HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA SISWA KELAS V SDN 101866 KECAMATAN BATANG KUIS

Authors

  • Noni Hasibuan Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Fitri Dian Nila Sari Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Chatrine Virginia Tamara Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Chatrine Virginia Tamara Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Siti Nurlani Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
  • Suharsih Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4585

Keywords:

knowledge, attitude, behavior, vegetables, fruit

Abstract

Elementary school age is a period of rapid growth and development, so the need for nutrients increases significantly. Balanced nutritional food intake is essential to ensure healthy and active child growth and development. One of the messages of balanced nutrition is to improve the consumption of fruits and vegetables by 300-400 grams (3-4 servings) per person per day. This study aims to determine the relationship between knowledge and attitudes towards fruit and vegetable consumption behavior in grade V students of SDN 101866, Batang Kuis District. This study is an observational study with a cross-sectional design, where the independent variables (knowledge and attitudes about fruit and vegetable consumption behavior) and the dependent variable (student behavior of fruit and vegetable consumption collected at the same time using 3 types of questionnaires, namely knowledge, attitude, and behavior questionnaires. The results of the study indicate that there is a relationship between knowledge and fruit and vegetable consumption behavior in Grade V Students of SDN 101866, Batang Kuis District with a p-value of 0.022 (<0.05) which means that knowledge reflects student behavior about fruit and vegetable consumption. There is a relationship between attitudes and fruit and vegetable consumption behavior with a p-value of 0.025 (<0.05) which means that students who have good attitudes are followed by good behavior by students about fruit and vegetable consumption. It can be concluded that good knowledge and attitudes of students will show good behavior about fruit and vegetable consumption.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, D. T., Husnah., Nauval, I dan
Suryawati. 2022. Hubungan Antara
Pengetahuan Gizi Dengan Kebiasaan
Sarapan Pada Mahasiswa. Jurnal
Kedokteran Syiah Kuala. 21 (2): 123
129.
Azadirachta, F.L, dan Sumarmi, S. 2018.
Pendidikan Gizi Menggunakan
Media Buku Saku Meningkatkan
Pengetahuan Dan Praktik Konsumsi
Sayur Dan Buah Pada Siswa Sekolah
Dasar. Media Gizi Indonesia. 12 (2):
107-115.
Faridah, S.N., Sitoayu, L dan Nuzrina, R.
2019. Efektivitas Veggie-Fruit Dart
Game Terhadap Konsumsi Sayur dan
Buah Pada Siswa SDN Duri Kepa 05
PG. Indonesian Journal of Human
Nutrition. 6 (1): 22-31.
Hadi, N.N dan Sembiring, N.P. 2023.
Huhungan Pengetahuan dan Sikap
Terhadap Konsumsi Buah dan Sayur
pada Siswa MTSN 2 Rokan Hulu.
Prosiding Nasional Ketahanan Pangan.
1 (1): 66-74
Isnaningsih, T., Ni’matuzzakiyah, E.,
Khamid, A. dan Anggoro, S. 2022.
Faktor yang Berhubungan dengan
Perilaku Konsumsi Buah dan Sayur
pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah
Permas: Jurnal Ilmiah STIKES
Kendal. 12. (3): 351-360.
Kementerian Kesehatan Republik
Indonesia. 2014. Peraturan Menteri
Kesehatan Republik Indonesia
Nomor 41 Tahun 2014 tentang
Pedoman Gizi Seimbang.
Khomsan, A. 2021. Teknik Pengukuran
Pengetahuan Gizi. IPB Press. Bogor.
Khomsan, I. A. 2022. Teknik Pengukuran
Pengetahuan Gizi Vol. 1. IPB Press.
Bogor.
Lathifuddin, M., A. Nurhayati., R.
Patriasih. 2018. Pengetahuan Buah
dan Sayur Sebagai Hasil Penyuluhan
Gizi Pada Siswa SD yang Mengalami
Obesitas Di Kota Bandung. Jurnal
Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. 7
(1): 45-54.
Mohammad, A dan Madanijah, S. 2015.
Konsumsi Buah dan Sayur pada Anak
Usia Sekolah Dasar Di Bogor. Jurnal
