Tindak Tutur Ilokusi pada Podcast Najwa Shihab dan Maudy Ayunda serta Manfaatnya sebagai Modul Pidato Persuasif
Abstract
Penggunaan bahasa sebagai media interaksi dilakukan dengan berbagai cara dengan memperhatikan aspek kebaikan yang akan diucapkannya. Proses interaksi menggunakan perilaku atau tindakan sebagai media penyampai informasi disebut dengan tindak tutur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tintak tutur ilokusi pada tayangan Youtube pada Podcast Najwa Shihab bersama Maudy Ayunda. Tindak tutur ilokusi pada penelitian ini akan diklasifikasikan pada bentuk tindak tutur ilokusi berupa asertif, direktif, komisif, deklaratif, dan ekspresif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu dua video Podcast pada Youtube Catatan Najwa. Hasil penelitian menyatakan pada kedua video memiliki masing-masing 46 bentuk tindak tutur ilokusi sehingga data seluruhnya adalah 275 bentuk tindak tutur ilokusi meliputi tindak tutur bentuk asertif, direktif, komisif, deklaratif, dan ekspresif. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk tindak tutur yang muncul dipengaruhi oleh tema Podcast sehingga menentukan topik pembicaraan dan memunculkan makna serta arti tertentu tentang suatu hal dan dapat memiliki bentuk tindak tutur yang beragam.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.
Depdiknas, (2006b). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Handoko, Andi Tri. (2014). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Menurut Searle dalam Dialog Film Sen To Chihiro No Kamikakushi Karya Miyazaki Hayo. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Lailikia, Adriesty Salma, dkk. (2020). Analisis Tindak Tutur Representatif Dalam Podcast Deddy Corbuzier Dengan Nadiem Makarim-Kuliah Tidak Penting?. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Bahasa Indonesia Volume 5 No.2, September 2020.
Moleong, Lexy. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jojgakarta: DIVA Press.
Septora, Rio. (2021). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Di Media Sosial Youtube Konten Podcast (Kajian Pragmatik). Jurnal Silistik Dimensi Linguistik Edisi 2021; 1(2): 25-37, 28 Oktober 2021.
Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156.
Syamsuddin. (2011). Studi Wacana (Teori, Analisis, Pengajaran). Bandung: Geger Sunten.
Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Pengajaran Pragmatik. Bandung: CV Angkasa.
Wibowo, Setiawan Edi. 2018. Etnopragmatik Bingkai Budaya Jawa Pada Tuturan Kiai Jawa. Grobogan: CV Sarnu Untung.
Widyawati, Neni, dkk. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Video Podcast Deddy Corbuzer dan Najwa Shihab pada Media Sosial Youtube. Jurnal Ilmiah Telaah Volume 5 No. 2, Juli 2020.
Yule, George. (2014) Pragmatik. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Copyright (c) 2022 Emilia Laras Permata, Roni Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.