata: Pelayanan Berkualitas Agar Wisatawan Puas dan Loyal. Bandung: Guardaya Intimarta.
Zain, Nisfun Laily. 2017. “Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Nomosleca 3(2).
Wikipedia. 2023. “Eksplorasi”.https://id.wikipedia.org/wiki/Eksplorasi#:~:t ext=Eksplorasi%2C%20 disebut%20juga%20penjelajahan%20atau,gua%2C%20air%2C%20ataupun%20informasi.
Copyright (c) 2023 Yizrel Nani Sallata, Linerda Tulak Tondok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.