Representasi Maskulinitas Lelaki Abad 21 dalam Lirik Lagu Pop Indonesia
Abstract
Konsep maskulinitas dapat bergeser sesuai dengan kondisi budaya dan sosial. Konsep baru maskulinitas tergambarkan pada banyak kebudayaan. Salah satunya pada lirik lagu sebuah musik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan representasi maskulinitas lelaki abad 21 dalam lirik lagu pop Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode dalam penelitian ini adalah analisis isi pada lirik lagu. Data penelitian dikumpulkan dari lagu pop berjudul “Komang” karya Raim Laode, “Duka” dari Last Child, dan “Rumah Singgah” karya Fabio Asher. Pemilihan lagu tersebut didasarkan pada Top Spotify Indonesia tahun 2023. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara simak dan catat. Teori maskulinitas yang digunakan, yaitu teori maskulintas Janet Saltzman Chafetz. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 3 ciri maskulinitas yang merepresentasikan lelaki abad 21, yaitu ciri emosional, intelektual, dan karakter pribadi. Representasi emosional, yang di dalamnya terdapat dua temuan yakni lelaki dengan kontrol emosi stabil dan tidak stabil dalam tiga lagu top Indonesia tersebut. Selanjutnya ciri dimensi intelektual dalam temuan ini ditemukan bahwa laki-laki berpikir logis. Selain dimensi di atas, juga terdapat ciri dimensi karakter pribadi yang terdiri dari karakter pribadi egois, karakter pribadi bangga, dan karakter pribadi moral. Persepsi terhadap maskulinitas diharapkan mampu lebih inklusif dan reflektif. Tentunya agar terjadi kesetaraan gender dalam kehidupan sehari-sehari.
Downloads
References
Åker, P. (2017). Spotify as the soundtrack to your life : Encountering music in the customized archive. Streaming Music, 81–104. https://doi.org/10.4324/9781315207889-6
Albelda, J. S., & Infantes, A. T. (2017). Logic Practices in The Process of Construction of Masculinity of Valencian Men: Street, Risk, Football and Ark. Masculinidades Y Cambio Social= Masculinities & Social Change, 6(2), 96–118. https://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/mcs/
Anggraeni, W. M., Yarno, Y., & Hermoyo, R. P. (2019). Pesan Nilai-Nilai Motivasi pada Lirik Lagu Album Monokrom (Kajian Semiotika Model Charles Sander Peirce). Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 67–81. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/article/view/2443/1756
Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68–75. https://doi.org/10.29210/02379JPGI0005
Barker, C. (2007). Cultural Studies: Theory and Practice. Inggris: Sage Publications.
Chafetz, J. S. (1974). Handbook of The Sociology of Gender. New York: Plenum Publishers.
Christie, B., Hadi, I. P., & Wahjudianata, M. (2020). Representasi Maskulinitas Perempuan dalam Film “My Stupid Boss 2.” Jurnal E-Komunikasi, 8(2), 1–11. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/11120
Dewi, D. P., & Danela, H. G. (2021). Maskulinitas dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer dan Implikasinya dengan Pembelajaran Menganalisis Pesan dari Buku Fiksi. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 9–14. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1399
Djayapranata, G. F. (2022). Apakah Kepemilikan Materi pada Orang yang Memiliki Nilai Materialisme Selalu Berdampak Pada Rasa Bangga? INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(3), 384–392. https://doi.org/10.31842/JURNALINOBIS.V5I3.237
Donaldson, M. (1993). What Is Hegemonic Masculinity? on JSTOR. Theory and Society, 22(5), 643–657. https://www.jstor.org/stable/657988
Fadilah, J., Widarti, & Andriana, D. (2021). Representasi Maskulinitas Tokoh Lelaki dalam Film Susah Sinyal. Jurnal Komunikasi, 12(2), 137–143. https://scholar.archive.org/work/e7ya2uugovcdxli6sxt7q5wpei/access/wayback/https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/download/11441/pdf
Fadryona, R. (2020). The Spotify Effect: Peranan Spotify for Artists dalam Industri Musik 4.0. Jurnal InterAct, 9(2), 96–109. https://doi.org/10.25170/INTERACT.V9I2.2188
Hamdan, S. (2022). Superior, Violent and Aggressive: Hegemonic Masculinity in Arabic Music Videos. Arab Media and Society, 45–62. https://www.arabmediasociety.com/
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148–156. https://doi.org/10.24014/JP.V15I2.7740
Hidayah, B., & Hariyadi, S. (2019). “Siapa yang Lebih Terampil Mengelola Konflik Rumah Tangga?” Perbedaan Manajemen Konflik Awal Perkawinan Berdasarkan Gender. Jurnal Psikologi Sosial, 17(1), 12–20. https://doi.org/10.7454/JPS.2019.3
Hidayatullah, D. (2017). Interseksi Maskulinitas dan Agama dalam Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A. A. Navis. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 139–155. https://doi.org/10.14421/AJBS.2017.01201
Holth, L., & Mellstrom, U. (2011). Revisiting Engineering, Masculinity and Technology Studies: Old Structures with New Openings. International Journal of Gender, Science and Technology, 3(2), 313–329. https://genderandset.open.ac.uk/index.php/genderandset/article/view/134
Iryanti, M., Priyatna, A., Mulyadi, R. M., & Raya Bandung Sumedang, J. K. (2017). The Construction of Fathers New Masculinity in South Korea Variety Show Superman is Back. Humaniora, 8(4), 339–348. https://doi.org/10.21512/HUMANIORA.V8I4.3951
Jannah, S., Ramli, M., & AT, A. M. (2019). Karakteristik Pribadi Altruis Konselor Dalam Syair Lagu Madura (Kajian Hermeneutika Gadamerian). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 712–719. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V4I6.12479
Kamil, M. A. Z. Al. (2022). Just World Belief: Penilaian terhadap Keadilan Dunia bagi Laki-laki dan Perempuan dalam Hubungan Cinta. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 2(1), 110–121. https://doi.org/10.18860/JIPS.V2I1.16025
Khoiruddin, A., Muhtarom, I., & Mujtaba, S. (2023). Ketidakadilan Gender dalam Kumpulan Naskah Drama Anak Bulan Kuning Karya Anom Ranuara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 161–172. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2147
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis : an Introduction to Its Methodology. New York : Sage Publication.
