Makna Perempuan dalam Khazanah Turas Pesantren (Kritik Sastra Feminis)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kritik sastra feminis dalam khazanah turas pesantren, dalam hal ini adalah kitab ‘Uqūd Al-Lijain. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan library-research. Data primer yang diambil adalah kitab ‘Uqūd Al-Lijain karya Syaikh Nawawi Al-Bantani khususnya yang membahas perempuan. Kitab ‘Uqūd Al-Lijain merupakan salah satu kitab turas yang banyak dipelajari santri di pesantren. Data sekunder diambil dari literatur-literatur yang berkaitan dengan perempuan, baik dari kitab maupun buku-buku ilmiah. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan dan memilah teks yang membahas perempuan dalam kitab-kitab tersebut kemudian mengelompokkan dalam beberapa variabel untuk dilakukan analisis. Analisis data dilakukan dengan reduksi data makna perempuan dalam kitab ‘Uqūd Al-Lijain, menyajikan data, kemudian menganalisisnya dengan pendekatan kritik sastra feminis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kritik sastra feminis memberikan komentar atas perilaku laki-laki yang mendiskreditkan dan memposisikan perempuan sebagai makhluk marginal karena alasan berkarier, melayani suami, keluar rumah, menolak berhias, dan bersenggama. Perilaku demikian sudah tidak relevan di masa kini karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat, pertumbuhan ekonomi semakin meningkat, pranata dan strukur sosial berkembang yang membawa budaya populer semakin diadopsi oleh masyarakat. Perempuan memiliki peran yang sama dengan laki-laki. Saat ini perempuan tidak dapat diisolasi seperti masa klasik karena perempuan banyak mengambil alih peran laki-laki dalam berbagai bidang. Dengan demikian, kritik sastra feminis atas peran perempuan dalam kitab ‘Uqūd Al-Lijain dapat menjadi solusi untuk menjalani kehidupan di masa kini. Di mana antara laki-laki dan perempuan memiliki peran yang sama sebagai makhluk sosial.
Downloads
References
Akib, M. N. (2019). DOKTRIN PESANTREN TERHADAP PEREMPUAN (Kajian Terhadap Kitab-kitab dan Realitas Perempuan di Dalam Pesantren). IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 3(1), 34–53.
Endaswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Niaga Swadaya.
Ernst, W., & Horwath, I. (2014). Gender in Science and Technology: Interdisciplinary Approaches. transcript Verlag. https://books.google.co.id/books?id=sHWiBQAAQBAJ
Gandhi, L. (2020). Postcolonial Theory: A critical introduction. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=aVLzDwAAQBAJ
Goodman, L. (2013). Literature and Gender. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=IOmnbJRbx5cC
Humm, M. (2003). The Dictionary of Feminist Theory. Edinburgh University Press. https://books.google.co.id/books?id=5AB2PwAACAAJ
Madsen, D. L. (2000). Feminist Theory and Literary Practice. Pluto Press. https://books.google.co.id/books?id=moZZDDFAFvsC
Murdianto, M. (2020). Khazanah Folklor untuk Menumbuhkan Karakter Empati dan Cinta Kasih. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 1(2), 92–104. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v1i2.474
Naomi, R. W. (1994). Fire with Fire; The New Female Power and How it Will Change The 21st Century. Fawcett Columbine.
Nawawi, S. (2015). شرح عقود اللجين في بيان حقوق الزوجين. Dar Al Kotob Al Ilmiyah دار الكتب العلمية. https://books.google.co.id/books?id=5fZHDwAAQBAJ
Nuroniyah, W. (2019). FEMINISME DALAM PESANTREN: NARASI PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI PONDOK PESANTREN BUNTET CIREBON. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 142. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5163
Prasetiawan, A. Y., & Lis, S. (2019). Kepemimpinan Perempuan dalam Pesantren. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 39–69. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2874
Ratnasari, D. (2016). Pemberdayaan Perempuan Dalam Pendidikan Pesantren. ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman, 9(1), 122–147.
Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Graha Ilmu.
Soenarjati. (2010). Kritik Sastra Feminis. Gramedia Pustaka Utama.
Sugihastuti, S. (2002). Kritik sastra feminis: teori dan aplikasinya. Pustaka Pelajar. https://books.google.co.id/books?id=WUXaAAAAMAAJ
Tabroni, R. (2019). Sastra Pesantren dalam Lintasan Sejarah. Jurnal Tamaddun : Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 7(2). https://doi.org/10.24235/tamaddun.v7i2.5504
Tong, R. (2013). Feminist Thought: A Comprehensive Introduction. Taylor & Francis. https://books.google.co.id/books?id=cv5EAQAAQBAJ
Wijayanti, D. E. (2020). Perjuangan Perempuan pada Masa Pergolakan Politik Indonesia Tahun 1965 dalam Novel Gadis Jakarta Karya Najib Kaelani dan Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 1(2), 73–91. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v1i2.402
Wijayanti, L. M., Suharto, T., & Soleh, D. R. (2018). KRITIK SOSIAL DAN NILAI MORAL DALAM STAND UP COMEDY INDONESIA EPISODE 7 DI TELEVISI NASIONAL KOMPAS (ANALISIS WACANA TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 21–33.
Yudono. (2009). Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. Grasindo.
هاشم, م. س., & الدمياطي/البكري, أ. ب. ع. ب. م. ش. (2018). حاشية إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين لشرح قرة العين بمهمات الدين 1-4 ج2. Dar Al Kotob Al Ilmiyah دار الكتب العلمية. https://books.google.co.id/books?id=In2DDwAAQBAJ
Copyright (c) 2021 Wahyu Hanafi Putra, Lisma Meilia Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.