HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK

Main Article Content

Oriny Tri Ananda
Andi Asmawati Azis
Rachmawaty

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan peserta didik, untuk mengetahui sikap peduli lingkungan peserta didik, dan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan peserta didik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA di SMAN 11 Makassar, sedangkan sampel penelitian sebanyak 156 peserta didik yang dipilih secara random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa uji regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan berada pada kategori cukup, sedangkan variabel sikap peduli lingkungan berada pada kategori netral. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan dengan sikap peduli lingkungan berdasarkan persamaan garis regresi Y = 75,144 + 0,294X dan taraf signifikansi 5%. Kategori tingkat hubungan “sedang” berdasarkan nilai korelasi (R) sebesar 0,467. Kontribusi pengetahuan ekosistem dan perubahan lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan () sebesar 21,8%, sedangkan 78,2% yang tersisa merupakan hasil beberapa faktor lain yang turut berperan dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Tri Ananda, O., Asmawati Azis, A., & Rachmawaty. (2022). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN EKOSISTEM DAN PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 206 - 216. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1721
Section
Articles

References

Andayani, R. T. (2013). Hubungan antara Motif Berprestasi dan Sikap Siswa terhadap Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 47–93.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, Basyir, M. D., & Alfitri. (2015). Hubungan Pengetahuan dan Etika Lingkungan dengan Sikap dan Perilaku Menjaga Kelestarian Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1), 36–41.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (2 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan dalam Penelitian dan Metode Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Irnaningtyas. (2013). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Jaya, I. (2019). Penerapan Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Kemendikbud. (2018). Silabus Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam Mata Pelajaran Biologi SMA.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2017). Status Lingkungan hidup Indonesia 2007. Jakarta.

Maghfuri, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru, Kualitas Layanan Pendidikan dan Standar Kompetensi Lulusan Berdasarkan ISO 9001:2008 Terhadap Kemampuan Life Skills Peserta Didik di SMK Negeri 1 Bumijawa. Jurnal Magisma, 6(1), 67–78.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Osman, A. D., Jusoh, Amlus, & Khotob, N. (2014). Exploring The Relationship between Environmental Knowledge and Environmental Attitude towards Pro-Environmental Behaviour: Undergraduate Business Students Perspective. American-Eurasian Journal of Sustainable Agriculture, 8(8), 1–4.

Parawita, T. Z., Surbakti, A., & Yolida, B. (2019). Hubungan Pengetahuan Pencemaran Lingkungan dengan Sikap Peserta Didik dalam Pengelolaan Sampah Metode 3R, 7(1).

Putri. (2016). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan terhadap Sikap Peduli Lingkungan Hidup Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alaudin Makassar. alaudin makassar.

Rachmawati, R. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Implementasi Kurikulum 2013. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231–239. https://doi.org/10.38075/tp.v12i34.73

Rosmayati, S., Latifah, E. D., & Maulana, A. (2020). Psikologi Pendidikan Landasan untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Sabartiyah. (2020). Pelestarian Lingkungan Hidup. Semarang: Alprin.

Sari, S. P., Surbakti, A., & Yolida, B. (2018). Hubungan antara Pengetahuan Perubahan Lingkungan dengan Sikap Peserta Didik dalam Pengelolaan Sampah. Bioterdidik, 6(6), 117–126.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.

Tanjung, F., Daud, F., & Mu’nisa. (2018). Korelasi antara Pengetahuan, Sikap, dengan Perilaku Kepedulian Lingkungan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar. UNM Journal of Biological Education, 2(1), 1–12.

Zulmiyetri, Safaruddin, & Nurhastuti. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenada Media.