Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA

  • Farah Ayuni Universitas Jambi
  • Andiopenta Purba Universitas Jambi
  • Akhyaruddin Akhyaruddin Universitas Jambi
Keywords: Penerapan, Asesmen Autentik, Teks Anekdot

Abstract

Asesmen merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memenuhi tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan asesmen auntentik materi menulis teks anekdot kelas X SMA. Subjek pada penelitian ini yakni guru bahasa Indonesia dan objek penelitian ini ialah penerapan asesmen autentik yang diterapkan guru pada materi menulis teks anekdot. Metode yang digunakan dalam pembahasan artikel yakni metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan asesmen autentik pada materi menulis teks anekdot kelas X SMA dapat ditempuh melalui kegiatan; (1) Perencanaan Penerapan Asesmen Auntentik (2) Pelaksanaan Penerapan Asesmen Auntentik (3) Evaluasi Penerapan Asesmen Auntentik, serta mendeskripsikan kendala-kendala yang terjadi pada saat guru menerapakan assement ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi A., 2015. Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Anekdot Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas X Ii Sma Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar., Jurnal Pepatusdu, 9(1).

Barokah, A, M & Rahmawati, E, L. 2020. Implementasi Penilaian Auntentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK. Jurnal Edukasi Khatulistiwa. 3(2)

Izar, M, B., 2020. Skripsi. Penerapan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTS NU Raudatul Muallimin Wedung Demak. Universitas Negeri Semarang.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Ekspres.

Mahfud, S., 2019. Pengembangan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Jurnal Elementary, 7(2).

Rusdiana., 2018. Penilaian Autentik Konsep, Prinsip, dan Aplikasinya., Bandung:CV Pustaka Setia

Sinaga, A., Wilyanti, S, L & Priyanto 2017. Pengembangan instrument penilaian berbasis Karakteristik Penilaian Autentik Sebagai Alat Evaluasi Pada Materi Teks Eksposisi Di Kelas X SMAN 1 Kota Jambi. Jurnal Pena 7(2)

Suparman, S., & Charmilasari, C. (2017). Analysis of Phase Structure Realization in Classroom Discourse: A Study of Systemic Functional Linguistics. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 4(2), 120-126.

Suparman, S. (2014). Prosesi Ritual Pascapemakaman Masyarakat Tangru Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Prosiding, 1(1), 163-167.

Suparman, S., Madeamin, S., & Beta, P. (2018). Dokumentasi tradisi lisan Tana Luwu melalui film dokumenter.

Suparman, N. F. N. (2020). Struktur Wacana Berita Politik Surat Kabar Palopo Pos. UNDAS: Jurnal Hasil Penelitian Bahasa dan Sastra, 16(2), 141-156.

Suparman, N. F. N. (2019). Inovasi Leksikal Bahasa Wotu. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(2), 219-236.

Sudarma., 2019. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Kajian Teori Dan Praktik., Kalimantan Timur: Mulawarman University Press

Suharti., 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Teks Anekdot Dengan Stad Dan Make A Match Pada Siswa Kelas X Sma. Jurnal ketatabahasaan dan kesusastraan. 14(1)

Supardi., 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kongnitif, dan Psikomotor Konsep dan Aplikasi., Depok: PT Raja Grafindo Persada

Published
10-05-2022
How to Cite
Farah Ayuni, Andiopenta Purba, & Akhyaruddin, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 417-428. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763
Section
Articles