Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Dengan Pemanfaatan Learning Management System (LMS) STMIK Handayani di Era Pandemi

  • Nurfaedah Nurfaedah STMIK Handayani
  • Nurmadina Nurmadina STMIK Handayani
Keywords: keterampilan menulis, LMS, era pandemic

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana media Learning Management System (LMS) meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa STMIK Handayani di era pandemi. Penelitian ini meupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data adalah metode observasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, pemberian soal serta pendokumentasian. Analisis data dlakukan dengan 5 kali pertemuan setiap siklus dengan lanjutan analisis setiap siklus kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi LMS yang digunakan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis proposal mahasiswa STMIK Handayani di era pandemi. Dari hasil observasi yang dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan LMS, memberi banyak perubahan pada mahasiswa. Dalam pembelajaran menulis menggunakan LMS terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari siklus I yang ketuntasan belajarnya hanya mencapai 42% dengan rata-rata 61,49 kemudian naik menjadi 94% pada siklus II dengan rata-rata 82,22.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayub,et. al. (2010). Factors influencing students‟ use a Learning Management System portal: Perspective from higher education students. International Journal of Education and Information Technologies, 2, 4-8

Coates, H., James, R., & Baldwin, G. (2005). A critical examination of the effects of learning management systems on university teaching and learning. Tertiary Education and Management, 11, 19-36

Departemen Pendidikan Nasional.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta :Diknas.

Djibran, Fahd. 2008. Writing is Amazing. Yogyakarta : Juxtapose

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Mardiana, Novi dan Ahmad Faqih. Pemanfaatan Learning Management System dalam Proses Pembelajaran Matematika Diskrit. Jes-Mat, Vol 5 No 1 Maret 2019

Maslakhah, S. 2005. Menulis Tidak Semudah Membaca dalam Wiedarti, P. {Ed}, Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta : Tiara Kencana.

Nafiah dan Sri Hartatik. Penerapan Manajemen Pembelajaran Berbasis Daring dengan Menggunakan Aplikasi Google Calssroom untuk Meningkatakan Kemampuan Mahasiswa dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. Education and Human Development Journal, Vol 5 No 1 2020.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penialain Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : BPFE.

Salam, Husni. 2020. Strategi Menulis Karya Ilmiah Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Problem Based Learning Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Politeknik Informatika Nasional. Onoma, Vol 6 No 2 November 2020

Sari, Fiqi, N dan Zawaqi, A. Jamil. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan ThahaSaifuddin Jambi Menggunakan Media Goolge Classroom. PEJ, Volume I, No. 4 Februari 2020.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Wardhani, IG.A.K dan Wihardit, K. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yana, Dewi dan Adam. Efektifitas Penggunaan Platform LMS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahassiswa. Dimensi, Vol 8 No 1 Maret 2019

Published
01-11-2021
How to Cite
Nurfaedah, N., & Nurmadina, N. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Dengan Pemanfaatan Learning Management System (LMS) STMIK Handayani di Era Pandemi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 762-771. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1475
Section
Articles