Gizi Pangan. 10 (1): 71-76.
Mukhniyati, A.M., Yusuf, K., Masithah,
S., Musdalifah dan Mustary, M. 2021.
Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis
Edutainment Terhadap Pengetahuan
Dan Perilaku Konsumsi Sayur Dan
Buah Pada Siswa Sdn 5 Barandasi. 12
(2): 57-65.
Na, M. 2017. Hubungan pola konsumsi
buah dan sayur dengan morbiditas
pada siswa di Pondok Pesantren Ilmu
Al-Qur’an, Kecamatan Ciomas,
Kabupaten Bogor. Skripsi. Bogor:
Institut Pertanian Bogor.
Naranjo, J. 2018. Hubungan Antara
Pengetahuan, Sikap Dan Kebiasaan
Makan Pagi Dengan Status Gizi Anak
Di SD N Banyuanyar Iii Kota
Surakarta. Appl Microbiol Biotechnol.
85 (1).
Nopelita T. 2018. Pengetahuan, Sikap Dan
Tindakan Terhadap Konsumsi Sayur
Dan Buah Pada Remaja Di SMA
Methodist 2 Palembang 2018.
Politeknik Kesehatan Palembang.
Skripsi.
Noatodmojo, S. 2014. Promosi Kesehatan
Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Jakarta.
Rachman, B. N., Mustika, I. G dan
Kusumawati, I. A. W. 2017. Faktor
yang berhubungan dengan perilaku
konsumsi buah dan sayur siswa SMP
di Denpasar. Jurnal Gizi Indonesia
(The Indonesian Journal of Nutrition).
6 (1): 9-16.
Ramadhani, A.K dan Afifah, C.A.N. 2021.
Faktor yang Berhubungan dengan
Keragaman Konsumsi Sayuran dan
Buah Remaja Di Wilayah Pesisir
Kabupaten Gresik. Gorontalo Journal
of Nutrition Diabetic. 1 (2): 50-63.
Risti, A. N., Fed, A., Holim, P., Nur, F.R
dan Sofindra, S.U. 2019. Edukasi
Gizi dengan Permainan Komunikata
terhadap Pengetahuan dan Sikap
Konsumsi Sayur Buah, Jajanan dan
Sarapan. Jurnal Riset Kesehatan. 11
(1): 157–164.
Primadi, O. 2017. Tingkatkan Konsumsi
Sayur dan Buah Nusantara Menuju
Masyarakat Hidup Sehat. Melalui :
https://sehatnegeriku.kemkes.go.id.
Diakses pada tanggal 08 Januari 2024.
Putri, N. Y. 2021. Hubungan Pengetahuan
Dan Sikap Dengan Perilaku Konsumsi
Buah Dan Sayur Pada Anak SDN 08
Kota Bengkulu. Skripsi. Politeknik
Kesehatan Kemenkes Bengkulu.
Qibtiyah, M., Rosidati, C dan Siregar,
M.H. 2021. Perilaku Konsumsi Buah
dan Sayur pada Remaja. Jurnal Gizi
Kerja dan Produktivitas. 2 (2): 51-60.
Riset Kesehatan Dasar. 2018. Badan
Penelitian dan Pengembangan
Kesehatan : Laporan Provinsi
Sumatera Utara. Kementerian
Kesehatan, Republik Indonesia.
Jakarta.
Riset Kesehatan Dasar. 2018. Badan
Penelitian dan Pengembangan
Kesehatan, Kementerian Kesehatan,
Republik Indonesia. Jakarta.
Schmitt, S. A., Bryant, L. M., Korucu, I.,
Kirkham, L., Katare, B., & Benjamin,
T. 2019. The effects of a nutrition
education curriculum on improving
young children’s fruit and vegetable
preferences and nutrition and health
knowledge. Public health nutrition. 1
(1): 28-34.
Sholehah, A., D. R. Andrias., S. R.
Nadhiroh. 2016. Preferensi
(Kesukaan), Pengetahuan Gizi Dan
Pengaruh Teman Sebaya Dengan
Konsumsi Buah Dan Sayur Pada
Remaja. Adi Husada Nursing Journal.
2 (2): 1-6.
Sulistiowati, E dan Y. Kurniawan. 2018.
Persepsi dan sikap konsumsi sayur dan
buah pada remaja di Kota Semarang.
Jurnal Gizi Indonesia. 6 (1): 7-14.
Suryaningsih, S dan Rachmawati, R. 2019.
Hubungan antara sikap dengan
konsumsi sayur dan buah pada
mahasiswa. Jurnal Ilmu Kesehatan
Masyarakat. 10 (1): 51-57.
Tia, S. S., Salsabila., Tia, S., Mamat, R.,
Suprihartono., Agung, F., Mulus, G.,
Safaatun, M.N dan Wardatul, J.E.
2019. Edukasi Dengan Media Video
Animasi Dan Powerpoint
Meningkatkan Pengetahuan Dan
Asupan Konsumsi Sayur Dan Buah.
Jurnal Riset Kesehatan. 11 (1): 183
190.
Zafira, D dan Farapti, F. 2020. Konsumsi
Sayur dan Buah pada Siswa Sekolah
Dasar (Studi pada Makan Siang
Sekolah dan Bekal). Amerta Nutrition.
2020 (1): 185-190.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Hasibuan, N., Dian Nila Sari, F. ., Virginia Tamara, C. ., Virginia Tamara, C. ., Nurlani, S. ., & Suharsih. (2024). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA SISWA KELAS V SDN 101866 KECAMATAN BATANG KUIS. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 295–303. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4585