PENERAPAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI B SD NEGERI BONTOKAMASE

Authors

  • St. Nurul Fatimah As
  • Uphy Ameliany Univeristas Muhammadiyah Makassar
  • Sirajuddin Univeristas Muhammadiyah Makassar
  • Abdullah Univeristas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4861

Keywords:

Teams Games Tournament (TGT), motivasi belajar, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI B di SD Negeri Bontokamase dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, 30 siswa berperan sebagai subjek. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar, evaluasi hasil belajar, dan observasi terhadap keterlibatan siswa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, menghitung rata-rata serta persentase peningkatan, dan pendekatan kualitatif dengan triangulasi data untuk memastikan ketepatan informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT secara signifikan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata motivasi belajar siswa mengalami kenaikan dari 65,5 pada siklus I menjadi 78,3 pada siklus II. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat, dari 68,7 pada siklus I menjadi 82,1, dengan persentase ketuntasan belajar yang meningkat dari 70% menjadi 90%. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan TGT berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kompetitif dan menarik, yang pada akhirnya mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar. Sebagai kesimpulan, penerapan metode TGT secara sistematis dan terstruktur terbukti menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut adalah untuk menerapkan metode ini pada jenjang pendidikan yang berbeda atau mata pelajaran lain, guna mengeksplorasi hasil yang lebih beragam dan mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A., & Haryanto, T. (2020). Penerapan metode Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 101-112.
Muzaini, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 112-125.
Pratama, A., & Sari, D. P. (2021). Efektivitas Teams Games Tournament dalam meningkatkan interaksi sosial dan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(3), 134-145.
Santoso, B. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada berbagai mata pelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 67-78.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Allyn & Bacon.
Setiawan, A., & Nugroho, R. (2018). Implementasi metode Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi belajar sains siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(3), 145-157.
Suhendra, A., & Rini, W. (2021). *Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di tingkat menengah*. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 95-107.
Rahayu, S. (2021). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 23-34.
Wahyuni, D. (2018). *Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa*. Jurnal Pendidikan, 9(1), 45-58.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Fatimah As, S. N., Ameliany, U. ., Sirajuddin, & Abdullah. (2024). PENERAPAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI B SD NEGERI BONTOKAMASE. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 437–443. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4861