Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII.C SMP Datok Sulaiman Palopo pada Materi Teks Narasi (Cerita Imajinasi)

  • ummu Qalsum SMP Datok Sulaiman Palopo
Keywords: Peningkatan hasil belajar, model pembelajaran kooperatif dengan tipe numbered heads together

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.C SMP Datok Sulaiman Palopo Palopo pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 orang. Pada pelaksanaannya siswa dibagi dalam 6 kelompok heterogen yang terdiri dari 5-6 orang. Siklus I dan siklus II masing-masing dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Dari data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus I berada dalam kategori “sedang” dengan skor rata-rata 61,03 dan standar deviasi 5,93, skor tertinggi 71 dan skor terendah 49 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. (2) Hasil belajar bahasa Indonesia siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siklus II berada dalam kategori “tinggi” dengan skor rata-rata 70,73 dan standar deviasi 7,72, skor tertinggi 88 dan skor terendah 60 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. Selain itu, juga terungkap bahwa semangat, keberanian dan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan selama proses pembelajaran berlangsung setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. 1990. Pengelolaan Pendidikan dan Pengajaran. Ujung Pandang. CV Bintang Selatan.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyan, dkk. 2019. Buku pegangan Pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyati. 1990. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Hasriati, Titik. 2013. Asesmen Pembelajaran Literasi Membaca dan Menulis. Jakarta: UM Press.
----------------, 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
----------------,2013. Asesmen Pembelajaran Literasi Membaca dan Menulis. Jakarta: UM Press.
Nana Sudjana, 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaya Rusdakarya
Trianto. 2009. Mendesain model Pembelajaran Inovatif-Progresif: konsep landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Nadia Group
Sagala, S. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Slavin. 2009. Pembelajaran kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sudarmo, U. 2005. Bahasa Indonesia untuk SMP kelas VIII.A. Surakarta: Bumi Aksara.
Sutama. 2010. Penelitian Tindakan. Semarang :Citra Mandiri Utama.
Published
30-05-2020
How to Cite
Qalsum, ummu. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII.C SMP Datok Sulaiman Palopo pada Materi Teks Narasi (Cerita Imajinasi). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 481-497. https://doi.org/10.30605/onoma.v6i1.255
Section
Articles