Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Potret Keluarga Karya Reda Gaudiamo dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Teks Cerpen Kelas IX
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyimpangan etika yang terjadi pada interaksi sosial dalam lingkungan bermasyarakat maupun secara digital. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat pada kumpulan cerpen Potret Keluarga karya Reda Gaudiamo. Peneliti memilih jenis pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik baca dan catat untuk mengumpulkan kutipan-kutipan yang digunakan dalam identifikasi nilai sosial pada teks cerpen. Nilai sosial yang dikaji meliputi (1) kasih sayang: pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, dan kepedulian; (2) tanggung jawab: disiplin dan empati; (3) keserasian hidup: keadilan dan toleransi. Tahapan-tahapan penelitian dilakukan tahap persiapan (memilih karya dan menentukan kompetensi dasar), pelaksanaan (identifikasi karya sastra), dan akhir (menarik simpulan). Sumber data penelitian ialah kumpulan cerpen Potret Keluarga karya Reda Gaudiamo. Cerpen dipilih berdasarkan dominan keberadaan nilai sosial, diantaranya cerpen berjudul: “Potret Keluarga”, “Mungkin Bib Benar”, “Anak Ibu”, “Pada Suatu Pagi”, dan “Menantu”. Hasil penelitian kemudian direlevansikan sebagai bahan ajar teks cerpen pada sekolah menengah pertama (SMP) kelas IX dalam bentuk handout.
Downloads
References
Moleong, Lexy. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Nurpadilah, Eliya. (2019). Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Owig karya Adhimas Prasetyo, DKK (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skirpsi. Universitas Singaperbangsa Karawang
Pangestika, Bella Dhina. (2018). Kajian Nilai-nilai Sosial dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Serta Pemanfaatannya untuk Menyusun bahan Ajar Teks Sastra Tingkat SMA (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi. Universitas Singaperbangsa Karawang
Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Recksya, D., Sutri, S., & Muhtarom, I. (2022). Nilai Sosial Pada Novel Binorrow: Tongkat Musa Dan Tujuh Roh Boorne Karya Sudarman BK Serta Pemanfaatannya Sebagai Modul di SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13994-14001.
Suparman, S. (2021). Split pada Bahasa Bugis dan Bahasa Tae. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 167-174.
Sauri, S. S. (2019). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa Pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Konfiks, 6(2),18.
Setiadi, Elly M. (2020). Pengantar Ringkas Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya). Jakarta: Kencana.
Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Zubaedi (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2023 Silvi Athala Naziha, Imam Muhtarom, Sahlan Mujtaba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.