Pola Penggunaan Sapaan Bahasa Bima

  • Hasan Hasan Universitas Hasanuddin
Keywords: Pola, Sapaan, Bahasa Bima

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di Lembaga Penelitian Universitas Hasanuddin. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana pola-pola penggunaan sapaan dalam bahasa Bima.Tujuannya adalah  mencari dan menemukan variasi pola penggunaan sapaan dalam bahasa Bima. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan atau kerja medan dengan teknik: (1) observasi (pengamatan), (2) wawancara, (3) rekaman, (4) catat, (5) pilah. Data dianalisis dengan metode deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variasi jenis dan pola penggunaan sapaan bahasa Bima dapat diklasifikan sebagai berikut: (1) sapaan kata ganti diri, yang terdiri atas: (a) sapaan persona pertama (tunggal dan jamak), (b) sapaan persona kedua (tunggal dan jamak), (c) sapaan persona ketiga (tunggal dan jamak); (2) sapaaan nama diri, yang terdiri atas: (a) menyapa dengan nama diri asli (nama yang sebenarnya), (b) menyapa dengan nama diri secara sopan (penghormatan); (3) menyapa secara keakraban; (4) sapaan berupa jabatan dan gelar, yang terdiri atas: (a) sapaan berupa jabatan, (b) sapaan berupa gelar, (c) sapaan berupa gelar khusus, (d) sapaan gelar khusus dengan nama diri + kata sifat.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, dkk. 1989. “Struktur Bahasa Bima” (Laporan Penelitian) Yogyakarta : Tim Peneliti Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP IKIP Yogyakarta.

Aminuddin. 1983. Bentuk Sapaan Bahasa Jawa Dialek Malang. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Badudu, Rabiana. 1995. “Bentuk-bentuk Taksim di Dalam Referensi Pronomina Persona Bahasa-bahasa Gorontalo”. Disertasi Doktor Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin Ujung Pandang.

Ayotrohaedi. 1980. Bentuk Hormat dalam Bahasa Sunda: Aspek Sosial Pengajaran Bahasa Asing di Indonesia (Seri Penerbitan Ilmiah). Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Gazalba, Sidi. 1962. Hubungan Bahasa-Sosial dan Kebudayaan dalam Kebudayaan sebagai Ilmu. Jakarta: Pustaka Antara.

Kamal, Mustapa, dkk. 1990. “ Sistem Sapaan Bahasa Iban” (Laporan Penelitian). Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kridalaksana, Harimurti. 1982. Dinamika Tutur Sapa dalam Bahasa Indonesia: Pelangi Bahasa. Jakarta : Bharata Karya Aksara.

Parera, Jos Daniel. 1991. Kajian Linguistik Umum Historis Komparatif dan Tipologi Struktural. Jakarta: Airlangga.

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik. Bagian Kedua: Aneka Metode Pengumpulam Data. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Supriyanto, Henricus, dkk. 1986. “Bentuk Sapaan Bahasa Jawa Dialek Jawa Timur” (Laporan penelitian), Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Published
18-10-2021
How to Cite
Hasan, H. (2021). Pola Penggunaan Sapaan Bahasa Bima . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 470-477. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1302
Section
Articles