PENERAPAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI B SD NEGERI BONTOKAMASE
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4861Keywords:
Teams Games Tournament (TGT), motivasi belajar, hasil belajar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI B di SD Negeri Bontokamase dengan menggunakan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, 30 siswa berperan sebagai subjek. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar, evaluasi hasil belajar, dan observasi terhadap keterlibatan siswa. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, menghitung rata-rata serta persentase peningkatan, dan pendekatan kualitatif dengan triangulasi data untuk memastikan ketepatan informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT secara signifikan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rata-rata motivasi belajar siswa mengalami kenaikan dari 65,5 pada siklus I menjadi 78,3 pada siklus II. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat, dari 68,7 pada siklus I menjadi 82,1, dengan persentase ketuntasan belajar yang meningkat dari 70% menjadi 90%. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan TGT berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang lebih kompetitif dan menarik, yang pada akhirnya mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar. Sebagai kesimpulan, penerapan metode TGT secara sistematis dan terstruktur terbukti menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut adalah untuk menerapkan metode ini pada jenjang pendidikan yang berbeda atau mata pelajaran lain, guna mengeksplorasi hasil yang lebih beragam dan mendalam.
Downloads
References
Muzaini, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 112-125.
Pratama, A., & Sari, D. P. (2021). Efektivitas Teams Games Tournament dalam meningkatkan interaksi sosial dan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(3), 134-145.
Santoso, B. (2022). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada berbagai mata pelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 67-78.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Allyn & Bacon.
Setiawan, A., & Nugroho, R. (2018). Implementasi metode Teams Games Tournament untuk meningkatkan motivasi belajar sains siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(3), 145-157.
Suhendra, A., & Rini, W. (2021). *Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di tingkat menengah*. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 95-107.
Rahayu, S. (2021). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 23-34.
Wahyuni, D. (2018). *Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa*. Jurnal Pendidikan, 9(1), 45-58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.