Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan

  • Aco Karumpa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Halimah Ilmu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar
  • Sulastri Sulastri Ilmu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar
Keywords: media Pop Up Book, Big Book, isi bacaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pemahaman membaca siswa menggunakan media Pop Up Book, (2) mengetahui pemahaman membaca siswa menggunakan media Big Book, dan (3) menguji. Perbedaan Kemampuan Pemahaman Membaca Menggunakan Media Big Book Media Pop Up Book dengan Menggunakan Media Big Book pada Siswa Kelas V SDN Bontoramba. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan pre-test and post-test unequal control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Bontoramba tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 74 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Peralatan yang digunakan adalah untuk keperluan pengujian. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensi. Hasil survei menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media Pop Up Book memiliki rata-rata skor membaca 80,25 dan siswa yang menggunakan media Big Book memiliki rata-rata skor membaca 75,76. Analisis data inferensi menggunakan SPSS 24 menunjukkan bahwa H_0 ditolak, H_1 diterima, dan terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman membaca menggunakan media Pop Up Book dan Big Book di Kelas V SD Negeri Bontoramba. Buku dan Buku Besar dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk memahami apa yang Anda baca. Hasil penelitian ini dapat digunakan guru sebagai bahan pertimbangan dalam mendesain pop-up book dan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami apa yang dibacanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono,Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar,Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Cet. V; Jakarta: Pt Raja Grafindo Fajar 2003.

Ali Mudlofir, Evi Fatimatur Rusydiyah, Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik, Cet I; Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada 2016.

Annisarti dan Elva Rahmah, “Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kampus”. Model Pop Up Book Keluarga Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar, Vol 5 No.1, 2016.

Ariani, Helda, Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Organisasi Kehidupan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Kelas VII” Artikel Penelitian Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negri Yogyakarta 2016.

Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya, Jakarta: Sygma Examedia Arkanlema, 2009.

Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Daryanto, Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Edisi 1 Cet. 2, Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Dian Permatasari Kusuma Dayu & Liya Atika Anggarasari. “Jurnal Pendidikan Dasar Islam: Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun”, Vol. 9 No. 1 (Juni 2017. https//scholar.google.ac.id, Diakses 28 Desember 2019.

Halimah Andi,”Pengembangan Metode Membaca Permulaan Bagi Siswa SD/MI di Kabupaten Gowa”. Disertasi, Makassar: PPs Universitas Negeri Makassar, 2017.

Hasanah, Aan, Pengembangan Profesi Guru, Cet. I; Bandung: Cv Pustaka Setia, 2012.

Hadiana, Latifah Hilda, dkk. “Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana”, Vol. IV No. 2. Desember 2018), h. 229. https//scholar.google.ac.id Diakses 17 Desember 2019.

Kurniawati, Rikke, “Jurnal Bahasa dan Sastra: Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XII SMA di Surabaya” Vol. I No. 1 (2012), https//scholar.google.ac.id (Diakses 29 Desember 20219)

Siregar, Safruddin,Statistik Terapan Untuk Penelitian (Jakarta: Grasindo, 2005), h. 24.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001), h. 327

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D) (Bandung, ALFABETA, 2016)

Syofian, Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif (Cet. V; Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2017), h. 2 Siregar.

Sudaryono, Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran (Cet. I Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012), h. 138

Syofian, Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (Cet. 4; Jakarta: Kencana, 2017), h. 46.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2012), h. 67

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), h. 122

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D (Cet XIX: Bandung: Alfabeta, 2031),h. 308.

Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan (Bandung: Alfabeta, 2015), h. 13.

Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), h.112

Suparman, N. F. N., & Nurliana, N. F. N. (2022). Sistem Fonologi Bahasa Tae (The Phonology System of Tae Language). Kandai, 18(1), 44-60.

Syafi’I,Asrof Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya: eLKAF, 2005), h. 133.

Somadaya, Samsu, Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca, (Cet. I; Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011), h. 27.

USAID, Buku Sumber untuk Dosen LPTK: Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK,

Jakarta USAID, 2014.

Published
01-11-2022
How to Cite
Aco Karumpa, Andi Halimah, & Sulastri, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 818-825. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.2089
Section
Articles