META ANALISIS - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) FASE E SMA
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4420Keywords:
Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, BiologiAbstract
Tujuan dari penelitian meta-analisis ini adalah untuk membuktikan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik memberikan manfaat dalam bidang pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran biologi dengan menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis, yaitu metode untuk menggabungkan dan menganalisis data dari beberapa penelitian terdahulu. hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL secara umum valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa di berbagai materi pembelajaran biologi. Berdasarkan meta-analisis dari tujuh artikel mengenai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Biologi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL terbukti valid, praktis, dan efektif. Setiap penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, dan sikap ilmiah siswa.
Downloads
References
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses sains dan instrumen asesmen KPS bagi guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7.
Ernita, S., Ningsih, S., & Anwar, M. (2023). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada pelajaran biologi materi sistem pernapasan di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 22-35.
Fariroh, A., & Anggraito, Y. U. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi virus kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 142-155.
Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283-290.
Ismaya, L. (2019). Berpikir kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Khotimah, K., & Kuntjoro, S. (2019). Keefektifan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) problem based learning berbasis kearifan lokal pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA. Jurnal Sains dan Pendidikan, 10(1), 45-60.
Khovivah, A., Supriyanto, S., & Mustofa, A. (2022). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 13(3), 102-115.
Kholifahtus. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143-151.
Novita, K., Santoso, D., & Rahmawati, R. (2022). Pengembangan LKPD materi keanekaragaman hayati berbasis model problem based learning kelas X SMA. Jurnal Biologi dan Pendidikan, 8(2), 77-90.
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scaffolding untuk melatih pemahaman konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84-97.
Septia Putri, N., Utami, S., & Hidayati, N. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) materi pemanasan global untuk fase E SMA/MA. Jurnal Pendidikan dan Sains, 12(2), 88-101.
Soviawati. (2011). Pengembangan model pembelajaran matematik realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian dan Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah.
Tim Pengembang MKDP. (2013). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Wiguna, M. C. (2016). Pengembangan LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk meningkatkan sikap ilmiah dan minat siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 176-183.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.