Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Potret Keluarga Karya Reda Gaudiamo dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Teks Cerpen Kelas IX

  • Silvi Athala Naziha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Imam Muhtarom
  • Sahlan Mujtaba
Keywords: nilai sosial, cerpen, bahan ajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyimpangan etika yang terjadi pada interaksi sosial dalam lingkungan bermasyarakat maupun secara digital. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat pada kumpulan cerpen Potret Keluarga karya Reda Gaudiamo. Peneliti memilih jenis pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik baca dan catat untuk mengumpulkan kutipan-kutipan yang digunakan dalam identifikasi nilai sosial pada teks cerpen. Nilai sosial yang dikaji meliputi (1) kasih sayang: pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, dan kepedulian; (2) tanggung jawab: disiplin dan empati; (3) keserasian hidup: keadilan dan toleransi. Tahapan-tahapan penelitian dilakukan tahap persiapan (memilih karya dan menentukan kompetensi dasar), pelaksanaan (identifikasi karya sastra), dan akhir (menarik simpulan). Sumber data penelitian ialah kumpulan cerpen Potret Keluarga karya Reda Gaudiamo. Cerpen dipilih berdasarkan dominan keberadaan nilai sosial, diantaranya cerpen berjudul: “Potret Keluarga”, “Mungkin Bib Benar”, “Anak Ibu”, “Pada Suatu Pagi”, dan “Menantu”. Hasil penelitian kemudian direlevansikan sebagai bahan ajar teks cerpen pada sekolah menengah pertama (SMP) kelas IX dalam bentuk handout.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moleong, Lexy. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nurpadilah, Eliya. (2019). Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Owig karya Adhimas Prasetyo, DKK (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skirpsi. Universitas Singaperbangsa Karawang

Pangestika, Bella Dhina. (2018). Kajian Nilai-nilai Sosial dalam Novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi Serta Pemanfaatannya untuk Menyusun bahan Ajar Teks Sastra Tingkat SMA (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi. Universitas Singaperbangsa Karawang

Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Recksya, D., Sutri, S., & Muhtarom, I. (2022). Nilai Sosial Pada Novel Binorrow: Tongkat Musa Dan Tujuh Roh Boorne Karya Sudarman BK Serta Pemanfaatannya Sebagai Modul di SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13994-14001.

Suparman, S. (2021). Split pada Bahasa Bugis dan Bahasa Tae. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 167-174.

Sauri, S. S. (2019). Nilai-Nilai Sosial Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Sebagai Bahan Pembelajaran Kajian Prosa Pada Mahasiswa Program Studi Diksatrasiada Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Jurnal Konfiks, 6(2),18.

Setiadi, Elly M. (2020). Pengantar Ringkas Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya). Jakarta: Kencana.

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. (1991). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Zubaedi (2012). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
19-09-2023
How to Cite
Naziha, S. A., Muhtarom, I., & Mujtaba, S. (2023). Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Potret Keluarga Karya Reda Gaudiamo dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Teks Cerpen Kelas IX. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 1144-1152. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2513
Section
Articles