Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Model Real Life Situation Untuk Mengeksplorasi Pengalaman Belajar Mahasiswa dalam Pengajaran English For Tourism

  • Yizrel Nani Sallata Universitas Kristen Indonesia
  • Linerda Tulak Tondok Universitas Kristen Indonesia
Keywords: Real Life Situation, model pembelajaran, presepsi

Abstract

Banyak startegi pembelajaran yang telah dilakukan oleh para pendidik untuk mewujudkan tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Bagaimanapun juga peningkatan kualitas pendidiksn harus di lakukan oleh guru melalui berbagai teknik mengajar. Khususnya dalam pembelajaran EFT, salah satu strategi pembelajaran yang digunakan adalah model Real Life Situation. Tujuan dosen menggunakan metode ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai mata kuliah ini. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan beberapa persepsi mahasiswa tentang penrapan model Real Life Situation dalam pembelajaran EFT diantaranya sebagai berikut: a. mahasiswa mampu mengeksplor lebih jauh tentang materi English for Tourism,  b. mahasiswa terlibat langsung dalam pembelajaran, c. lebih mudah dipahami, d. mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar, e. mendorong  mahasiswa mempersiapkan diri menghadapi situasi kehidupan nyata dalam pekerjaan di bidang pariwisata, dan f. berkesan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfuri, Ali. 2020. “Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin.” IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology 2(1):84–111.

Dasna, I.Wayan.(2005). Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dalam Pembelajaran Kimia. Makalah Seminar Nasional MIPA dan Pembelajarannya. FMIPA UM – Dirjen Dikti Depdiknas. 5 September 2005

Fadlillah, H. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode . Jurnal Penelitian

Pendidikan Universitas , 33-34

Fedi, Sebastianus. 2013. “ Pengertian Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi dalam Pembelajaran di Kelas”. Blogspot.com. http://tyanfedi.blogspot.com/2013/09/pengertian-eksplorasi-elaborasi-dan.html

Hadi, Syamsyu. 2011. “Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Melalui Media Visual Berbasis Macromedia Flash Mx”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. https://media.neliti.com/media/publications/62127-ID-peningkatan-pemahaman-mahasiswa-pada-mat.pdf

Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Muljadi, A.J. 2009. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Masni, H. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5 (1), 34-45.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.2008. Jakarta: Pusat Bahasa Indonesia.

NN. “Panduan Kegiatan Pembelajaran Ekplorasi, Elaborasi, Dan Konfirmasi”. Jakarta: SMAN http://sman78jkt.sch.id/sumberbelajar/dokumen/PANDUAN%20KEGIATAN%20EKS,EL,%20KONF(1).pdf

__.Pengalaman Kerja Industri. state university established in the Special Region of Yogyakarta, Indonesia in 1964.

Prihartanta , W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14

Ruang Guruku. 2022. Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar. https://ruangguruku.com/keterlibatan-siswa-dalam-proses-belajar-mengajar/

Sarto, I. (2020). Rambu Tuka’Sebagai Pemersatu Empat Kasta di Toraja. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulsel, 1(4), 307-313.

Sugiama, A Gima. 2013. Manajemen Aset Pariwisata: Pelayanan Berkualitas Agar Wisatawan Puas dan Loyal. Bandung: Guardaya Intimarta.

Zain, Nisfun Laily. 2017. “Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Nomosleca 3(2).

Wikipedia. 2023. “Eksplorasi”.https://id.wikipedia.org/wiki/Eksplorasi#:~:t ext=Eksplorasi%2C%20 disebut%20juga%20penjelajahan%20atau,gua%2C%20air%2C%20ataupun%20informasi.

Published
09-09-2023
How to Cite
Yizrel Nani Sallata, & Linerda Tulak Tondok. (2023). Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Model Real Life Situation Untuk Mengeksplorasi Pengalaman Belajar Mahasiswa dalam Pengajaran English For Tourism. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1023-1034. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2839
Section
Articles