Studi Literatur: Penggunaan Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan

Main Article Content

Mas Akhbar Faturrahman
Nala Ranelia Putri
Bagus Pratomo Nusantoro
Putri Novahisa
Nambisas Arum Kusuma Ayu
Klaudia Mareta Sandra

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu kemampuan yang dituntut untuk dimiliki pada saat ini. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk mengumpulkan dan mengolah suatu informasi untuk disimpulkan dan dikomunikasikan. Mengingat betapa pentingnya kemampuan tersebut, maka berpikir kritis harus diintegrasikan di dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji berbagai artikel ilmiah terkait penerapan problem based learning dalam pembelajaran materi pencemaran lingkungan guna meningkatkan berpikir kritis peserta didik sebagai upaya untuk melakukan pembuktian terhadap keberadaan pengaruh model pembelajaran tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur terhadap artikel ilmiah pada jurnal dan prosiding 10 tahun terakhir. Sebanyak 21 artikel yang dikumpulkan dan dianalisis yang membuktikan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Faturrahman, M. A., Putri, N. R., Nusantoro, B. P., Novahisa, P., Ayu, N. A. K., & Sandra, K. M. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Model PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Biogenerasi, 8(1), 310 - 322. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v8i1.2192
Section
Articles

References

Adianto, S., & Budyanto, R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Sekolah Dasar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 162–172.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53.

Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. Journal on Teacher Education, 3(3), 65–81.

Alfionitari, E., Nurlaeli, & Afriansyah, D. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 22–30.

Aryanti, F., Surtikanti, H., & Riandi. (2017). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan. BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 14–20.

Astuti, H. R. P., Prayitno, B. A., & Suwarno. (2016). Penerapan Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MIA 3 SMA Negeri 3 Surakarta. Bio-Pedagogi, 5(1), 38–42.

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical Thinking Framework for Any Discipline. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 160–166.

Dzikriya, A., Wilujeng, I., & Hastuti, P. W. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Turi. Jurnal TPACK-IPA: Technological Pedagogical Content Knowledge, 6(8), 1–6.

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktik, 1(1), 65–71.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran MIPA IKIP Mataram, 6(2), 66–76.

Firmansyah, D., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2013). Pengaruh Media Audiovisual melalui Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis oleh Siswa. Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(3), 1–15.

Fitrianingsih, Muis, A., & Prianto, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 3 Kuningan. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 8(2), 80–90.

Fujika, A., Anggereini, E., & Budiarti, R. S. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA N 5 Kota Jambi melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Pencemaran Lingkungan. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 1(1), 1–9.

Hartati, R., & Sholihin, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA Terpadu Siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, 505–508.

Hasanah, Z., Pada, A. U. T., Safrida, Artika, W., & Mudatsir. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75.

Iswanto, A. D., Sudomo, J., & Setianingsih, W. (2017). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP Kelas VII. Jurnal TPACK-IPA: Technological Pedagogical Content Knowledge, 6(6), 1–6.

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12–17.

Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 6(1), 58–66.

Kalelioğlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking and Critical Thinking Dispositions in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248–258.

Khairaty, N. I., Taiyeb, A. M., & Hartati. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah dengan Menggunakan Three-Tier Test di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Bontonompo. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 7–13.

Kurniasih, N., & Haka, N. B. (2017). Penggunaan Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 114–127.

Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367–387.

Kusumawati, F., & Adawiyah, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(1), 31–38.

Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Siswa pada Materi Biologi melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(2), 51–59.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Maulidya, H. Z., Aprilia, N., & Hanafi, Y. (2021). Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa melalui Model PBL pada Pembelajaran IPA Biologi. Journal of Biology Learning, 3(2), 55–64.

Maulyda, M. A., Nurhasanah, Umar, Erfan, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Workshop Implementasi Software Publish or Perish (PoP) untuk Meningkatkan Kualitas Rujukan Tugas Akhir Mahasiswa PGSD. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 423–430.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.

Nasral, & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 672–683.

Nirwana, A., & Wilujeng, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Diagram Vee terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. PSEJ: Physics and Science Education Journal, 1(1), 8–15.

Novianti, R., Rusyana, A., & Yulisma, L. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning melalui Classroom terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Kawali. J-KIP: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 213–220.

Nuraini, W. S., Nurkamilah, S., & Taopik, D. B. I. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 27–31.

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199–1209.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 3(2), 155–158.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388.

Primarinda, I., Prayitno, B. A., & Maridi. (2014). Pengembangan Modul Berorientasi Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pencemaran untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri 1 Karanganyar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2014, 1–11.

Puri, D. T., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah untuk Meningkatkan Pengetahuan Konseptual dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Kelas X SMA Negeri 1 Gombong. Jurnal Edukasi Biologi, 5(6), 1–8.

Saputra, S. A., & Kuntjoro, S. (2019). Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 291–297.

Saputro, B. I. (2022). Analisis sitasi pada jurnal berkala arkeologi menggunakan aplikasi “Publish or Perish.” Daluang: Journal of Library and Information Science, 2(2), 93–100.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Uki, N. M., & Bire, M. O. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Pencemaran Lingkungan Berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5885–5891.

Ullynuha, L., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2015). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 40–51.

Wahyuningsih, E. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 69–87.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'