PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENILAIAN KARAKTER KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Paula Emerentiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan penilaian karakter siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA Matematika, dengan fokus pada empat aspek: model penilaian yang digunakan guru, desain pengembangan instrumen, validitas dan reliabilitas instrumen, serta kepraktisan instrumen. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), mengikuti model Djemari Mardapi yang dimodifikasi menjadi tiga tahap: studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan memenuhi syarat validitas, reliabilitas, dan kepraktisan. Validasi instrumen dilakukan oleh empat validator dan disarankan untuk direvisi sebelum uji coba. Uji reliabilitas menunjukkan hasil yang sangat tinggi, dengan skor rata-rata reliabilitas 0,783 pada uji coba terbatas, dan meningkat menjadi 0,868 dan 0,906 pada uji coba skala besar di dua sekolah. Analisis validitas konstrak menggunakan uji one-way ANOVA menunjukkan nilai KMO 0,85, yang dinyatakan valid. Kepraktisan instrumen juga diuji dengan angket, menunjukkan nilai kepraktisan yang baik dengan skor antara 55 dan 80 dari 20 responden guru. Buku panduan ini diharapkan dapat digunakan oleh guru dalam mengevaluasi pembelajaran karakter siswa di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Emerentiana, P. (2024). PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENILAIAN KARAKTER KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 128 - 134. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4451
Section
Articles

References

Al, N. at. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia Sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 44–51.
Alfansuri, D. U., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Development of Instrument Self-Concept Assessmen Student on Learning Mathematics in Junior High School SMP NU Al-Amin Dukuhturi , Tegal , Indonesia. Jere, 7(10), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere
Azwar. (2012). Reliabilitas dan Validitas (Edisi 4.). Pustaka Belajar.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia.
Emerentiana, P., Lestari, W., Kurniawati, Y., & Pranoto, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Katholik Berbasis Aplikasi Android . In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 950–954.
Jamal, A. S., & Hadromi, H. (2021). Development Of LED-Based Props on Planetary Type Starter Motor Maintenance Competency in Vocational Schools. Journal of Educational Research and Evaluation, 10(1), 8–18. https://doi.org/10.15294/jere.v10i1.46891
Kurniastuti, I., & Azwar, S. (2014). Constructtion of Student Well-being Scale for 4-6th Graders. Jurnal Psikologi, 41(1), 1. https://doi.org/10.22146/jpsi.6954
M. Rijali, R. (2020). Analisis instrumen kinerja matematika dengan menggunakan metode exploratory factor analysis (EFA). Jurnal Sinar Edukasi, 01(03), 45–56.
Mustari. (2014). Nilai Karakter : Refleksi Untuk Pendidikan Karakter.
Nurhadi, N., Rosidin, U., & Suana, W. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Spiritual Dan Sosial Pada Pembelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 2(4), 119121.
Nursalam. (2016). Pengaruh Pengetahuan Metakognisi Dan Gaya Belajar Visual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa. MaPan, 4(2), 231–244. https://doi.org/10.24252/mapan.2016v4n2a7
Pala. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Sabaruddin. (2019). Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 9. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318
Surahman, S., & Setiawan, E. B. (2017). Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan. Jurnal ULTIMA InfoSys, VIII(1), 8(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/si.v8i1.554
Tausih, T. U., & Marno, M. (2021). Pelaksanaan Penilaian Ranah Afektif Menggunakan Google Form di Era New Normal. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 103–113. https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.12270
UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc
Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk Paud dan Sekolah). 1–363.