Kajian Literatur : Mengembangkan Keterampilan Abad-21 Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3654Keywords:
Kajian Literatur, Model Pembelajaran Kimia, Pengembangan Keterampilan, Peserta DidikAbstract
Pendidikan pada abad ke-21 menuntut pengembangan keterampilan abad 21 yang meliputi berpikir kritis, berpikir kreatif, pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran kimia. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan artikel-artikel terkait yang telah dipublikasikan dalam lima tahun terakhir. Studi literatur ini menunjukkan bahwa pengembangan keterampilan abad ke-21, terutama keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah dalam pembelajaran kimia, dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan dan model pembelajaran. Penggunaan media berbasis teknologi informasi, seperti e-learning dan e-modul, serta model pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, seperti Problem Based Learning (PBL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT), dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan abad 21, terutama berpikir kritis, dapat ditingkatkan melalui penggunaan berbagai metode dan media pembelajaran, seperti e-learning, Problem Based Learning (PBL), dan discovery learning. Selain itu, penggunaan tes open-ended problem, pembelajaran berbasis TPACK, dan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran kimia.
Downloads
References
Aldian, H., & Wahyudiati, D. (2023b). Analisis Pengaruh Bahan Ajar Kimia Berbasis IT Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(1), 207–216. https://doi.org/10.33394/jp.v10i1.5484
Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066
Ayirahma, R. M., & Muchlis, M. (2023a). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 675–683. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i6.1961
Ayu, P. E. S. (2019). Keterampilan belajar dan berinovasi abad 21 pada era revolusi industri 4.0. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(1), 77-83.
Ayirahma, R. M., & Muchlis, M. (2023b). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 675–683. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i6.1961
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. In Depdiknas.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Hadinugrahaningsih, 2017. (2023). Cakrawala Jurnal Pendidikan Special Issue for Pedagogy 2023. Jurnal Pendidikan, Special Issue for Pedagogy 2023, 1 sampai 13. https://doi.org/10.24905/cakrawala
Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Developing 21st century skills in chemistry classrooms: Opportunities and challenges of STEAM integration. AIP Conference Proceedings, 1868. https://doi.org/10.1063/1.4995107
Ihsan, M. S., Ramdani, A., & Hadisaputra, S. (2019a). Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 84–87. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1238
Ihsan, M. S., Ramdani, A., & Hadisaputra, S. (2019b). Pengembangan E-Learning Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 84–87. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1238
Ilhami Novili, W., Utari, S., & Saepuzaman, D. (2016). Penerapan Scientific Approach untuk Meningkatkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi Siswa SMP pada Topik Kalor. 2(1). https://doi.org/10.21009/1
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (n.d.). OPTIMALISASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA GURU MTs MASSARATUL MUT’ALLIMIN BANTEN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72.
Litbang Kemendikbut, 2017. (2019). JURNAL CAKRAWALA PENDAS Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 133.
Mohamad, E., Iyabu, H., Wiwiyani, W., Sihaloho, M., Bialangi, N., & Kilo, A. La. (2023a). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sel Volta dan Sel Elektrolisis dengan Menggunakan Tes Open-Ended Problem. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.14492
Mohamad, E., Iyabu, H., Wiwiyani, W., Sihaloho, M., Bialangi, N., & Kilo, A. La. (2023b). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sel Volta dan Sel Elektrolisis dengan Menggunakan Tes Open-Ended Problem. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i2.14492
Mukhadis, A. (2013). Indonesian Human Resources of Excellence and Divine Character. Pendidikan Karakter, III, 115–136.
Mulia Rejeki Tumanggor, A., Wilujeng, I., & Siringo Ringo, E. (2019). The Profile of Students’ Physics Problem Solving Ability in Optical Instruments. https://doi.org/10.21009/1
Mustaghfiroh, S., & Metro Lampung, I. (2020). Konsep "Merdeka Belajar. In Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 04, Issue 1).
Novili, W. I., Utari, S., & Saepuzaman, D. (2016). Penerapan Scientific Approach untuk Meningkatkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 51–56. https://doi.org/10.21009/1.02108
Nuraeni, S., Feronika, T., & Yunita, L. (2019a). Implementasi Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di Abad 21. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 49–56.
Nuraeni, S., Feronika, T., & Yunita, L. (2019b). Implementasi Self-Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia di Abad 21. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 49–56.
Purnamawati, H. (2021a). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 664. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521
Purnamawati, H. (2021b). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 664. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521
Rayinda, 2019. (2019). KECAKAPAN ABAD 21: KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK MASA DEPAN. Jurnal ManajemRayinda, 2019. (2019). KECAKAPAN ABAD 21: KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK MASA DEPAN. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. Www.P21.Orgen Pendidikan, 14(2), 144–151. www.p21.org
RELEVANSI FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL MERDEKA BELAJAR DI INDONESIA. (n.d.).
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020a). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020b). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709
Saat, S. (2015). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN DALAM PENDIDIKAN (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17.
Saraswati, L. M. (n.d.). Evaluasi Penerapan Aplikasi Government Resource Management System (GRMS) Lucky Marlina Saraswati, Priyanto SMIA-Edisi Khusus Tema Pelayanan Publik Tahun 2023 EVALUASI PENERAPAN APLIKASI GOVERNMENT RESOURCE MANAGEMENT SYSTEM (GRMS) DALAM MENCAPAI GOOD GOVERNANCE DI PEMERINTAH KOTA SURABAYA.
Sari, N. N., & Haryani, S. (2020a). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Chemistry in Education, 9(2), 40–47.
Sari, N. N., & Haryani, S. (2020b). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Chemistry in Education, 9(2), 40–47.
Taher, T. (2023a). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463
Taher, T. (2023b). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463
Yulianisa, Rizal, F., Oktaviani, & Abdullah, R. (2018). Tinjauan Keterampilan Abad 21 (21St Century Skills)Di Kalangan Guru Kejuruan (Studi Kasus: Smk Negeri 2 Solok). CIVED: Journal of Civil and Engineering and Vocational Education, 5(3), 4.
Yuniandriyani, E., Muhaimin, & Ernawati, Md. W. (2022a). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Hidrolisis Garam di SMA. Journal on Teacher Education, 4(2), 281–292.
Yuniandriyani, E., Muhaimin, & Ernawati, Md. W. (2022b). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Hidrolisis Garam di SMA. Journal on Teacher Education, 4(2), 281–292.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.