HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan peserta didik, untuk mengetahui sikap peduli lingkungan peserta didik, dan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA di SMAN 11 Makassar, sedangkan sampel penelitian sebanyak 156 peserta didik yang dipilih secara random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa uji regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan berada pada kategori cukup, sedangkan variabel sikap peduli lingkungan berada pada kategori netral. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan berdasarkan persamaan garis regresi Y = 75,144 + 0,294X dan taraf signifikansi 5%. Kategori tingkat hubungan “sedang” berdasarkan nilai korelasi (R) sebesar 0,467. Kontribusi pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan () sebesar 21,8%, sedangkan 78,2% yang tersisa merupakan hasil beberapa faktor lain yang turut berperan dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Azhar, Basyir, M. D., & Alfitri. (2015). Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1), 36–41.
Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (2 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan dalam Penelitian dan Metode Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).
Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Kemendikbud. (2018). Silabus Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam Mata Pelajaran Biologi SMA.
Kementerian Lingkungan Hidup. (2017). Status Lingkungan hidup Indonesia 2007. Jakarta.
Maghfuri, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru, Kualitas Layanan Pendidikan dan Standar Kompetensi Lulusan Berdasarkan ISO 9001:2008 Terhadap Kemampuan Life Skills Peserta Didik di SMK Negeri 1 Bumijawa. Jurnal Magisma, 6(1), 67–78.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Osman, A. D., Jusoh, Amlus, & Khotob, N. (2014). Exploring The Relationship between Environmental Knowledge and Environmental Attitude towards Pro-Environmental Behaviour: Undergraduate Business Students Perspective. American-Eurasian Journal of Sustainable Agriculture, 8(8), 1–4.
Parawita, T. Z., Surbakti, A., & Yolida, B. (2019). Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Sikap Peserta Didik dalam Pengelolaan Sampah Metode 3R, 7(1).
Putri. (2016). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan terhadap Sikap Peduli Lingkungan Hidup Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alaudin Makassar. alaudin makassar.
Rachmawati, R. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.73
Rosmayati, S., Latifah, E. D., & Maulana, A. (2020). Psikologi Pendidikan Landasan untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Sabartiyah. (2020). Pelestarian Lingkungan Hidup. Semarang: Alprin.
Sari, S. P., Surbakti, A., & Yolida, B. (2018). Hubungan antara Pengetahuan Perubahan Lingkungan dengan Sikap Peserta Didik dalam Pengelolaan Sampah. Bioterdidik, 6(6), 117–126.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.
Tanjung, F., Daud, F., & Mu’nisa. (2018). Korelasi antara Pengetahuan, Sikap, dengan Perilaku Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar. UNM Journal of Biological Education, 2(1), 1–12.
Zulmiyetri, Safaruddin, & Nurhastuti. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media.