Pengembangan Desain Bahan Ajar Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar

  • Ririn Sri Kurnia Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Nellitawati Nellitawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Bahan Ajar, Membaca, Tematik

Abstract

Membaca adalah identifikasi bentuk-bentuk linguistik. Model atau prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp yang dikembangkan oleh Tjeerd Plomp. Hasil penelitian menunjukan hasil analisis data validasi bahan ajar oleh para ahli dan praktisi pendidikan diperoleh persentase 90,09%. Sedangkan hasil uji efektivitas pada tahap pengembangan, menunjukkan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik berada pada kategori sangat baik dengan persentase 93,7%. Maka dari itu hasil penelitian ini memberi gambaran bahwa bahan ajar yang dikembangkan ini telah valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akrim, Nurzanah, and N. Ginting. 2018. “Pengembangan Program Pembelajaran Tematik Terpadu Bagi Guru-Guru Muhammadiyah Di Kota Medan.” Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyrakat 2(2): 103–11. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/view/2462/pdf_19.

Basuki, Imam Agus. 2011. “Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional Dan Tes Lokal.” Bahasa Dan Seni 39 nomor 2: 202–12.

Irdawati, Yunidar, dan Darmawan Mahasiswa. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 Di Min Buol.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 5(4): 1–14.

Karli, Hilda. 2015. “PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK SD DI INDONESIA.” EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar 2(2): 321–25.

Laily, Idah Faridah. 2014. “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar.” Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 3(1).

Mardhatillah, and Esi Trisdania. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(1): 91–102.

Plomp, Tjeerd & Nienke Nieveen. 2013. “Educational Design Research/Part A: An Introduction. Netherlands:” In SLO Netherlands Institute for Curriculum Development, , 2013.

Prananda, Gingga. Wardana, Ali . Yuliadarmianti. 2020. “Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1.” Jurnal Dharma PGSD 1(1): 38–45.

Riwan Putri Bintari, Ni Luh Gede, I Nyoman Sudiana, and Ida Bagus Putrayasa. 2014. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik ( Problem Based Learning ) Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Amlapura.” e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 3(1): 1–10.

Zare, Pezhman, and Moomala Othman. 2013. “The Relationship between Reading Comprehension and Reading Strategy Use among Malaysian ESL Learners.” International Journal of Humanities and Social Science 3(13): 187–93.

Published
30-10-2021
How to Cite
Ririn Sri Kurnia, Desyandri, D., & Nellitawati, N. (2021). Pengembangan Desain Bahan Ajar Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 553-561. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1337
Section
Articles