Analisis Penggunaan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) pada Siswa SLB
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bertujuan mendeskripsikan penguasaan BISINDO kosakata istilah kekerabatan pada siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros. Populasi penelitian ini adalah siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros yang berjumlah 88 siswa. Adapun sampel yang ditetapkan sebanyak 30 siswa ABK tuna wicara SLB Kabupaten Maros. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh dengan pertimbangan subjek yang diteliti mempunyai sifat dan kemampuan yang homogen. Teknik dalam mengumpulkan data adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan BISINDO kosakata istilah kekerabatan pada siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros dikategorikan cukup. Hal ini disebabkan oleh hasil perolehan persentase yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 9 siswa (30%) dan yang memperoleh nilai 75 ke bawah sebanyak 21 siswa (70%). Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan BISINDO siswa SLB Minasa Baji Kabupaten Maros tersebut belum mencapai kriteria yaitu 75%.
Downloads
References
Alwi, Hasan. dkk. (2014). Tata Bahasa Baku Basa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Amalia, Riski. (2018). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Autis di SKK Bangun Bangsa Surabaya. Laporan Hasil Penelitian. Surabaya: UNESA.
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azis. Abdul (2017). “Analisis Penguasaan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) pada Siswa SLB Kabupaten Maros”. Laporan Hasil Penelitian. Makassar: LPM UNM.
Azis, Abdul. (2019). “Pemanfaatan Strategi Critical Incedent dalam Pembelajaran Menulis Cerpen”. Sirok Sastra Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan ISSN: P-2354-7200 (e)-2621-2013 Volume 7 Nomor 2 (2019). Hal. 195. S.d. 206
Azis, Abdul. (2020). Optimalisasi Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia: Suatu Monograf. Garut Jawa Barat: Yayasan Al Fatah
Azis, Abdul and Sumarni. (2022a). “Utilization of Photo Story Media in Learning To Write Narrative Arrangements Genre-Based Approach”. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 15, No 1, February 2022 DOI: 10.26858/retorika.v15i1.32968
Azwandi, Yosfan. (2015). Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Depdiknas Dirjendikti Ditbinptk Dikti.
Cronsberry, Jennifer. (2014). Word Wall A Support for Literacy in Secondary School Classroom (online). (http://www.wfu.edu/education) diakses tanggal 15 November 2015).
Danuatmaja. B. (2013). Terapi Anak Autis di Rumah. Jakarta: Puspa Suara.
Fahruddin dan Jamaris. M. (2015). Peningkatan Penguasan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan. Vol 3. No 2. 1-41.
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Maulana, Mirza. (2019). Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas Dan Sehat . Jogjakarta: Kata Hati.
Rusmajadi, Jodih. (2017). Terampil Berbahasa Inggris (Beberapa Tips Mengajar Bahasa Inggris). Jakarta: Indeks.
Soedjito. (2012). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Graevaluasi Pustaka Utama.
Sunaryo dan Sunardi. (2017). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Tarigan, H. G. (2014). Metodologi Pengajaran Bahasa (Suatu Penelitian Kepustakaan). Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H.G. (2014b). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Copyright (c) 2023 Hajrah, Abdul Azis, Ilma Rahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.