PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING ONLINE (IBO) DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN DASAR-DASAR BUDIDAYA PERIKANAN DI SMK NEGERI 9 MAKASSAR

Main Article Content

Mutmainnah Muamalia
Subari Yanto

Abstract

This research is classroom action research which aims to determine the effect of applying Ice Breaking Online (IBO) on Learning Motivation, Interest in Learning, and Learning Outcomes in Students at SMK Negeri 9 Makassar. Research data was obtained from questionnaire results, interview data, and learning tests from students. The results of research on the effect of improving student learning in cycle I were 74%, cycle II 16%.  The final results of the study showed that the first cycle was 79% and the second cycle was 91%. Analysis using the normality gain test for cycle I was 0.69% and cycle II was 0.90%. It can be concluded that the application of Ice Breaking Online (IBO) can improve learning outcomes for students, both motivation, interest and learning outcomes for students for the basics of fisheries cultivation at SMKN 9 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Muamalia, M., & Yanto, S. (2024). PENGARUH PENERAPAN ICE BREAKING ONLINE (IBO) DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN DASAR-DASAR BUDIDAYA PERIKANAN DI SMK NEGERI 9 MAKASSAR. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 23 - 26. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4388
Section
Articles

References

Adi Soenarno, 2010. Ice Breaking Permainan Atraktif-Edukatif Untuk Pelatihan Manajemen, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Aditya Susilo, C. (2020). Coronavirus Disease 2019 :Tinjauan Literaratur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam indonesia, 7 (1), 45-67.
Bariah, S. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5 (1), 31-47.
Candri, ”Pengaruh Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Di Smp Negeri 1 Gebang Kecamatan Gebangkabupaten Cirebon”. Cirebon: Skripsi IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2013.
Dimyati dan Mudjiono, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta,
Hamzah B. Uno, 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Iisti Khadiyanti, 2013. “Pengaruh Ice Breaking dan Media Poster Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Peserta didik SD Negeri Panjang 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014”, Skripsi: Surakarta, 2014. Skripsi: Makasar,
Kemenristekdikti. 2019. Panduan Proses Pembelajaran Daring SPADA 2019.
Jakarta. Kode : Pendpgsd-0046), Pengaruh Ice Breaking Berbantuan Musik Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Bagi Peserta didik Kelas III, (Skripsi)
Komalasari, K, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.
Komara, E, 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
M. Said, 2010. 80+ Ice breaking Games-Kumpulan Permainan Penggugah Semangat, Yogyakarta: Andi Offset.
Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh : Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Mutia, I. 2015. Kajian Penerapan e-learning dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor Exacta, 6.4 : 278-289.
Nida, 2017. “Varian Ice Breaking: Segerkan Aktivitas Pembelajaran http://komunikasi. um.ac.id/?p=2432”.
Oemar Hamali. 2010. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E, 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri
4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains, 56-60.
Penerbit Cerdas Jaya. Komara, E, 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Purwanti, D. P, 2014. Efektivitas Pembelajaran E-LearningBerbasis Goesmart Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata PelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi : Penelitian Eksperimen Terhadap Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bandung. (Skripsi) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.
Rigianti, H. A, 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7 (2).
Riya Susanah Dedy Hidayatullah Alarifin, 2013. “ Penerapan Permainan Penyegar (Ice Breaking) Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar”.(Sskripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro,.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sagala, S, 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suryarti, 2014. “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motovasi Belajar Kimia Peserta didik Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014” (Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Yazdi, M. 2012. E-Learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi . Jurnal ilmiah foristek, 2 (1).