Pengembangan E-Modul berbasis Flip PDF Professional pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Main Article Content

Fazriyatul Choiroh
Sri Wahyuni
Rusdianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis flip pdf profesional untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIII di SMP Islam 01 Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian ini meliputi 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, validasi, respon siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penilaian validator diperoleh skor validasi sebesar 81,87% dengan kategori valid. Kemudian hasil analisis kepraktisan oleh observer memperoleh skor kepraktisan sebesar 78,5% dengan kriteria praktis. Selain itu pada hasil keefektifan diperoleh hasil n-gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan angket respon siswa diperoleh rata-rata sebesar 78,5%  dengan kategori positif. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis flip pdf profesional valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Choiroh, F., Wahyuni, S., & Rusdianto. (2024). Pengembangan E-Modul berbasis Flip PDF Professional pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Biogenerasi, 9(2), 1215 - 1221. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i2.4082
Section
Articles

References

Adriani, D., K. H. Prasetyo, dan E. L. Astutingtyas. 2020. Respon Siswa Terhadap Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Matematika. Absis. Mathematics Education Journal. 2(1): 24-30
Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Digital Dalam Proses belajar Mengajar. Journal Of Primary Education. Genderang Asa : Journal Of Primary Education, 2(2), 76–87.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods. American Journal of Physics, 66, 64–74
Hoiroh, A. M. dan Isnawati. 2020. Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 9(1): 293-301.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432
Prasetyo, D., & Zulherman, Z. (2023). Pengembangan E-Book Berbantuan Flip Pdf Profesional Pada Materi Tumbuhan dan Hewan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1709–1718. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.582
Rahma, Y. A., & Ernawati, T. (2024). Analisis Peran Flipbook Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Pembelajaran IPA SMP/MTs. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(1), 231-237.
Sunarya, R. R., Hijriansyah, R., & Aisyah, R. (2024). Implementation of Problem Solving-Based Electron Configuration E-Modules to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jpki.v8i1.70029
Umamit, R, S. H. Nur dan D. Leastianty. Pengaruh Model Problem Posing Berbantuan Flip PDF Profesional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Negeri 1 Sanana pada Materi Hukum Dasar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair. 2 (2): 17-22.
Wardhana, S. O., & Hidayah, R. 2022. E-Modul Interaktif Berbasis Nature Of Science (NOS) Perkembagan Teori Atom Untuk Meningkatkan Level Kognitif Literasi Sains Peserta Didik. Unesa Journal of Chemical Education, 11(1): 34-43

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'