Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019

  • Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Heri Isnaini IKIP Siliwangi
  • Yesi Maylani Kartiwi IKIP Siliwangi
Keywords: pembelajaran, teks anekdot, media video animasi, quantum learning

Abstract

Artikel ini membahas tentang penggunaan media video animasi pada proses pembelajaran teks anekdot pada siswa kelas X SMK. Penelitian ini difokuskan pada aktivitas siswa dan guru serta perbedaan peningkatan hasil pelaksanaan pembelajarannya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment atau design control group. Pembelajaran teks anekdot dengan menggunakan media video animasi ini dikombinasi dengan metode quantum learning. Hasil yang diperoleh dapat dilihat dari hasil prates dan pascates di kelas kontrol ada perubahan yang signifikan dilihat dari nilai yang dominan meningkat. Prates di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,73 dan untuk nilai pasca tes mendapatkan nilai rata-rata 88,93 Selain itu, terlihat pula peningkatan prates dan pascates di kelas eksperimen. Rata-rata prates adalah 67 dan rata-rata nilai pascates adalah 97,53. Dengan demikian, pembelajaran dengan media ini diharapkan dapat memfasilitasi keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar yang tinggi, diharapkan juga kemampuan kreativitas siswa pada pembelajaran teks anekdot. Pada akhirnya, siswa dapat kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya masing-masing, yang pada gilirannya nanti minat belajar meningkat, siswa belajar dengan antusias, dan dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: Rafieka Aditama.
Husain, A. (2019). Efektivitas Lesson Study dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, Volume 5 Nomor 1, 291-313.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Jakarta Yrama Widia.
Kurniawan, N. M., & Sumiati, T. (2015). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Metodik Didaktik, 10(No. 1), 16-22.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Nirwana, & Ruspa, A. R. (2019). Penerapan Model Peta Konsep Pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume 5 Nomor 1, 349-368.
Potter, B. D., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa.
Rostikawati, Y. (2014). Penerapan Model Mapping Activity dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Semantik, Volume 3(No. 2), 83-94.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wartomo. (2016). Peran guru dalam pembelajaran era digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII. Paper presented at the Temu Ilmiah Nasional, Jakarta.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. CENDEKIA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, Vol. 1 No. 2 2019, 51-58
Published
30-11-2019
How to Cite
Wikanengsih, Heri Isnaini, & Yesi Maylani Kartiwi. (2019). Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 5(2), 383-398. https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.128
Section
Articles