Pengembangan Model Media Circle Of Fun Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • Khairu Nikmah Universitas Terbuka
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Terbuka
  • Juhana Juhana Universitas Terbuka
Keywords: Media, bahasa, circle, hasil, belajar

Abstract

Penguasaan bahasa menjadi penting karena akses dunia digital sebagian besar menggunakan bahasa sebagai pengantarnya. Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Sedangkan jenis pengumpulan data yang dipakai yaitu jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari validasi  ahli media, ahli pembelajaran, ahli bahasa, guru, hasil tes siswa. Sedangkan data kualitatif bersumber dari validasi tiga ahli tersebut, kuisoner siswa, guru, observer. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif. Data tersebut selanjutnya direkap, dievaluasi kemudian digunakan sebagai acuan untuk melakukan revisi pada media pembelajaran circle of fun. Hasil analisis menunjukan media circle of fun layak di terapkan saat pembelajaran pada materi fruit and vegetables. Implikasi dari penelitian ini adalah seorang guru harus lebih kreatif dalam memanfaatkan media pada saat proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. 1120–1126.

Andini, A. M., Soenarko, B., & Basori, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inside Outside Circle Didukung Media Visual Pada Pembelajaran IPA Dalam Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam The Effectiveness Of The Inside Outside Circle Learning Model Supported By Visual Media In The Learning Of Science In. 249–264.

Asnidar, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Video dalam Pembelajaran Fonologi Bahasa Indonesia. 8(1), 13–21.

Benu, A. Y., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Card Match. April, 175–180.

D Yatimah, S Solihin, A. A. and R. S. (2019). Jigsaw learning model base on cooperative instructional strategies to improve academic discussion in adult education on environment concepts Jigsaw learning model base on cooperative instructional strategies to improve academic discussion in adult educati. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/3/033039

Daulay, M. I. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. 7, 24–34.

Limbong, J. L., & SUPARMAN, S. (2018). Kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIII Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1).

Halimah, A., Dahlan, M., Bahasa, P., & Muhammadiyah, U. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. 8(2), 818–825.

Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981

Harahap, M., Riau, U. I., & Siregar, L. M. (2018). Mengembangkan Sumber dan Media Pembelajaran. January. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19282.86721

Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.

Karnadi, K., Sasmita, K., Badrudin, B., Palenewen, E., & Solihin, S. (2021). Diamond Touch ( DT ) based on hyperactive game in applying the concept of life science in early childhood education Diamond Touch ( DT ) based on hyperactive game in applying the concept of life science in early childhood education. Journal of Physics: Conference Series, 1760(012014), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012014

Mustafidah, ul. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Dalam Mengatasi Kesulitan Pemahaman Materi IPA SMP Saat Daring. 1. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces

Ristekdikti, A., Rosmiati, M., Studi, P., Informasi, S., Informasi, F. T., Bina, U., & Informatika, S. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. XXI(2), 261–268. https://doi.org/10.31294/p.v20i2

Rizkia, A. T. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi dengan Media Audio Visual pada Kelas VIII SMP Negeri 4 Klari. 9(1), 12–19.

S, I. R. K.-K., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM, 7(1), 91–96.

Sasmita, K., Palenewen, E., K Karnadi, S. S., & Badrudin, A. (2021). What ’ s App integrity in the life science concept during the covid-19 pandemic What ’ s App integrity in the life science concept during the covid-19 pandemic. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012028

Sastaparamitha, N. A. J. (2021). Media Sosial dan Pembelajaran : Study Efektifitas Instagram dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Made Lisma Martarini Ayu Riska Yulianti Pendahuluan. 7(2), 375–382.

Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. 2(1).

Yatimah, D., Puspitaningrum, R., S, S., & Adman. (2018). Development of Instructional Media Environmental-based Child Blood Type Detector Cardboard ( KAPODA ) Formal and Informal Education Development of Instructional Media Environmental-based Child Blood Type Detector Cardboard ( KAPODA ) Formal and Informal E. IOP Publishing, 434(012236), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012236

Yusuf, A. B., & Dahlan, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi dengan Model Investigasi Kelompok dan Media Visual pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 21 Kota Makassar Pendahuluan. 7(2), 541–552.

Zulham, M. (2021). Respons Mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Berbasis Audio Visual. 7(2), 754–761.

Published
06-02-2024
How to Cite
Nikmah, K., Murtadlo, M., & Juhana, J. (2024). Pengembangan Model Media Circle Of Fun Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 810-819. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.2695
Section
Articles