Pembelajaran Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019
https://doi.org/10.30605/onoma.v5i2.128
Keywords:
pembelajaran, teks anekdot, media video animasi, quantum learningAbstract
Artikel ini membahas tentang penggunaan media video animasi pada proses pembelajaran teks anekdot pada siswa kelas X SMK. Penelitian ini difokuskan pada aktivitas siswa dan guru serta perbedaan peningkatan hasil pelaksanaan pembelajarannya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experiment atau design control group. Pembelajaran teks anekdot dengan menggunakan media video animasi ini dikombinasi dengan metode quantum learning. Hasil yang diperoleh dapat dilihat dari hasil prates dan pascates di kelas kontrol ada perubahan yang signifikan dilihat dari nilai yang dominan meningkat. Prates di kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,73 dan untuk nilai pasca tes mendapatkan nilai rata-rata 88,93 Selain itu, terlihat pula peningkatan prates dan pascates di kelas eksperimen. Rata-rata prates adalah 67 dan rata-rata nilai pascates adalah 97,53. Dengan demikian, pembelajaran dengan media ini diharapkan dapat memfasilitasi keterlibatan siswa dalam aktivitas belajar yang tinggi, diharapkan juga kemampuan kreativitas siswa pada pembelajaran teks anekdot. Pada akhirnya, siswa dapat kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuannya masing-masing, yang pada gilirannya nanti minat belajar meningkat, siswa belajar dengan antusias, dan dalam suasana pembelajaran yang menyenangkan.
Downloads
References
Husain, A. (2019). Efektivitas Lesson Study dalam Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, Volume 5 Nomor 1, 291-313.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Jakarta Yrama Widia.
Kurniawan, N. M., & Sumiati, T. (2015). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Metodik Didaktik, 10(No. 1), 16-22.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.
Nirwana, & Ruspa, A. R. (2019). Penerapan Model Peta Konsep Pada Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume 5 Nomor 1, 349-368.
Potter, B. D., & Hernacki, M. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa.
Rostikawati, Y. (2014). Penerapan Model Mapping Activity dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Semantik, Volume 3(No. 2), 83-94.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wartomo. (2016). Peran guru dalam pembelajaran era digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII. Paper presented at the Temu Ilmiah Nasional, Jakarta.
Wikanengsih, Isnaini, H., & Kartiwi, Y. M. (2019). Penyuluhan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang Inovatif Bagi Guru-Guru SMP di Kabupaten Subang, Jawa Barat. CENDEKIA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, Vol. 1 No. 2 2019, 51-58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages??, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.