DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KUALITAS HIDUP ANAK USIA SEKOLAH KELAS 4-5 DI SD NEGERI PATIHAN KOTA MADIUN

Authors

  • Nisa Afni Hanifah
  • Kartika Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Asrina Pitayanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun
  • Zaenal Abidin Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bhakti Husada Mulia Madiun

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.5096

Keywords:

Kualitas Hidup, Gadget, Usia sekolah

Abstract

Di era digital ini anak anak tidak luput dari gadget. Meskipun gadget memiliki dampak positif dan negatif, namun paparan awal terhadap gadget tumbuh sebagai kecanduan pada anak-anak di usia yang sangat muda dan dapat mempengaruhi perkembangan mental, fisik, kognitif, dan psikologi anak. Hal ini bisa mempengaruhi kualitas hidup yang mengacu pada penilaian subjektif terhadap kesehatan mental dan fisik seseorang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget terhadap kualitas hidup anak usia sekolah di SD Negeri Patihan Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan analitik cross sectional. Populasi penelitian berjumlah 78 siswa-siswi. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel adalah 66 siswa-siswi. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square dengan α=0.05. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar kualitas hidup anak baik sebanyak 41 anak (62,1%) dan durasi penggunaan gadget kurang sebanyak 34 anak (51,5%). Uji statistik didapatkan nilai p = 0,056 artinya tidak ada hubungan antara durasi penggunaan gadget terhadap kualitas hidup anak usia sekolah kelas 4-5 di SD Negeri Patihan Kota Madiun. Sebagian besar anak memiliki kualitas hidup yang baik yang dikarenakan kualitas hidup pada anak tidak hanya dipengaruhi oleh penggunaan gadget,  namun dapat  dipengaruhi oleh  banyak  hal  seperti lingkungan, keluarga, ekonomi atau yang lainnya. Maka diharapkan kualitas hidup anak tetap dijaga agar tidak berubah menjadi kualitas hidup yang buruk atau beresiko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endarti, A. T. (2015). Kualitas Hidup Kesehatan: Konsep, Model, dan Penggunaan. Jurnal Ilniah Kesehatan,7(2).
Fahrudin, H., Cahyaningtyas, A. Y., Sarjana, P., Stikes, K., & Karanganyar, M. H. (2020). Durasi Penggunaan Gadget Berhubungan dengan Interaksi Sosial Remaja di SMP Muhammadiyah 2
Karanganyar (Vol. 1, Issue 2). Online.
Gilban, D. L. S., Alves Junior, P. A. G., & Beserra, I. C. R. (2014). Health related quality of life of children and adolescents with congenital adrenal hyperplasia in Brazil. Health and Quality of Life Outcomes, 12(1). https://doi.org/10.1186/s12955-014- 0107-2
Gupta, A., Kaul, B., Krishan Gupta, R., Gulbar Shah, S., Rajput, S., Nazim Kashani, R., & Mahajan, N. (2023). Consortium of Electronic Gadgets on Oral Health, General Health and Quality of Life of Children. Jammu Province International
Hanssen, T. A., Haugstvedt, A., Haugland, T., Johansen, V. A., Larsen, M. H., Løvereide, L., Løyland, B., Kvarme, L. G., Moons, P., … Helseth, S. (2019). A systematic review of quality of life research in medicine and health sciences. In Quality of Life Research (Vol. 28, Issue 10, pp. 2641–2650). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/s11136-019- 02214-9
Istiqomah, F., Syamsuardi, & Asti, S. (2022). Jurnal JPTI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jurnal JPTI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Indonesia. https://doi.org/10.31004/JPTI.vxix.xxx
Khodaverdi, F. Bahram, A. Asghari M. J. (2012). Quality of Life, Motor Ability, and Weight Status Among School Aged Children of Tehran. Public Health, 41(6), 97-102.
Kumcagiz, H. (2019). Quality of Life as a Predictor of Smartphone Addiction Risk Among Adolescents. Technology, Knowledge and Learning, 24(1), 117–127. https://doi.org/10.1007/s10758-017-9348-6
Mariyama, Lestari I.P, & Sari I.P. (2023).
Pengaruh Intensitas Dan Jenis Pemakaian Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Emosional Pada Anak Usia Sekolah. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.c om/index.php/IJNHS
Muhaimin, T. (2010). Mengukur Kualitas Hidup Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (Vol.5, No.2)
Nikmah, F. J., & Lubis, H. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra-Sekolah (4-6 Tahun). Jurnal Imiah Psikologi,
9(2), 417–429. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Oktaviani, S., Wulandari, D., & Mirasari, T. (2022). Hubungan antara Durasi Penggunaan Gadget Smartphone dengan Kesehatan Mental Anak Usia 4-5 Tahun di Desa Pablenga. Jurnal Stethoscope,
2(2).
Pramesti, J. A. (2019). Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Prestasi Belajar Pada Anak Siswa Siswi Kelas Iv Dan V Di Sekolah Dasar Negeri Slambur Kabupaten Madiun.
Ramaita, Armaita, & Vandelis, P. (2019).
Hubungan Ketergantungan Smartphone Dengan Kecemasan (Nomophobia). Jurnal Kesehatan, 10, 89–93. https://doi.org/10.35730/jk.v10i2.xxx
Setiyawan, K., Luh Sri Apsari, N., Made Yullyantara Saputra, I., Upendra Sindhughosa, W., Permanasari Sinardja, S., Setyorini Mestika Mayangsari, A., Ayu Witarini, K., Ayu Made Ratna Dewi, I., & Ilmu Kesehatan Anak, K. (2023). Kualitas Hidup Remaja Selama Pandemi Covid-19: Analisis Perbedaan Pedsql Self-Report Dan Pedsql Parent-
Proxy Report I Made. JULI, 12(7). https://doi.org/10.24843.MU.2023.V12.i7.P13
Varni, J. W., Seid, M., Smith Knight, T., Burwinkle, T., Brown, J., & Szer, I. S. (2002). The PedsQLTM in pediatric rheumatology: reliability, validity, and responsiveness of the Pediatric Quality of Life InventoryTM Generic Core Scales and Rheumatology Module. Arthritis & Rheumatism, 46(3), 714–725.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Afni Hanifah, N., Kartika, Pitayanti, A. ., & Abidin, Z. . (2024). DURASI PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KUALITAS HIDUP ANAK USIA SEKOLAH KELAS 4-5 DI SD NEGERI PATIHAN KOTA MADIUN. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 576–583. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.5096