Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Soal Evaluasi HOTS Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengujian Mutu Pangan Di SMK SMTI Makassar

Authors

  • Ayu Nita
  • M.Rais
  • Nur Rahmah

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3458

Keywords:

Keterampilan Berpikir Kritis, Soal HOTS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk menggambarkan indikator keterampilan berpikir kritis pada siswa kelas XI PM SMK SMTI Makassar dalam mata pelajaran pengujian mutu pangan selama tahun ajaran 2021/2022. Fokus variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Sampel penelitian terdiri dari 57 siswa kelas XI SMK SMTI Makassar. Mengembangkan keterampilan dasar, mengambil kesimpulan, dan memberikan penjelasan yang jelas merupakan tanda-tanda kemampuan berpikir kritis yang telah diteliti. Data penelitian diperoleh melalui pemberian tes keterampilan berpikir kritis menggunakan soal HOTS. Analisis statistik deskriptif, analisis daya diferensial, dan analisis kesukaran soal merupakan contoh teknik analisis data. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa dalam menjawab pertanyaan pada mata pelajaran uji kualitas makanan dengan sampel sebanyak 57 siswa ditentukan berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, menunjukkan bahwa indikator keterampilan berpikir kritis yang melibatkan penjelasan sederhana berada dalam kategori rendah, dengan persentase 30%. Indikator keterampilan berpikir kritis yang melibatkan penarikan kesimpulan juga berada dalam kategori rendah, dengan persentase 51%, sementara indikator keterampilan berpikir kritis dalam membangun keterampilan dasar berada dalam kategori rendah, dengan persentase 45%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D, N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Dalam Pembelajaran Biologi: Jurnal Florea. Volume 6. No 1.
Arfandi, a, et al. 2021. Penguatan Kapasitas Guru SMK Kompetensi Keahlian
Elektronika Industri pada Pembelajaran Berfikir Kritis dan
Penyusunan Soal HOTS : Jurnal Dedikasi. Vol 23. No 1.
Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research,10(2),020119.https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119
Ivie, S.D. (2011). Metaphor: A model for teaching critical thinking. Contemporary Education, Journal of Educational Research . Vol. 72. No.1.18-22
Kristiyono, A. 2018. Urgensi dan Penerapan Higher Order Thingking Skills di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 2. No.31.


Mauliana, W. 2020. Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 5. No. 1 : 67-82
Nuryanti, Lilis. Siti Zubaidah. & Markus Diantoro. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana


Tiruneh, DT, Verburgh, A., dan Elen, J.,.2014. Efektifitas Instruksi Berpikir Kritis di
Pendidikan Tinggi: Tinjauan Sistematis Studi Intervensi. Vol. 4(1).
Zubaidah, S. 2010. Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Sains. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Nita, A. ., M.Rais, & Rahmah, N. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Soal Evaluasi HOTS Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pengujian Mutu Pangan Di SMK SMTI Makassar. Jurnal Biogenerasi, 9(1), 751–757. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v9i1.3458