KARAKTERISTIK DAN HABITAT GASTROPODA DI PANTAI BERBATU KELURAHAN WAIBALUN KABUPATEN FLORES TIMUR

Main Article Content

Maria Imaculata Rume
Maria Theresia D Tei

Abstract

Gastropoda merupakan hewan yang relatif hidup menetap di dasar perairan dan sering digunakan sebagai indikator terhadap kualitas perairan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis gastripoda yang menempati wilayah Pantai berbatu kelurahan Waibalun. Metode penelitian yang digunakan melalui deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel gastropoda melalui penjelajahan sepanjang Pantai. Dari hasil penelitian dan berdasarkan identifikasi diperoleh ada delapan ordo, dua belas famili dan tujuh belas spesies gastropoda yang ditemukan di wilayah Pantai berbatu kelurahana Waibalun, yakni spesies Lambis lambis, Harpago chiragra, Morula granulate, Vasum turbinelus, Lentigo lentiginosus, Turbo chrysostomus, Patella vulgate, Tectura scutum, Nerita costata, Nerita undata, Cypraea  caputserpentis, Cerithium vulgatum, Chicoreus cornucervi, Angaria delphinus, Angaria javanica, Haliotis squamata  dan Haliotis asinina. Habitat dari jenis gastropoda yang ditemukan yakni bebatuan, batuan karang dan batuan kerikil.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Imaculata Rume, M., & Theresia D Tei, M. (2024). KARAKTERISTIK DAN HABITAT GASTROPODA DI PANTAI BERBATU KELURAHAN WAIBALUN KABUPATEN FLORES TIMUR. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 82 - 88. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4432
Section
Articles

References

Anonim. (2022). World Register Marine Species. http://www.marinespecies.org.diakses pada tanggal 27 Oktober 2023.
Bhuja P., Fransiskus K. D., dan Hendrik S. (2020). Keanekaragaman Dan Kelimpahan Jenis Gastropoda Pada Ekosistem Mangrovedi Pantai Teluk Gurita Desa Dualauss Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu. Jurnal Biotropikal Sains, Vol.17. No.2.
Desy, Wa.,Dyah Pramsthi I.A., dan Kusrini. (2022). Identifikasi Jenis-Jenis Gastropoda di Zona Intertidal Perairan Pantai Desa Lontoi Kecamatan Siaompu Kabupaten Buton Selatan. Penalogik; Jurnal Penelitian Biologi dan Kependidikan. Vol.1.No.1.
Hawan, F. K., Novi I. Bullu dan Apriliana. B. (2020). Identifikasi Jenis Gastropoda Pada Zona Intertidal Pantai Deri Dan Pantai Watotena Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Jurnal Bioma, Vol. 22, No.1.
Octavina,C., Muhammad.I dan Dwi Z Feriska. (2023). Community Structure of Gastropods and Bivalves in Sabang Coastal Waters. Jurnal Moluska Indonesia. Vol 7(2): 53–67. https ://doi.org/10.54115/jmi.v7i2.89
Parwadani, L.A.H.,Andriani, W., Yohana F. (2015). Katalog Moluska; Gastropoda: Strombidae. Unit Pelaksana Teknis Konservasi Biota Laut Biak. Pusat Penelitian Oseanografi. LIPI.
Riniatsih. I., Kushartono, E. W. (2009). Substrat dan Parameter Oseanografi sebagai Penentu Keberadaan Gastropoda dan Bivalvia di Pantai Sluke Kabupaten Rembang. Jurnal Kelautan. Vol. 14 (1) : 50-59.
Rume, MI.,Maria, TD Tei.,Hartina I. (2023). Studi Bioekologi Echinodermata Di Perairan Pantai Berbatu Kelurahan Waibalun Kabupaten Flores Timur. Seminar Nasional Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia. Vol.3. ISBN: 978-623-98255-4-6. Hal: 102-116.
Safa’at. (2023). Kelimpahan Gastropoda di Perairan Laut Pantai Bonebula Kabupaten Donggala Kecamatan Banawa Tengah. Buku Saku elektronik. Jurusan Matematiaka dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako.
Satria M. (2014). Keanekaragaman dan Distribusi Gastropoda di Perairan Desa Berakit Kabupaten Bitan. Skripsi. Fakultas Kelautan dan Perikanan. UMRAH Tanjunpinang.
Slamet, R.,Dewi.P.,dan Bertoka, FSP Negara. (2021). Identifikasi Jenis dan Kelimpahan Gastropoda di Pantai Teluk Sepang Kota Bengkulu. Jurnal Perikanan, Vol.11 (1): 26-34.
Surbakti, K dan Marlon NR Ririmasse. (2016). Karakteristik dan habitat Moluska di Situs Hatusua Seram Bagian Barat Maluku Indonesia. Jurnal Kapata Arkeologi, Vol.12 (1): 91-102. http://kapata-arkeologi.kemdikbud.go.id.