ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 BARRU PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEADS TOGETHER
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu dari keterampilan abad 21 yang penting dimiliki oleh setiap individu, dimana saat ini bukan lagi masa untuk saling bersaing dan menutup diri, namun telah memasuki masa untuk saling berkolaborasi dalam menghadapi tantangan era society 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Barru pada model pembelajaran kooperatif Number Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode diskripitif digunakan untuk mendapatkan data tentang keterampilan kolaborasi peserta didik yang kemudian diinterpretasi mengenai data yang telah didapatkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Barru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengampilan sampel secara acak (random sampling) secara sederhana sehingga dipilih kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebagai sampel penelitian dengan total sampel sebanyak 63 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam dalam peneilitian ini adalah lembar observasi keterampilan kolaborasi yang kemudian akan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil pengumpulan data mengguanakan angket keterampilan kolaborasi didapatkan data bahwa sebagian besar peserta didik memiliki skor keterampilan kolaborasi pada kategori tinggi yaitu 54%, kemudian 30% berada pada kategori sangat tinggi, 11% berada pada kategori sedang walaupun masih terdapat peserta didik yang memiliki skor kategori rendah yaitu sebanyak 5%.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Handini, O., & Soekirno, S. (2017). Penerapan model pembelajaran kolaborasi dengan teknik “five e” untuk meningkatkan kemampuan berwawasan global. Research Fair Unisri, 1(1), 73–82. DOI.org/https://doi.org/10.33061/rsfu.v1i1.1547
Hasanah. Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan. 2(1).
Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain instrumen rubrik kemampuan berkolaborasi siswa SMP dalam materi pemantulan cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167–174. DOI.org/10.21009/1.03207
Cahyono, W. (2014). Seminar Pendidikan Highscope Indonesia. http://www. highscope.or.id/PressReleaseEducation Seminar.
Ilimiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77–87.
Johnson, E. B. (2017). Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center
Kemendikbud. (2013). Bahan-bahan Sosialisasi Kurikulum 2013. Kemdikbud: Jakarta.
Le. H, J. Janssen, and T. Wubbels. (2018) “Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration,” Cambridge J. Educ., 48(1), pp. 103–122, 2018. DOI: 10.1080/0305764X.2016.1259389
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan social learning network dalam mendukung keterampilan kolaborasi siswa. In Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 3(1), pp. 167–172
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembalajaran Inovatif- Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTPS). Jakarta: Kencana.