ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BARRU PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER

Main Article Content

Muh. Rizal Kurniawan Yunus

Abstract

Abstrak


Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu dari keterampilan abad 21 yang penting dimiliki oleh setiap individu, dimana saat ini bukan lagi masa untuk saling bersaing dan menutup diri, namun telah memasuki masa untuk saling berkolaborasi dalam menghadapi tantangan era society 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Barru pada model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode diskripitif digunakan untuk mendapatkan data tentang keterampilan kolaborasi peserta didik yang kemudian diinterpretasi mengenai data yang telah didapatkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Barru. Teknik pengambilan  sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengampilan sampel secara acak (random sampling) secara sederhana sehingga dipilih kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebagai sampel penelitian dengan total sampel sebanyak 63 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam dalam peneilitian ini adalah lembar observasi keterampilan kolaborasi yang kemudian akan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengumpulan data mengguanakan angket keterampilan kolaborasi didapatkan data bahwa sebagian besar peserta didik memiliki skor keterampilan kolaborasi pada kategori tinggi yaitu 54%, kemudian 30% berada pada kategori sangat tinggi, 11% berada pada kategori sedang walaupun masih terdapat peserta didik yang memiliki skor kategori rendah yaitu sebanyak 5%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Yunus, M. R. K. (2023). ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BARRU PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 350 - 357. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2228
Section
Articles

References

Anwar, B., Munzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh collaborative learning dengan teknik jumping task terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2), 15–25. DOI.org/10.17977/um033v1i2p15-25
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Handini, O., & Soekirno, S. (2017). Penerapan model pembelajaran kolaborasi dengan teknik “five e” untuk meningkatkan kemampuan berwawasan global. Research Fair Unisri, 1(1), 73–82. DOI.org/https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1547
Hasanah. Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan. 2(1).
Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain instrumen rubrik kemampuan berkolaborasi siswa SMP dalam materi pemantulan cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174. DOI.org/10.21009/1.03207
Cahyono, W. (2014). Seminar Pendidikan Highscope Indonesia. http://www. highscope.or.id/PressReleaseEducation Seminar.
Ilimiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87.
Johnson, E. B. (2017). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center
Kemendikbud. (2013). Bahan-bahan Sosialisasi Kurikulum 2013. Kemdikbud: Jakarta.
Le. H, J. Janssen, and T. Wubbels. (2018) “Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration,” Cambridge J. Educ., 48(1), pp. 103–122, 2018. DOI: 10.1080/0305764X.2016.1259389
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan social learning network dalam mendukung keterampilan kolaborasi siswa. In Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 3(1), pp. 167–172
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembalajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTPS). Jakarta: Kencana.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'