Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Netizen di Media Sosial Instagram

  • Ulfatun Ulfatun Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Gaya Bahasa Sarkasme, Bentuk, Makna

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna penggunaan bahasa sarkasme netizen di media sosial instagram.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiolinguistik. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik catat dan simak. Hasil penelitian ini adalah penggunaan gaya bahasa sarkasme oleh netizen di media sosial instagram ditemukan berbagai macam bentuk sarkasme. Diantaranya, bentuk penyampaian pendapat, penolakan, bentuk larangan, penyampaian informasi, penegasan, perintah, pertanyaan, pernyataan persamaan dan pernyataan sapaan. Adapun jenis dari perubahan makna-makna yang menyimpang diantaranya 1) pengkasaran makna, 2) penyempitan makna, 3) perluasan makna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad & Alek, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta Erlangga

Anshari, F., & Hafiz, A. (2018).Bahasa Sarkasme dalam Berita Olahraga-Studi Kasus Bolatory.com. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 2(01), 184-196.

Christina, S. (2019). Sarcasm in Sentiment Analysis of Indonesian Text: A Literature Review. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 13(2), 54-59.

Gunarwan, 2007.Pragmatik.Teori dan Kajian Nusantara.Jakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.

Hariantor, Nurfitri. 2017. Skripsi. Penggunaan Gaya Bahasa Sasrkasme pada Filem The Raid: Berandal.Mataram. Universitas Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah.

Hasanah Nur. 2019. Implikatur dalam Ceramah Mamah dan AA Beraksi di Indosiar (tinjauan Pragmatik). Tesis.Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Inderasari, E., Achsani, F., & Lestari, B. (2019).Bahasa Sarkasme Netizen dalam Komentar Akun Instragram “Lambe Turah”. Semantik, 8(1), 37-49.

Inderasari Elen , Ferdian Achsani , Bini Lestari. 2019. Bahasa Sarkasme

Keraf, Gorys.2001. Komposisi. Semarang: Bina Putra

Leech, G. N 1983.Principle of paragmatic.New York: Longman.

Mahsun, 2005.Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nuramila. 2019. Tindak Tutur Bahasa Indonesia dalam Unggahan MediaSosial Instagram @Liputsan6. (Kajian Pragmatik).Tesis.Tidak diterbitkan.Makassar.Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Setiawan, Muhamad Edi. "Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Pada Komunitas Motor." (2018).

Syafruddin. 2018. Membangun Bahasa Santun. Universitas Muhammadiyah Makssar.

---------------2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa

Taufik, A Muh. 2019. Kajian Gaya Bahasa Humor Masyarakat Kabupaten Bone (suatu Tinjauan Sosiopragmatik). Disertasi. Magister Pendidikan Bahasa: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Syarifuddin, Kartika Tiara. "Sarkasme pada masyarakat indonesia selama pandemi covid-19 dalam media sosial twitter." Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA).Vol. 4.No. 1. 2020.

Wikipedia. (t.t). Instagram

Wikipedia. (t.t) media sosial

Padli Muhammad, Nur. Tesis.Penggunaan Bahasa Indonesia Di media Sosial yang berdampak hukum Berdasarkan Linguistik Forensik. Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana: Universitas Negeri Makassar.

Rachmayanti. 2017. Tesis. Analisis Prinsip Kesantunan Berbahasa Model Leech dalam Sidang Perkara Pidana dan Implikasinya terhadap

Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi.Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Handono, P. Y. (2019). Gaya Bahasa Komentar Dalam Akun Instagram “Mimi Peri Rapunchelle”. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 97-105.

Published
17-10-2021
How to Cite
Ulfatun, U. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Netizen di Media Sosial Instagram. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 411-423. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1255
Section
Articles