Tindak Tutur Ilokusi pada Podcast Najwa Shihab dan Maudy Ayunda serta Manfaatnya sebagai Modul Pidato Persuasif

  • Emilia Laras Permata Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Roni Nugraha Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: bahasa, tindak tutur ilokusi, podcast

Abstract

Penggunaan bahasa sebagai media interaksi dilakukan dengan berbagai cara dengan memperhatikan aspek kebaikan yang akan diucapkannya. Proses interaksi menggunakan perilaku atau tindakan sebagai media penyampai informasi disebut dengan tindak tutur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tintak tutur ilokusi pada tayangan Youtube pada Podcast Najwa Shihab bersama Maudy Ayunda. Tindak tutur ilokusi pada penelitian ini akan diklasifikasikan pada bentuk tindak tutur ilokusi berupa asertif, direktif, komisif, deklaratif, dan ekspresif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu dua video Podcast pada Youtube Catatan Najwa. Hasil penelitian menyatakan pada kedua video memiliki masing-masing 46 bentuk tindak tutur ilokusi sehingga data seluruhnya adalah 275 bentuk tindak tutur ilokusi meliputi tindak tutur bentuk asertif, direktif, komisif, deklaratif, dan ekspresif. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk tindak tutur yang muncul dipengaruhi oleh tema Podcast sehingga menentukan topik pembicaraan dan memunculkan makna serta arti tertentu tentang suatu hal dan dapat memiliki bentuk tindak tutur yang beragam.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.

Depdiknas, (2006b). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Handoko, Andi Tri. (2014). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Menurut Searle dalam Dialog Film Sen To Chihiro No Kamikakushi Karya Miyazaki Hayo. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.

Lailikia, Adriesty Salma, dkk. (2020). Analisis Tindak Tutur Representatif Dalam Podcast Deddy Corbuzier Dengan Nadiem Makarim-Kuliah Tidak Penting?. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Bahasa Indonesia Volume 5 No.2, September 2020.

Moleong, Lexy. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, Andi. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jojgakarta: DIVA Press.

Septora, Rio. (2021). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Di Media Sosial Youtube Konten Podcast (Kajian Pragmatik). Jurnal Silistik Dimensi Linguistik Edisi 2021; 1(2): 25-37, 28 Oktober 2021.

Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156.

Syamsuddin. (2011). Studi Wacana (Teori, Analisis, Pengajaran). Bandung: Geger Sunten.

Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Pengajaran Pragmatik. Bandung: CV Angkasa.

Wibowo, Setiawan Edi. 2018. Etnopragmatik Bingkai Budaya Jawa Pada Tuturan Kiai Jawa. Grobogan: CV Sarnu Untung.

Widyawati, Neni, dkk. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Video Podcast Deddy Corbuzer dan Najwa Shihab pada Media Sosial Youtube. Jurnal Ilmiah Telaah Volume 5 No. 2, Juli 2020.

Yule, George. (2014) Pragmatik. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Published
30-11-2022
How to Cite
Emilia Laras Permata, & Roni Nugraha. (2022). Tindak Tutur Ilokusi pada Podcast Najwa Shihab dan Maudy Ayunda serta Manfaatnya sebagai Modul Pidato Persuasif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 860-865. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2281
Section
Articles