Keefektifan Penggunaan Metode Clustering dan Show Not Tell terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik SMP Kelas VII Di Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto
Abstract
Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, yaitu desain penelitian yang diberikan pre-test sebelum diberikan perlakuan dan pemberian post-test setelah diberikan perlakuan atau tindakan. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP Negeri se-Kecamatan Binamu yang berjumlah 9 sekolah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas pada tiga sekolah dengan jumlah 75 peserta didik. Penarikan sampel dilakukan dengan cara random cluster sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah SMP Negeri 9 Binamu sebanyak 33 peserta didik, 27 Peserta didik di SMPN 6 Binamu, dan 25 Peserta didik di SMPN 4 Binamu. Jadi, jumlah keseluruhan peserta didik pada 3 sekolah sebanyak 75 peserta didik.Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Berdasarkan analisis statistik deskriptif kuantitiatif menunjukkan bahwa penggunaan metode clustering dan Show Not Tell efektif dalam pembelajaran menulis teks deskripsi peserta didik SMP kelas VII di Kecamatan Binamu. Hal ini dibuktikan berdasarkan perolehan nilai rata-rata peserta didik pada pre-test 35,62. Selanjutnya, nilai post-test diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,24 dengan jumlah sampel sama dengan pretest sebanyak 75. Berdasarkan data statistik tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil penilaian menulis peserta didik berdasarkan nilai pre-test dan nilai post-test. Hasil analisis inferensial menggunakan uji t model paired sampel test tampak bahwa penggunaan metode clustering dan Show Not Tell efektif diterapkan dalam pembelajran menulis teks deskripsi pada peserta didik SMP kelas VII di Kecamatan Binamu. Hal ini berdasarkan hasil diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata hasil penilaian menulis teks deskripsi sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) menggunakan metode Clustering dan Show Not Tell.
Downloads
References
Asniar. 2019. “Peningkatan Kemampuan Anak Menulis Kalimat Tegak Bersambung Melalui Metode Latihan di Kelas II SD Inpres 3 Bolapapu.” Jurnal Kreatif Online, Vol. 7 No. 2 ISSN 2354-614X 7(2):13.
Azis, Sitti Aida, dan Aziz Thaba. 2021. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Penerapan Metode Partisipatoris Siswa VII F SMPN 3 MAKASSAR.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 4(2):329–48.
Destiana, F. Donna. 2019. Keterampilan Berbahasa Menulis Karangan Deskripsi. Surakarta.
Destiana, Nadhira. 2013. “Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi Melalui Pemanfaatan Tayangan Editorial Media Indonesia Di Metro TV (Penelitian Eksperimen Semu terhadap Siswa Kelas X SMAN 2 Bandung.” Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Elyana, Latifah Ratnawati dan Sri. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas X TIPTL 1 SMK Negeri Sumsel.” Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran 7(2):112–22.
Febrianti dkk. 2020. “Komparasi Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Padang.” Pendidikan Bahasa Indonesia 9(3):72.
Hatmoko, Jefri Hendri. 2015. “Survey Minat dan Motivasi Siswa Putri terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013.” Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 4(2):102–8.
Helti, Mezri. 2014. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Siswa Kelas XI SMK Karya Padang Panjang.” Universitas Negeri Padang.
Heri, Susanto. 2015. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Gambar Berseri Siswa Kelas V SD N 3 Bondolharjo Banjar Negara.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Hernacki, Bobbi DePorter, dan Mike. 2002. “Quantum Learning.” : 356 in. Bandung: Kaifa.
Jamal, Sherlina, Syamsuddha, dan M. Taufik. 2018. “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Pengamatan Langsung Kelas VII SMP Negeri 3 Dungguminasa Kabupaten Gowa.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(1):1–12.
Kurniawan, Rio, dan Kartini Kartini. 2019. “Peningkatan Kemampuan Menulis Menggunakan Metode Sugestopedia pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.” ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia 2(1):33. doi: 10.29240/estetik.v2i01.892.
Lestari, Oktavia Winda. 2020. “ANALISIS KESALAHAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA MATHAYOM IV-3 MUSLIM SANTITHAM FOUNDATION SCHOOL THAILAND.” IAIN Tulung Agung.
Lestari, Sri. 2009. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dengan Pendekatan Kontekstual.”
Listya, Eka dkk. 2018. “Pemanfaatan buku pelajaran bahasa indonesia sebagai sumber belajar dalam pembelajaran menulis di kelas xi.” 1–14.
Lusita, Juvira, dan Emidar. 2019. “Struktur Dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 30 Padang.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 8(1):113–20.
Marsela, Vitria dan Supriyadi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Aplikasi Mindmap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Palembang.” Logat, Volume 7, No 2, November 2020 21(1):1–9.
Mu’minin Nurul. 2018. “Efektivitas Penggunaan Media Quantum Teaching dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wajo Kabupaten Wajo.Tesis.” Universitas Muhammadiyah Makassar.
Munirah. 2017. “Keefektivan Strategi Brainstorming Dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa.” Konfiks : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 2(2):152. doi: 10.26618/jk.v2i2.415.
Munirah, Munirah, R. Asmara, dan W. Kusumaningrum. 2019. “Cooperative Learning Model of P2RE type on Paragraph Writing Skills.” (April). doi: 10.4108/eai.21-12-2018.2282736.
Naki dkk. 2018. “Deskripsi dalam Bahasa Indonesia melalui Media Gambar Seri pada Siswa Kelas VII SMPN 18.” Ilmu Budaya 6(2):1–9.
Nurasiah, Desi, Emah Khuzaemah, dan Indrya Mulyaningsih. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Berbasis Internet Bagi Siswa Kelas XI.” ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia 3(2):2622–1829. doi: 10.29240/estetik.v3i2.1756.
Permanasari, Dian. 2017. “Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat.” Jurnal Pesona 3(2):156–62. doi: 10.26638/jp.444.2080.
Prihatiningrum Ikha Anggraeni, Dkk. 2017. “Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Ragam Krama melalui Metode Pemodelan dan Media Gambar Tematik pada Siswa Kelas X IIS 2 SMA.” Jurnal Sabdasastra Vol. 3(1) ISSN: 2620-343X 3(1):117–31.
Qalsum, Ummu. 2014. “Penggunaan Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa.” : 10 in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Karakter 2014. Vol. 01. Palopo.
Rahayu, Yanti Sri. 2016. “Penerapan Model Sinektik Berorientasi Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP.” Universitas Pasundan.
Rahayu, Yanti Sri. 2017. “Penerapan Model Sinektik Berorientasi Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP.” LITERASI, Jurnal Ilmiah Pend. Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Vol.7, No.2, Juli 2017 7(2):160–70.
Sianti, Midin. 2015. “Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan dalam Bentuk Karangan Deskripsi Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Palopo melalui Penerapan Strategi Neighborhood Walk Midin.” Jurnal Pendidikan, Pengajaran Bahasa dan Sastra ONOMA PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo Peningkatan 151:10–17.
Sumarwati. 2019. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Menulis melalui Penerapan Pendekatan Proses di Kelas V Sekolah Dasar.” Logat: Jurnal Bahasa Indonesia dan Pembelajaran 6(2):151–67.
Supriyadi. 2018. Keterampilan Dasar Menulis. Gorontallo: Ideas Publishing.
Wibowo dan Suwardi. 2017. “Penilaian Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 2(2):310–28. doi: 10.22437/gentala.v2i2.6813.
Copyright (c) 2021 Iskandar Iskandar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.