Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Soal Evaluasi HOTS Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengujian Mutu Pangan Di SMK SMTI Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3458Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Soal HOTSAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk menggambarkan indikator keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas XI PM SMK SMTI Makassar dalam mata pelajaran pengujian mutu pangan selama tahun ajaran 2021/2022. Fokus variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian terdiri dari 57 siswa kelas XI SMK SMTI Makassar. Mengembangkan keterampilan dasar, mengambil kesimpulan, dan memberikan penjelasan yang jelas merupakan tanda-tanda kemampuan berpikir kritis yang telah diteliti. Data penelitian diperoleh melalui pemberian tes keterampilan berpikir kritis menggunakan soal HOTS. Analisis statistik deskriptif, analisis daya diferensial, dan analisis kesukaran soal merupakan contoh teknik analisis data. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa dalam menjawab pertanyaan pada mata pelajaran uji kualitas makanan dengan sampel sebanyak 57 siswa ditentukan berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, menunjukkan bahwa indikator keterampilan berpikir kritis yang melibatkan penjelasan sederhana berada dalam kategori rendah, dengan persentase 30%. Indikator keterampilan berpikir kritis yang melibatkan penarikan kesimpulan juga berada dalam kategori rendah, dengan persentase 51%, sementara indikator keterampilan berpikir kritis dalam membangun keterampilan dasar berada dalam kategori rendah, dengan persentase 45%.
Downloads
References
Arfandi, a, et al. 2021. Penguatan Kapasitas Guru SMK Kompetensi Keahlian
Elektronika Industri pada Pembelajaran Berfikir Kritis dan
Penyusunan Soal HOTS : Jurnal Dedikasi. Vol 23. No 1.
Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research,10(2),020119.https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119
Ivie, S.D. (2011). Metaphor: A model for teaching critical thinking. Contemporary Education, Journal of Educational Research . Vol. 72. No.1.18-22
Kristiyono, A. 2018. Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 2. No.31.
Mauliana, W. 2020. Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 5. No. 1 : 67-82
Nuryanti, Lilis. Siti Zubaidah. & Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana
Tiruneh, DT, Verburgh, A., dan Elen, J.,.2014. Efektifitas Instruksi Berpikir Kritis di
Pendidikan Tinggi: Tinjauan Sistematis Studi Intervensi. Vol. 4(1).
Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Sains. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.