PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS KELAS XG MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Authors

  • Nanda Emilia Universitas Tanjungpura
  • Titin Universitas Tanjungpura
  • Afandi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i4.6506

Keywords:

case based learning, hasil belajar, virus

Abstract

Masalah dalam penelitian  ini adalah  rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik, terutama dalam pembelajaran materi virus di kelas XG Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Studi ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Case Based Learning pada materi virus. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus, di mana setiap siklus mencakup dua pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar. Instrumen penelitian divalidasi menggunakan validitas isi melalui analisis Aiken's V, serta diuji reliabilitasnya dengan metode Intraclass Correlation Coefficient (ICC) dan Kuder-Richardson Formula 20 (KR-20). Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 68,18% pada Siklus I menjadi 90,91% pada Siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model Case Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya pada materi virus di kelas XG Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiani, A. N., & Mukhibat. (2022). Peran guru dalam meningkatkan hasil belajar melalui metode diskusi pada mata pelajaran IPS terpadu di kelas VII MTS Negeri 3 Ponorogo. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 49-62, DOI: https://doi.org/10.21154/jiipsi.v2i1.509
Besare, S., D. (2020). Hubungan minat dengan aktivitas belajar peserta didik. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 7(1), 18-25. Diunduh di http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index
Fa’izah, L., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh model pembelajaran Case based learning (CBL) terhadap kemampuan lıterası saıns IPA peserta didik kelas V. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1311-1324, DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6081
Fadillah, N. S., Rustaman, N., & Kusumawaty, D. (2021). Analisis kemampuan scientific literacy peserta didik SMA dalam soal PISA pada materi virus dan bakteri. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 83-88, DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41485
Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan. Jurnal Education and development, 10(3). 492-495, DOI https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3861
Firmanshah, M. I., Jamaluddin, J., & Hadiprayitno, G. (2020). Learning difficulties in comprehending virus and bacteria material for senior high schools. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 165–172, DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i1.10981
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan media flashcard untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13-27. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667
Hasbi, A. Z. E., Huda, N., & Hermina, D. (2024). Teknik pengolahan tes pada bidang pendidikan (Tes Tertulis, Tes Lisan, Tes Perbuatan). Al Furqan :JurnalAgama, Sosial, dan Budaya, 3(3),1428-1449. Diunduh di https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan
Kusmiati, E. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan media animasi pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di SMA Negeri 1 Jalaksana. Jurnal Educatio, 7(1), 176-181, DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.794
Maulina, D., Rohali, A., & Rahmawati, I. (2022). Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik SMAN 16 Bandar Lampung berdasarkan perbedaan level akademik. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 102-111, DOI: https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.8398
Nurfadillah, Ramadani, N. A., Magrifah, N., & Dewi, N.W. (2024). Pembelajaran case based learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 3 Maros. Journal Innovation in Education (INOVED), 2(1). 132-138, DOI: https://doi.org/10.59841/inoved.v2i1.873
Santoso, A., Sholikah, O. H., & Pudjiwati, S. (2023). Pengaruh media pembelajaran mind mapping terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada materi penyajian data peserta didik kelas 5 SDN 05 Madiun Lor. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 54-68. Diunduh di https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9408
Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar proses belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan peserta didik melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139, DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Downloads

Published

2025-11-07

How to Cite

Emilia, N., Titin, & Afandi. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS KELAS XG MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK. Jurnal Biogenerasi, 10(4), 2114–2121. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i4.6506

Most read articles by the same author(s)