META ANALISIS - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) FASE E SMA

Authors

  • monica putri wijaya monica a:1:{s:5:"en_US";s:25:"universitas negeri padang";}

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4420

Keywords:

Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, Biologi

Abstract

Tujuan dari penelitian meta-analisis ini adalah untuk membuktikan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik memberikan manfaat dalam bidang pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran biologi dengan menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis, yaitu metode untuk menggabungkan dan menganalisis data dari beberapa penelitian terdahulu. hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL secara umum valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa di berbagai materi pembelajaran biologi. Berdasarkan meta-analisis dari tujuh artikel mengenai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Biologi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL terbukti valid, praktis, dan efektif. Setiap penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, dan sikap ilmiah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D., & M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning pada materi kolor di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 1(1).
Diella, D., & Ardiansyah, R. (2019). Pelatihan pengembangan LKPD berbasis keterampilan proses sains dan instrumen asesmen KPS bagi guru IPA. Publikasi Pendidikan, 9(1), 7.
Ernita, S., Ningsih, S., & Anwar, M. (2023). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada pelajaran biologi materi sistem pernapasan di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 22-35.
Fariroh, A., & Anggraito, Y. U. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada materi virus kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 142-155.
Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.
Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis minat dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283-290.
Ismaya, L. (2019). Berpikir kritis & PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Khotimah, K., & Kuntjoro, S. (2019). Keefektifan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) problem based learning berbasis kearifan lokal pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA. Jurnal Sains dan Pendidikan, 10(1), 45-60.
Khovivah, A., Supriyanto, S., & Mustofa, A. (2022). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 13(3), 102-115.
Kholifahtus. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 143-151.
Novita, K., Santoso, D., & Rahmawati, R. (2022). Pengembangan LKPD materi keanekaragaman hayati berbasis model problem based learning kelas X SMA. Jurnal Biologi dan Pendidikan, 8(2), 77-90.
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scaffolding untuk melatih pemahaman konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84-97.
Septia Putri, N., Utami, S., & Hidayati, N. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based learning (PBL) materi pemanasan global untuk fase E SMA/MA. Jurnal Pendidikan dan Sains, 12(2), 88-101.
Soviawati. (2011). Pengembangan model pembelajaran matematik realistik untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam mata pelajaran matematika. Penelitian dan Pengembangan Madrasah Ibtidaiyah.
Tim Pengembang MKDP. (2013). Kurikulum & Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Wiguna, M. C. (2016). Pengembangan LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk meningkatkan sikap ilmiah dan minat siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 176-183.

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

monica, monica putri wijaya. (2024). META ANALISIS - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) FASE E SMA. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 89–95. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4420