Muslich, M. (2022). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Natalie, M. B., Putra, F. W., & Rossafine, T. D. (2022). Studi Tokoh Utama Film Mulan: Analisis Resepsi terhadap Hegemoni Maskulinitas. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.37715/CALATHU.V4I1.2504
Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.24912/JK.V10I1.1102
Nugraha, D. (2021). Representasi Maskulinitas di Tahun 1970-1980an dalam Lagu Ebiet G. Ade. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.30957/LINGUA.V18I1.668
Nugraha, S., Heryati, Y., & Adinugroho, I. (2021). Lirik Lagu “7 Rings” Ariana Grande Sebagai Representasi Gaya Hidup Hedonisme dan Konsumerisme: Suatu Pemaknaan Semiotika. Wanastra : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(2), 161–172. https://doi.org/10.31294/w.v12i1
Nugroho, R. (2008). Gender dan Strategi Pengarus-Utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Octaningtyas, V. A. (2017). Representasi Maskulinitas Boyband dalam Video Klip. Jurnal Kemadha, 7(2), 57–68. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/kmd/article/view/169
Prasetiyo, A. B. (2022). Gambaran Maskulinitas dalam Iklan Kopi Caffino di Instagram. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 50–62. https://doi.org/10.35508/JIKOM.V11I1.5530
Pratiwi, H. A., & Wiyanti, E. (2017). Representasi Kesetaraan Gender pada Iklan (Tinjauan Semiotika Citra Laki-Laki dalam Keluarga pada Iklan Televisi). Jurnal Desain, 4(03), 212–230. https://doi.org/10.30998/JURNALDESAIN.V4I03.1634
Purnama, S. D., Effendy, C., & Wartiningsih, A. (2019). Maskulinitas Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerita Pendek Nadira Karya Leila S. Chudori. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/JPPK.V8I2.31399
Ramadhana, M. B., Firmansyach, T. A., & R, M. A. F. (2020). Representasi Identitas Maskulinitas dalam Iklan Rokok Gudang Garam Pria Punya Selera. Jurnal Audiens, 1(2), 229–236. https://doi.org/10.18196/JA.12028
Rosida, I., Merdeka, P., Chaliza, A. N., Nisa, A. A., & Sodikin, M. (2022). Toxic masculinity in Michael Rohrbaugh’s American Male. LITERA, 21(1), 66–80. https://doi.org/10.21831/LTR.V21I1.39792
Sellnow, D. D. (2010). Music as Persuasion: Refuting Hegemonic Masculinity in “He Thinks He’ll Keep Her.” Women’s Studies in Communication, 22(1), 66–84. https://doi.org/10.1080/07491409.1999.10162562
Seruni, P. I. P. P., & Islam, M. A. (2023). Sisik Melik Ekspektasi Gender: Karakter Abang Salleh pada Tv Series Upin dan Ipin. BARIK, 4(3), 13–28. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/50828
Sholikha, M. (2020). Maskulinitas dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy. Bapala, 7(1), 1–17. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/33481
Sugiarti, S., Andalas, E. F., & Bhakti, A. D. P. (2022). Representasi maskulinitas laki-laki dalam cerita rakyat nusantara. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 181–196. https://doi.org/10.22219/KEMBARA.V8I1.18245
Suryanti, & Ikayulianti, Y. (2022). Monograf Tertawa Menurunkan Tingkat Depresi. Tahta Media.
Teguh, P. ., Salsabila, T., Ramadani, T., & Bagoes Kusuma, F. (2020). Analisis Respresentasi Maskulinitas Pada Tokoh Juno Film “Ku Cumbu Tubuh Indahku.” Jurnal Syntax Transformation, 1(08), 531–540. https://doi.org/10.46799/JST.V1I8.136
Ulya, C., Setyawan, B., Liliani, E., & Inderasari, E. (2021). Relasi Laki-laki dan Perempuan dalam Konstruksi Maskulinitas Jawa pada Lagu Dangdut Koplo. Jurnal.Isi-Dps.Ac.Id, 36(3), 271–279. http://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/1342
Wahyuningtyas, V. N., & Agustiana, N. D. (2020). Resepsi Mahasiswa Terhadap Maskulinitas melalui Fashion Idol Kpop. KOMASKAM, 2(1), 32–47. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/250
Wardani, A. N. (2018). Hegemoni Maskulinitas dalam Under The Greenwood Tree Karya Thomas Hardy. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 2(2), 68–78. https://doi.org/10.22219/SATWIKA.V2I2.7988
Yuliani, Y., Supriadi, O., & Suntoko, S. (2023). Ketidakdilan Gender Dalam Novel Di Balik Dinding Penampungan Karya Woro Januarti. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2138
Yuliyanti, F. D., Bajari, A., & Mulyana, S. (2017). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi Pond’s Men #Lelakimasakini (Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Representasi Maskulinitas). Jurnal Komunikasi, 9(1), 16–30. https://doi.org/10.24912/JK.V9I1.180
Copyright (c) 2023 Naufal Allam Gumelar, Aprilia Rizki Arifah, Chafit Ulya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.