Implikatur Percakapan Guru dan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Kota Jambi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses wujud implikatur percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN 18 kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 18 Kota Jambi Tahun Ajaran 2021/2022. Waktu penelitian dilakanakan pada semester genap bulan Februari-Maret 2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian terhadap implikatur percakapan guru dan siswa Kelas VIII SMPN 18 kota Jambi pada pembelajaran bahasa Indonesia ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif. Sumber Data adalah Guru dan siswa khususnya pada saat proses belajar mengajar yang muncul implikatur percakapan guru dan siswa di dalam kelas VIII SMPN 18 kota Jambi pada pembelajaran bahasa Indonesia semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini yaitu implikatur percakapan pada sesi satu lebih beragam jika dibandingkan dengan implikatur percakapan pada sesi dua. Sesi satu memenuhi segala macam implikatur percakapan mulai dari melarang, menyetujui, menolak, memerintah, meminta, menegaskan, mengeluh, dan melaporkan. Sedangkan untuk sesi dua hanya terdapat implikatur percakapan melarang, menyetujui, memerintah, menegaskan, mengeluh, dan melaporkan. Hal ini diakibatkan adanya perbedaan karakter antara sesi satu dan sesi dua. Sesi satu memiliki karakter yang cenderung aktif, siswa bergerak kesana kemari, berbicara disana sini, sehingga kemungkinan terjadinya percakapan menjadi lebih bervariatif. Berbeda dengan sesi dua yang karakter siswanya lebih cenderung pendiam sehingga tuturan yang timbul menjadi lebih minim. Demikian pula dengan guru yang menyesuaikan implikaturnya pada setiap siswa yang diajarkannya. Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah kevariatifan penggunaan implikatur percakapan antara guru dan siswa kelas VIII SMPN berrgantung pada karakteristik kelompok siswa itu sendiri. Hal ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Jambi.
Downloads
References
Adriana, I. ( 2018 ) . Pragmatik. Surabaya: Penerbit Pena Salsabila.
Arifianti, I. (2018). Implikatur konvensional dan non konvensional tuturan pengunjung kawasan lawang sewu Semarang Jawa Tengah. Jurnal Pena. 32(1)
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Alirmansyah, A., Sholeh, M., & Zulkhi, M. D. (2022). The Influence of Application of Local-wisdom-based Modules toward Peace-loving Characters of Elementary School Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 157-170.
Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Zulkhi, M. D. (2021). Traditional Games on Character Building: Integrating Hide and Seek on Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2651-2666.
Darmidi, H. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Grice, H. Paul. 1975. "Logic and conversation" dalam Cole, Dater dan S. Grice, H.P. 1991. Logic and Conversation. Dalam Davis, S. (Ed.), Pragmatics: A Reader . New York: Oxford University Press.
Iskandar. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta Selatan: Ciputat Mega Mall.
Kridalaksana, H. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Leech, G. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. (Tejemahan: M.D.D. Oka dari Judul Asli: The Principles of Pragmatics). Jakarta: Universitas Indonesia.
Levinson, S.C. 1983. Pragmatics. London: Cambridge University Press.
Lubis, A. H. 2011. Analisis Wacana Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mayasari, dkk (2016). Implikatur Percakapan Konvensional Dalam Iklan Kartu Perdana Di Televisi. Jurnal Politikom Indonesia. 1 (1)
Moleong, Lexy. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Putrayasa, I. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Erlangga.
Saifudin, A. 2018. Konteks Dalam Studi Linguistik Pragmatik. Jurnal Lite. Vol.14, No.2, hlm 111.
Sari, R. I. 2014. Analisis Pragmatik Pelanggaran Tindak Tutur Guru di SMA Lentera. Jurnal Pena. Vol.4 No.1, hlm 40.
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Suparman, S. (2022). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3 TAHUN. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Slamet. 2010. Belajar & faktor – faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.
Wiryotinoyo, M. 2006. Analisis Pragmatik dalam penelitian dan Penggunaan Bahasa. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran. No.2, Hlm 153-163.
Zulkhi, M. D., & Jannah, M. (2021). Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(2), 42-46.
Zulkhi, M. D., Wardani, R., Oktafia, S. R., Anggraini, W., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). PEMEROLEHAN BAHASA ANAK DI SEKOLAH DASAR. Repository Unja.
Copyright (c) 2023 Nurita Hasmalani, Akhyaruddin, Agus Setyonegoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.