PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENILAIAN KARAKTER KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan penilaian karakter siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA Matematika, dengan fokus pada empat aspek: model penilaian yang digunakan guru, desain pengembangan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, serta kepraktisan instrumen. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), mengikuti model Djemari Mardapi yang dimodifikasi menjadi tiga tahap: studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi syarat validitas, reliabilitas, dan kepraktisan. Validasi instrumen dilakukan oleh empat validator dan disarankan untuk direvisi sebelum uji coba. Uji reliabilitas menunjukkan hasil yang sangat tinggi, dengan skor rata-rata reliabilitas 0,783 pada uji coba terbatas, dan meningkat menjadi 0,868 dan 0,906 pada uji coba skala besar di dua sekolah. Analisis validitas konstrak menggunakan uji one-way ANOVA menunjukkan nilai KMO 0,85, yang dinyatakan valid. Kepraktisan instrumen juga diuji dengan angket, menunjukkan nilai kepraktisan yang baik dengan skor antara 55 dan 80 dari 20 responden guru. Buku panduan ini diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam mengevaluasi pembelajaran karakter siswa di kelas.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Alfansuri, D. U., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Development of Instrument Self-Concept Assessmen Student on Learning Mathematics in Junior High School SMP NU Al-Amin Dukuhturi , Tegal , Indonesia. Jere, 7(10), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Azwar. (2012). Reliabilitas dan Validitas (Edisi 4.). Pustaka Belajar.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia.
Emerentiana, P., Lestari, W., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Katholik Berbasis Aplikasi Android . In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 950–954.
Jamal, A. S., & Hadromi, H. (2021). Development Of LED-Based Props on Planetary Type Starter Motor Maintenance Competency in Vocational Schools. Journal of Educational Research and Evaluation, 10(1), 8–18. https://doi.org/10.15294/jere.v10i1.46891
Kurniastuti, I., & Azwar, S. (2014). Constructtion of Student Well-being Scale for 4-6th Graders. Jurnal Psikologi, 41(1), 1. https://doi.org/10.22146/jpsi.6954
M. Rijali, R. (2020). Analisis instrumen kinerja matematika dengan menggunakan metode exploratory factor analysis (EFA). Jurnal Sinar Edukasi, 01(03), 45–56.
Mustari. (2014). Nilai Karakter : Refleksi Untuk Pendidikan Karakter.
Nurhadi, N., Rosidin, U., & Suana, W. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial Pada Pembelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 2(4), 119121.
Nursalam. (2016). Pengaruh Pengetahuan Metakognisi Dan Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 231–244. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a7
Pala. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Sabaruddin. (2019). Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318
Surahman, S., & Setiawan, E. B. (2017). Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Jurnal ULTIMA InfoSys, VIII(1), 8(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/si.v8i1.554
Tausih, T. U., & Marno, M. (2021). Pelaksanaan Penilaian Ranah Afektif Menggunakan Google Form di Era New Normal. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 103–113. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.12270
UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk Paud dan Sekolah). 1–363.