Proses Fonologis Bahasa Gaul Generasi ‘Z’ di Sosial Media (Analisis Fonologi Generatif)
https://doi.org/10.30605/onoma.v9i1.2126
Keywords:
fonologi generatif, bahasa gaul, generasi Z, sosial mediaAbstract
Proses pembentukan bahasa gaul generasi Z di social media diperoleh pemendekan kata, singkatan dan kata yang dipelesetkan sehingga sangat menarik jika dikaji dari sisi fonologi generatif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses fonologi generatif yang ada pada bahasa gaul generasi Z di sosial media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa kata-kata gaul generasi Z yang digunakan di sosial media tiktok, Instagram, dan tweetter. Teknik pengumpulan data melalui simak, catat, dan pengklasifikasian perubahan bunyi sesuai dengan kaidah fonologi generatif. Analisis data secara fonologi generatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian menyebutkan, Proses fonologi generatif pada bahasa gaul generasi Z terdapat proses asimilasi yaitu lesapnya bunyi konsonantal [h] dan coronal [t] serta pelesapan bunyi vokal. Terdapat proses disimilasi yaitu bunyi nasal [n] dan coronal [r] tetap jelas dan tidak terpengaruh oleh bunyi vokal dan konsonan yang ada di dekatnya. Terdapat penguatan bunyi dan penyisipan bunyi vocal [ə,i] diantara dua konsonan dan penyisipan bunyi continuant [y] diantara diftong. Terdapat penggantian bunyi continuan [y] dan penghilangan nasal [n] karena dipengaruhi oleh bunyi vokal dan konsonan di dekatnya. Terdapat pemanjangan bunyi vokal, pemendekan bunyi vokal. Ditemukan penambahan segmen bunyi vokal pada kata yang berasal dari proses penyingkatan kata, dan tidak ditemukan melemahnya bunyi.
Downloads
References
AlMustofa, Nasirudin dan Atika Sabardilla. (2022). Afiksasi, Reduplikasi dan Abreviasi Bahasa Gaul pada Update Status Anggota Grup Facebook Komunitas Touring Indonesia (KTI). In Bahasa dan Sastra (Vol. 8, Issue 1). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1600
Anasti, Riski Ramadhanti, Ridanta, Silvia, & Ramadhan, Syahrul. (2020). Proses Fonologis Generatif Bahasa Prokem Remaja di Indonesia. DEIKSIS, 12(01), 69. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.3799 DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.3799
Aulia, Sela Wildaan. (2020). Proses Asimilasi Pada Bahasa Sumbawa: Fonologi Generatif. Parafrase, 20(1), 2580–5886.
Chaer, Abdul. (2007a). Linguistik Umum. Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. (2007b). Linguistik Umum. Rineka Cipta.
Chomsky, Noam., & Halle, Morris. (1991). The sound pattern of English. MIT Press.
Ertika, Reza dkk. (2019). Ragam Bahasa Gaul Kalangan Remaja di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmuah Korpus. DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7349
Goziyah dan Yusuf. (2019). Bahasa Gaul (Prokem)Generasi Milenial dalam Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional , 120–125.
Jensen, John Trayer. (2004). Principles Of Generative Phonology. John Benjamins Publishing Co . DOI: https://doi.org/10.1075/cilt.250
Kenstowicz, Michael, Kisseberth, Charles, San, New York, & London, Francisco. (1979). Generative Phonology Description and Theory.
Kridalaksana, Harimurti. (2009). Bahasa dan Linguistik Dalam Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Marsono. (2021). Fonologi Bahasa Indonesia Jawa dan Jawa Kuna (1st ed.). Gadjah Mada Univercity Press.
Nafisah, Saidatun. (2017). Proses Fonologis Dan Pengkaidahannya Dalam Kajian Fonologi Generatif. DEIKSIS, 09(01). DOI: https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.940
Novarya dkk. (2020). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia pada Siswa SMP Nusantara Palangkaraya Tahun 2020 The Influence of Slang on the Use of Indonesian at SMP Nusantara Palangkaraya Students in 2020. Jurnal Pendidikan, 21, 92–104. DOI: https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2019
Octavia, Arista dan, & Sabardila. (2022). Penggunaan Bahasa Prokem dalam Grup Whatsapp Anggota Sanggar Teater Wejang Universitas Muhammadiyah Surakarta. Basindo, 6. http://creativecommons.org/licenses/BY/4.0/ DOI: https://doi.org/10.17977/um007v6i22022p225-240
Oktavia, Wahyu. (2020). Perubahan Fonologis Bahasa Gaul dalam Percakapan Whatsapp Kelompok Siswa Kelas 9 MTs Muhammadiyah 05 Kemusu. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 75. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1464 DOI: https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1464
Panggabean, Sarma dkk. (2021). Dimensi-Dimensi Makna Bahasa (I) (1st ed., Vol. 1). Media Sains Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/Dimensi_Dimensi_Makna_Bahasa_I/Dnw5EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=bahasa+gaul&pg=PA45&printsec=frontcover
Schane, Sanford A. (1973). Generative phonology. America: Prentice Hall College Div.
Sudjalil, Sudjalil, Mujianto, Gigit, & Rudi, Rudi. (2021). Tipologi Fonologis Pada Bahasa Webinar Bidang Pendidikan (Kajian Fonologi Generatif). Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(2), 216–233. https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4442 DOI: https://doi.org/10.25134/fon.v17i2.4442
Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). SISTEM FONOLOGI BAHASA TAE (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60. DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v18i1.3450
Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=RnA-DwAAQBAJ&pg=PA407&dq=analisis+menurut+Miles+dan+Huberman++yaitu+pola+umum+dengan+model+alir&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiHwYTRwMbuAhWVdn0KHZbFBg4Q6AEwAHoECAYQAg#v=onepage&q=analisis menurut Miles dan Huberman yaitu pola
Downloads
Published
How to Cite
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.