Kemampuan Membaca Kritis Teks Advertorial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sibulue Kabupaten Bone

  • Usman Usman Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Makassar
  • Uswatun Hasanah Universitas Negeri Makassar
Keywords: membaca kritis, minat baca, teks advertorial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan kemampuan membaca kritis teks advertorial siswa yang memiliki minat baca rendah, sedang dan tinggi  di kelas VIII SMP Negeri 1 Sibulue. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Desain Penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data mengenai angket minat baca dan soal dari lima keterampilan membaca kritis yakni: keterampilan menginterpretasi, keterampilan menganalisis, keterampilan menginferensi, keterampilan mengevaluasi, dan keterampilan mengeksplanasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni observasi, angket dan soal pilihan ganda.  Hasil yakni kemampuan membaca kritis teks advertorial siswa yang memiliki  minat baca rendah dan  sedang dinyatakan mampu dalam membaca kritis. Sedangkan kemampuan membaca kritis siswa yang memiliki  minat baca tinggi dinyatakan mampu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006) .Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Andra, V. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kritis dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas VII A Smp Negeri 9 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 77–86.

Giyatmi, G. (2020). Teks Argumentasi sebagai Materi Pembelajaran Membaca Kritis (Critical Reading) pada Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris. Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Gunning, T. G. (1996). Creating Reading Instruction for all Children. ERIC.

Martutik, M. (2013). Isi Pesan Persuasif dalam Advertotial Media Masa Cetak. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 41(1).

Muttaqiin, A. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis dalam Pembelajaran Penemuan dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edusentris, 2(2), 116–125.

Naziah, N. W. (n.d.). Analisis Wacana Kritis Advertorial Apartemen di Surat Kabar Harian Jawa Pos. State University of Surabaya.

Nofitria, A., Dawud, D., & Susanto, G. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Kritis Teks Argumentasi untuk Siswa Kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1409–1415.

Nurhusna, N. (2017). Penanda Kualitas Mewujud Adjektiva Sebagai Ideologi Dalam Wacana Iklan Advertorial Media Massa Cetak. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(1).

Restuningsih, M. A., Nyoman, D., & Sudiana, N. (2017). Kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan minat membaca pada siswa kelas v sd kristen harapan denpasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 45–54.

Rijatmoko, R. (2011). Representasi Perguruan Tinggi Dalam Advertorial Penerimaan Mahasiswa Baru. Faculty of Social and Political Sciences.

Sariyem, S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi SD Negeri di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 329–340.

Sultan, S. (2018). Membaca Kritis: Mengungkap Ideologi Teks dengan Pendekatan Literasi Kritis. Baskara Media.

Published
08-05-2022
How to Cite
Usman, U., & Uswatun Hasanah. (2022). Kemampuan Membaca Kritis Teks Advertorial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sibulue Kabupaten Bone. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 101-111. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1605
Section
Articles