Penerapan Model Pembelajaran Advokasi melalui Pengajaran Daring untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Presentasi Ilmiah Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia

  • Bungatang Bungatang STKIP Pembangunan Indonesia
  • Khaerati Khaerati STKIP Pembangunan Indonesia
  • Harti Oktarina STKIP Pembangunan Indonesia
Keywords: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Advokasi

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa dengan menggunakan kata-kata efektif dalam berkomunikasi. Kemampuan verbal (berkomunikasi) manusia tidak bisa didapat secara alamiah, tetapi harus melalui proses belajar dan berlatih. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam presentasi ilmiah melalui pembelajaran daring dan model pembelajaran advokasi “belajar debat” . Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbicara (dari segi kebahasaan dan nonkebahasaan) mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan desain penelitian berbentuk PTK. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dan dilaksanakan sesuai dengan model pembelajaran advokasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia pada semester 1 Pendidikan Ekonomi, sedangkan sampel dalam penelitian ini yakni mahasiswa kelas 1B Pendidikan Ekonomi STKIP PI dengan jumlah 30 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi dan angket, dan data kuantitatif diperoleh melalui tes berbicara (pretes dan postest). Data kualitatif dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan analisis statistik deskriptif.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2018. Cooperative De- velopment and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. In- ternational Journal of Instruction. 11(2), 115-128.

Dibia, I Ketut & Dewantara, I Putu Mas. 2016. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Moore, J.L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning , online Learning, and Distance Learning Environments: Are they the same? Internet and Higher Educa- tion. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.

Subekti, Sri.2020. Penerapan Model Pembelajaran Debat dalam Pembelajaran Ket- erampilan Berbicara Bahasa Inggris, Jurnal UST.Jogja (online), Vol: 1, No:1, 2020. (http://Jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas 2020/view 7334).

Simarmata, M,Y.,Sulastri, S. 2018. Pengaruh Keterampilan Berbicara menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektika pada Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol: 7, No: 1.

Melasarianti, Lalita. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Debat Plus pada mata Kuliah Berbicara, Jurnal Ilmiah Lingua Idea (Online), Vol: 9, No: 1, 2018.(http://core.ac.uk

Published
01-11-2021
How to Cite
Bungatang, B., Khaerati, K., & Harti Oktarina. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Advokasi melalui Pengajaran Daring untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Presentasi Ilmiah Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 739-753. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1470
Section
Articles