Sikap Bahasa Generasi Muda Etnis Sulawesi di Desa Balauring terhadap Bahasa Kedang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap bahasa generasi muda etnis Sulawesi di Desa Balauring terhadap bahasa Kedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan wawancara. Teknik angket mengacu pada skala Linkert karena dipandang tepat untuk mengukur sikap, sedangkan teknik wawancara digunakan untuk memperdalam data yang didapat dari penyebaran angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi lima aspek, yaitu (1) melakukan pengkodean terhadap angket yang terkumpul, (2) menghitung dan menganalisis skor pada angket dari keseluruhan responden untuk menentukan sikap bahasa generasi muda etnis Sulawei di Desa Balauring terhadap bahasa Kedang, (3) melalukan tabulasi terhadap data yang diperoleh dari responden di lapangan berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan agar mudah dipahami, (4) menghitung skala perbedaan pada cirri-ciri sikap bahasa generasi muda etnis Sulawei di Desa Balauring terhadap bahasa Kedang dengan rumus Anofa atau uji F, dan (5) menjelaskan sikap bahasa genegerasi muda etnis sulawesi di desa balauring terhadap bahasa kedang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa total pemerolehan skor sikap bahasa generasi muda keturunan etnis Sulawesi terhadap bahasa Kedang adalah 7.667. Skor tersebut masuk dalam rentang nilai 7.560 – 10.079 yang tergolong dalam sikap positif.
Downloads
References
Astriani, Aveny Septi, and Handayani Nila Praja. 2020. “Sikap Berbahasa Masyarakat Kota Cirebon Pada Bahasa Cirebon.” Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7(1):76–90. doi: 10.33603/deiksis.v7i1.2578.
Chaer, Abdul, and Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik : Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul, and Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Cet.2. Jakarta: Rineka Cipta.
Cholid, Narbuko, and Abu Achmadi. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Lambert, Wallace E. 1967. “A Social Psychology of Bilingualism.” Social Issues 23(2):91–109. doi: https://doi.org/10.1111/j.1540-4560.1967.tb00578.x.
Ramdhani, Intan Sari, and Rizka Khoironi. 2021. “TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA TEATER MODERN MALAM JAHANAM (TEATER SATIVA).” Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7(2):114–23. doi: http://dx.doi.org/10.33369/diksa.v7i2.22650.
Rusyana, Y. 1989. Perihal Kedwibahasaan. Jakarta: Dirjen Dikti Debdikbud.
Suparman, S. (2019). Transkripsi Fonetis Cerita Rakyat Massenrempulu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(1), 314-327.
Sari, Itika Purnama, Fira Febriyanti, Triana Ayuningsih Ujung, and Frinawaty Lestarina Barus. 2021. “Analisis Makna Konotasi Dalam Lirik Lagu Bertaut Karya Nadin Amizah.” Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7(1):22–32. doi: https://doi.org/10.33369/diksa.v7i1.15891.
Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.
Sekaran, Uma. 1984. Research Methods for Business. Southern Illinois: University at Carbondale.
Widodo, J. 1988. Dasar-Dasar Metode Penelitian. Kudus: Pustaka Indah.
Copyright (c) 2022 Arman Dapubeang, Maria Rosalinda Talan, Lenny Nofriyani Adan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.