PENDAMPINGAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS INTEGRASI NILAI-NILAI IPA BAGI SISWA DI MTS DARUL ULUM PALANGKA RAYA

Authors

  • Muhammad Luqman Hakim
  • Gito Supriadi Universitas Islam Negeri Palangka Raya
  • Nor Khamsah Universitas Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i4.7200

Keywords:

Integrasi, Pendekatan Integratif, Sejarah Islam

Abstract

Pendampingan pemahaman materi sejarah kebudayaan Islam berbasis integrasi nilai-nilai Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MTs Darul Ulum Palangka Raya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kedua bidang tersebut melalui pendekatan integratif. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan aktif siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Hasilnya menunjukkan bahwa 85% siswa mengalami peningkatan pemahaman materi, dengan 90% merasa lebih antusias dalam belajar. Siswa juga mampu mengaitkan penemuan ilmiah dengan konteks sejarah Islam, serta menunjukkan perubahan sikap positif terhadap ilmu pengetahuan. Dukungan dari guru dan orang tua memperkuat keberhasilan program, menciptakan lingkungan belajar yang harmonis. Dengan demikian, integrasi nilai-nilai IPA dalam pembelajaran SKI terbukti efektif dan direkomendasikan untuk diterapkan di sekolah lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahmat, M. M. (2020). Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pendididkan Ilmu Informal, 62-71.

Aziz, T. A. (2025). Strategi Pembelajaran Berdefeririansi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam DI MAN Ende Kab Ende Provinsi NTT. Jurnal Islamic Education, 337-349.

Fauziyah, N. (2013). Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Jurusan Keagamaan Di MAN Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 99-108.

Gina Nurvina Darise, N. M. (2024). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Solusi Mengatasi Kebosanan Siswa Dalam Pembelajaran SKI . Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 58-67.

Nailimuna, L. (2025). Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Islam, 549-563.

Nuril Fatihah, W. A. (2023). Analisis Kesiapan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran SKI si MIN 4 Ponorogo. Jurnal Islamic Pedogagia, 54-63.

Tukang, S. (2023). Penge,bangan Model Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam SKI Berbasis Digital Di MIS LAiwui Obi. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuaqn, 209-219.

Ulil Amri, M. F. (2024). Pendampingan Pemahaman Materi Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI Ma'arif Ponorogo. Jurnal UIN Ponorogo, 75-80.

Downloads

Published

2025-11-07

How to Cite

Luqman Hakim, M. ., Supriadi, G., & Khamsah, N. (2025). PENDAMPINGAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS INTEGRASI NILAI-NILAI IPA BAGI SISWA DI MTS DARUL ULUM PALANGKA RAYA. Jurnal Biogenerasi, 10(4), 2109–2113. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i4.7200