PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Authors

  • Nurul Hatisah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6842

Keywords:

modul digital, gamifikasi

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan modul digital dengan pendekatan gamifikasi pada materi sistem reproduksi manusia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 6 Makassar, dengan sampel sebanyak 14 siswa dari kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket validitas dan kepraktisan yang diberikan kepada ahli dan pengguna. Data yang dikumpulkan meliputi tingkat kelayakan isi dan kemudahan penggunaan modul digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan memperoleh skor validitas sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Sementara itu, penilaian kepraktisan dari guru mencapai 88% (kategori praktis), dan dari siswa sebesar 84,5% (kategori praktis).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N., & Gusmania, Y. (2017). Praktikalitas Dan Keefektifan Modul Geometri Analitik Ruang Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Dimensi, 6(3), 412–420. https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.1075 DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.1075

Dion, D., & Saputra, H. K. (2022). Pengembangan Aplikasi Modul Elektronik (E-Modul) Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 10(4), 70. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119838 DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v10i4.119838

Isnawati, A. U., & Hadi, S. (2021). Penerapan Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Ma’arif Cekok. Prosiding Adaptivia, 205–216. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/download/370/93

Rodiyah, S. R., Nirwana Anas, & Zulfiana Herni. (2023). Pengembangan E-Modul Biologi Materi Sistem Reproduksi Terintegrasi Paradigma Wahdatul ‘Ulum Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Man Batubara. Jurnal Bionatural, 10(2), 176–186. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.725 DOI: https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.725

Rubiman, R., & Kamali, S. R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap. Sintesa, 11(1), 177–186. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/69/75

Downloads

Published

2025-09-06

How to Cite

Hatisah, N. (2025). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Jurnal Biogenerasi, 10(3), 1790–1795. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i3.6842