Analisis Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) pada Siswa SLB

  • Hajrah Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Azis Universitas Negeri Makassar
  • Ilma Rahim Universitas Negeri Makassar
Keywords: kosakata kekkosakata kekerabatan 1, ABK 2, BISINDO3

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan  mendeskripsikan penguasaan BISINDO kosakata istilah kekerabatan pada siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros. Populasi penelitian ini adalah siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros yang berjumlah 88 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 30 siswa ABK tuna wicara SLB Kabupaten Maros. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan pertimbangan subjek yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang homogen. Teknik dalam mengumpulkan data adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan BISINDO kosakata istilah kekerabatan pada siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros dikategorikan cukup. Hal ini disebabkan oleh hasil perolehan persentase yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 9 siswa (30%) dan yang memperoleh nilai 75 ke bawah sebanyak 21 siswa (70%). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan BISINDO siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros tersebut belum mencapai kriteria yaitu 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Alwi, Hasan. dkk. (2014). Tata Bahasa Baku Basa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Amalia, Riski. (2018). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Autis di SKK Bangun Bangsa Surabaya. Laporan Hasil Penelitian. Surabaya: UNESA.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azis. Abdul (2017). “Analisis Penguasaan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) pada Siswa SLB Kabupaten Maros”. Laporan Hasil Penelitian. Makassar: LPM UNM.
Azis, Abdul. (2019). “Pemanfaatan Strategi Critical Incedent dalam Pembelajaran Menulis Cerpen”. Sirok Sastra Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan ISSN: P-2354-7200 (e)-2621-2013 Volume 7 Nomor 2 (2019). Hal. 195. S.d. 206
Azis, Abdul. (2020). Optimalisasi Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia: Suatu Monograf. Garut Jawa Barat: Yayasan Al Fatah
Azis, Abdul and Sumarni. (2022a). “Utilization of Photo Story Media in Learning To Write Narrative Arrangements Genre-Based Approach”. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 15, No 1, February 2022 DOI: 10.26858/retorika.v15i1.32968
Azwandi, Yosfan. (2015). Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Depdiknas Dirjendikti Ditbinptk Dikti.
Cronsberry, Jennifer. (2014). Word Wall A Support for Literacy in Secondary School Classroom (online). (http://www.wfu.edu/education) diakses tanggal 15 November 2015).
Danuatmaja. B. (2013). Terapi Anak Autis di Rumah. Jakarta: Puspa Suara.
Fahruddin dan Jamaris. M. (2015). Peningkatan Penguasan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan. Vol 3. No 2. 1-41.
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Maulana, Mirza. (2019). Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas Dan Sehat . Jogjakarta: Kata Hati.
Rusmajadi, Jodih. (2017). Terampil Berbahasa Inggris (Beberapa Tips Mengajar Bahasa Inggris). Jakarta: Indeks.
Soedjito. (2012). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Graevaluasi Pustaka Utama.
Sunaryo dan Sunardi. (2017). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Tarigan, H. G. (2014). Metodologi Pengajaran Bahasa (Suatu Penelitian Kepustakaan). Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H.G. (2014b). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Published
22-10-2023
How to Cite
Hajrah, Azis, A., & Ilma Rahim. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) pada Siswa SLB. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1396-1402. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2717
Section
Articles