Strategi Asesmen untuk Mengukur Kompetensi Abad 21 dalam pemberalajaran biologi

Authors

  • Nila Amelia
  • Rahmawati Universitas Negeri Makassar
  • Adnan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4858

Keywords:

Asesmen, Kompetensi Abad 21, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pembelajaran Biologi, Refleksi Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi asesmen dalam mengukur kompetensi abad 21 dalam pembelajaran biologi. Kompetensi abad 21, seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi, menjadi penting untuk dipelajari dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, wawancara dengan guru biologi, dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen formatif, diagnostik, autentik, dan berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan analitis dan reflektif siswa. Asesmen formatif memberikan umpan balik yang berkelanjutan kepada siswa, sementara asesmen diagnostik membantu guru dalam menyesuaikan pembelajaran berdasarkan kebutuhan individu siswa. Asesmen autentik berbasis proyek dan tugas praktis memungkinkan siswa untuk mengaitkan teori dengan situasi nyata, sedangkan asesmen berbasis HOTS, seperti soal-soal analisis dan pemecahan masalah, efektif dalam menantang siswa untuk berpikir kritis. Selain itu, asesmen diri dan teman sebaya membantu meningkatkan kesadaran siswa akan kekuatan dan kelemahan mereka, serta mendorong tanggung jawab dan refleksi diri. Secara keseluruhan, strategi asesmen ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga mempersiapkan mereka dengan keterampilan penting yang relevan dalam kehidupan dan karier mereka di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Black, P., & Wiliam, D. (2009). Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7–74.
Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma, 8(1), 109–123.
Chamidin, & Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merde.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1989). Fourth Generation Evaluation. SAGE Publications.
Gulikers, J. T. M., Bastiaens, T. J., & Kirschner, P. A. (2023). Authentic Assessment: Practices and Challenges in Modern Education. Educational Research Review, 17(2), 89-105.
Hamid, A. (2019). Higher Order Thinking Skills (HOTS).
McMillan, J. H. (2018). Classroom Assessment: Principles and Practice for Effective Standards-Based Instruction. Pearson.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE Publications.
Patton, M. Q. (2002). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE Publications.
Putri, D. (2021). Assessment as Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa.
Rahman, B., et al. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan.
Ridwan, A. S. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills.

Downloads

Published

2024-12-09

How to Cite

Amelia, N. ., Rahmawati, & Adnan. (2024). Strategi Asesmen untuk Mengukur Kompetensi Abad 21 dalam pemberalajaran biologi. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 437–442. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4858