Pengembangan Model Media Circle Of Fun Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Abstract
Penguasaan bahasa menjadi penting karena akses dunia digital sebagian besar menggunakan bahasa sebagai pengantarnya. Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Sedangkan jenis pengumpulan data yang dipakai yaitu jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari validasi ahli media, ahli pembelajaran, ahli bahasa, guru, hasil tes siswa. Sedangkan data kualitatif bersumber dari validasi tiga ahli tersebut, kuisoner siswa, guru, observer. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif. Data tersebut selanjutnya direkap, dievaluasi kemudian digunakan sebagai acuan untuk melakukan revisi pada media pembelajaran circle of fun. Hasil analisis menunjukan media circle of fun layak di terapkan saat pembelajaran pada materi fruit and vegetables. Implikasi dari penelitian ini adalah seorang guru harus lebih kreatif dalam memanfaatkan media pada saat proses pembelajaran.
Downloads
References
Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. 1120–1126.
Andini, A. M., Soenarko, B., & Basori, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Didukung Media Visual Pada Pembelajaran IPA Dalam Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam The Effectiveness Of The Inside Outside Circle Learning Model Supported By Visual Media In The Learning Of Science In. 249–264.
Asnidar, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Fonologi Bahasa Indonesia. 8(1), 13–21.
Benu, A. Y., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Card Match. April, 175–180.
D Yatimah, S Solihin, A. A. and R. S. (2019). Jigsaw learning model base on cooperative instructional strategies to improve academic discussion in adult education on environment concepts Jigsaw learning model base on cooperative instructional strategies to improve academic discussion in adult educati. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/3/033039
Daulay, M. I. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. 7, 24–34.
Limbong, J. L., & SUPARMAN, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).
Halimah, A., Dahlan, M., Bahasa, P., & Muhammadiyah, U. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. 8(2), 818–825.
Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981
Harahap, M., Riau, U. I., & Siregar, L. M. (2018). Mengembangkan Sumber dan Media Pembelajaran. January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19282.86721
Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.
Karnadi, K., Sasmita, K., Badrudin, B., Palenewen, E., & Solihin, S. (2021). Diamond Touch ( DT ) based on hyperactive game in applying the concept of life science in early childhood education Diamond Touch ( DT ) based on hyperactive game in applying the concept of life science in early childhood education. Journal of Physics: Conference Series, 1760(012014), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012014
Mustafidah, ul. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Dalam Mengatasi Kesulitan Pemahaman Materi IPA SMP Saat Daring. 1. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces
Ristekdikti, A., Rosmiati, M., Studi, P., Informasi, S., Informasi, F. T., Bina, U., & Informatika, S. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. XXI(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v20i2
Rizkia, A. T. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Media Audio Visual pada Kelas VIII SMP Negeri 4 Klari. 9(1), 12–19.
S, I. R. K.-K., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, 7(1), 91–96.
Sasmita, K., Palenewen, E., K Karnadi, S. S., & Badrudin, A. (2021). What ’ s App integrity in the life science concept during the covid-19 pandemic What ’ s App integrity in the life science concept during the covid-19 pandemic. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012028
Sastaparamitha, N. A. J. (2021). Media Sosial dan Pembelajaran : Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Made Lisma Martarini Ayu Riska Yulianti Pendahuluan. 7(2), 375–382.
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. 2(1).
Yatimah, D., Puspitaningrum, R., S, S., & Adman. (2018). Development of Instructional Media Environmental-based Child Blood Type Detector Cardboard ( KAPODA ) Formal and Informal Education Development of Instructional Media Environmental-based Child Blood Type Detector Cardboard ( KAPODA ) Formal and Informal E. IOP Publishing, 434(012236), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012236
Yusuf, A. B., & Dahlan, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Model Investigasi Kelompok dan Media Visual pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar Pendahuluan. 7(2), 541–552.
Zulham, M. (2021). Respons Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Berbasis Audio Visual. 7(2), 754–761.
Copyright (c) 2024 Khairu Nikmah, Murtadlo Murtadlo, Juhana Juhana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.