0INOVASI MODEL PEMBELAJARAN BIDANG IPA UNTUK MEINGKATKAN HASIL BELAJARAN PESERTA DIDIK DIMASA PANDEMIK 19
Ardiansyah
Abstract
Sebagaimana kita ketahui, letak geografis wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan tentunya terdapat perbedaan di masing-masing daerah, sehingga perlu adanya keseragaman persepsi dalam merumuskan regulasi untuk mencapai solusi, terutama di masa pandemik Covid 19, termasuk solusi agar kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan dengan baik di tengah kondisi darurat apapun. Untuk memenuhi kondisi tersebut, Sekolah dan Perguruan tinggi yang ada diwilayah NTB termasuk Pulau Sumbawa banyak melakukan kegaitan belajar jarak jauh, baik itu melalui elearning madrasah, menyediakan buku pelajaran elektronik, membuat video, media, dan modul pembelajaran yang dilakukan secara daring, serta menggunakan aplikasi lain yang mudah digunakan peserta didik. Pembelajaran di rumah tetap diusahakan memenuhi tuntutan kompetensi (KI-KD) pada kurikulum, tetapi lebih ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiyah, kemandirian, dan kesalehan social lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif untuk mendeskripsikan tentang Inovasi Model Pembelajaran IPA Peserta Didik dimasa Pandemik 19.
Downloads
Metrics
References
Ardiansyah. (2020). Strategi Model Discovery Learning. Jawa Tengah: Intishar Publishing
Ardiansyah, M. (2021). NUANSA : Jurnal Ilmiah Pendidikan PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING ( GUIDED INQUIRY ) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN. 13–19.
Dharma, K. Y., Sugihartini, N., & Arthana, I. K. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Dengan Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 298–307. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14481
Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, I. K. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pemahaman Konsep Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 2.
Julaeha, S. (2011). Virtual Learning: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).
Lestari, R. (2013). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–612. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Maiti, & Bidinger. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Web Pada Materi Internet Di Smp Negeri 1 Plupuh. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id
Mustami, M. K. (2009). Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 125–137. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a1
Naranjo, J. (2014). Efektivitas Pembelajaran Biologi Menggunakan Media Slide Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.1016/j.bbapap.2013.06.007
Puspasari, M. E. (2013). Pembentukan Ruang Virtual Media Interaktif Dalam Proses Edukasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rahman, A. (2018). Desain Model dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128–143. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.743
Ridwan. (2003). Peran Kepala Sekolah Sebagai Innovator Dalam Upaya Meningkatkat Profesionalisme Guru Studi kasus SMAN 2 Kota Bima. 1, 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Setyoningsih. (2015). E Learning : Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Elementary, 3(1), 39–58.
Taufik Rahman. (2020). Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Yusufhadi Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Copyright (c) 2021 ardiansyah ardiansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.